Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Peta Kartografer Ini Gak Pernah Gagal Bikin Ane Takjub

patreon.com

*****

"Jika kau mencari tempat. Akulah orang yang tepat. Aku peta ... aku peta ... aku peta ..."

Eits, saya bukan lagi bahas tentang petanya Dora atau tentara PETA (Pembela Tanah Air) ya gan emoticon-Embarrassment. Melainkan peta "100 Pulau Terbesar Dunia" (Hundred Largest Islands of The World) buatan seorang ahli geografi, geospasial, dan tata kota, sekaligus kartografer (ahli bikin peta) bernama David Garcia.

Sekedar fun fact, dalam daftar "100 Pulau Terbesar Dunia" karya Garcia, 15 di antaranya berada di Indonesia. Pulau-pulau dari Indonesia itu adalah Papua, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Jawa, Timor, Halmahera, Seram, Sumbawa, Flores, Bangka, Yos Sudarso, Sumba, Buru, dan Bali emoticon-I Love Indonesia (S). Dan berkat peta ini pula saya jadi tahu bahwa di dunia ini ada yang namanya pulau Disko emoticon-Ngakak (S).


patreon.com

*****

Selain mencantumkan nama internasionalnya, Garcia juga menamai pulau-pulau dalam daftarnya ini dengan nama lokal setempat, seperti misalnya Kalaallit Nunaat(Greenland), Kalimantan (Borneo), dan Jawa (Java).

Di thread yang dibuat Garcia di situs reddit, tepatnya di komunitas r/MapPorn, pulau Jawa menjadi objek yang paling banyak mendapat komentar. Beberapa orang tidak mengira kalau pulau Jawa sebesar itu. Sebagian lain tidak menyangka jika pulau Jawa sekecil itu, bila dibandingkan dengan populasi penduduk yang mendiaminya (populasi penduduk pulau Jawa mendekati 150 juta jiwa, atau separuh dari populasi penduduk Indonesia)

Spoiler for reddit:


*****


researchgate.net

Dalam proyeknya, David Garcia menggunakan ukuran kartografi yang diadopsi dari penelitian Bojan Savricdan Bernhard Jenny, berjudul "The Equal Earth Map Projection", untuk meminimalisir distorsi ukuran yang sering ditemui pada peta 2D (dua dimensi), dan memaksimalkan akurasi skala pulau dalam peta.

Spoiler for hundredslargestislandsoftheworld:


David Garcia mengambil efek 3D (tiga dimensi) dalam karyanya dari data milik NASA. Sementara warna pulaunya sendiri diambil dari iklim pulau setempat (iklim kutub berwarna biru, sementara tropis berwarna hijau). Lalu ukuran pulau diurutkan dari yang terbesar (Greenland) di pojok kiri atas, hingga yang terkecil di pojok kanan bawah (Guadalcanal).

*****


mapmakerdavid.com

Selain "100 Pulau Terbesar Dunia", David Garcia juga membuat berbagai jenis peta. Seperti misalnya peta sebaran cahaya dalam suatu pulau di malam hari, yang dibuat berdasarkan data dari NASA. Lalu peta kepadatan penduduk suatu pulau, peta riwayat gempa pada suatu pulau (dari data USGS dan PhilGIS), peta topografi pulau, peta angin siklon, dan masih banyak lagi, yang bisa agan lihat di situs resmi milik Garcia.

*****

Untuk proyek selanjutnya, Garcia berencana membuat peta tentang hubungan antar manusia (relationship) dalam suatu pulau. Ia tampaknya sudah jenuh melihat peta konvensional yang dibuat berdasarkan batas negara atau teritori.


myshopify.com

Poster "100 Pulau Terbesar Dunia" ini bisa dibeli seharga 50-100 dolar Amrik di toko daring myshopify, dengan pilihan poster hitam putih atau berwarna, serta dengan bingkai atau tidak dengan bingkai.

*****


Sekian dari ane Bre & Sis.
Menurut agan keren gak petanya? silakan tulis di kolom komen emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bobselanjutnya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

*Threadini merupakan saduran dari artikel Atlas Obscura berjudul "It's Not Easy To Map The 100 Largest Islands In The World", karya Jessica Leigh Hester, dengan sedikit tambahan.
Diubah oleh Papa.T.Bob 17-01-2019 10:20
12
10.4K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan