skydaveeAvatar border
TS
skydavee
Para Koruptor Dibuat Ciut Nyalinya di Negeri Ini

Kata korupsi berasal dari bahasa latin, corruptio, yang memiliki makna rusak atau busuk. Mengapa disebut demikian? Jelas. Karena penyakit korupsi (pelakunya disebut koruptor), sanggup merusak tatanan kehidupan bernegara. Lalu pelakunya sebenar-benarnya manusia berhati busuk. Ia tidak mampu berpikir dengan hati yang jernih, bahwa tindakannya bisa membunuh banyak orang. Tak hanya itu, ada ribuan impian dan harapan yang tercabut secara paksa dari benak puluhan, bahkan ribuan orang. Sadis bukan?

Lalu, bagaimana reaksi negara-negara di luar sana dalam menyikapi perbuatan korupsi ini? Mungkin, dari mereka, para aparat kita bisa belajar bagaimana meredam semangat korupsi yang tak kunjung padam dari para koruptor tengik itu. Ayo, hentikan sejenak sentimen antar ras, atau malu untuk meniru sesuatu yang bagus. Tak selamanya budaya luarnegeri buruk semua.

Mari kita bahas bersama...

***
1. Malaysia

Berdasarkan peraturan Prevention of Corruption Act, pada tahun 1961, Negara tetangga satu rumpun Melayu ini, sempat memberlakukan hukuman mati bagi pelaku korupsi. Lalu, pada tahun 1997, meski banyak yang menentang, hukuman gantung bagi mereka yang terbukti menggarong uang rakyat, cukup membuat nyali para bedebah maling berdasi tersebut menjadi ciut.

Alhasil, mereka yang coba-coba untuk melakukan tindakan terkutuk itu, harus berpikir ribuan kali. Tentu, hasilnya bisa kita lihat secara kasat mata. Malaysia, yang dulu sempat belajar banyak dari Indonesia, melesat menjadi salah satu negara yang cukup maju.

Tak hanya dari segi ekonomi, denyut sepakbola di negeri yang senang meng-klaim- ini, berhasil menunjukkan progres yang positif. Setidaknya, mereka pernah merengkuh piala AFF, sebagai peneguh supremasi antar negara-negara di Asia Tenggara. Apa hubungan korupsi dengan sepakbola? Nggak usah tanya deh. Daripada dipelototin Lord Edy.

2. China

Meski berhaluan "semi" komunis, Republik China memberikan atensi luarbiasa terkait kejahatan korupsi. Tidak tanggung-tanggung, bagi yang terbukti melakukan penyelewangan uang negara, meski sejumlah 100.000 yuan (kurang lebih sekitar 215 juta rupiah), sudah lebih dari cukup untuk memberikan hukuman mati bagi terpidana. Padahal, uangnya cuman segini. Bagaimana kalau segitu?

Dan jreng-jreng... Dengan mempersempit langkah serta gerak para koruptor laknat tersebut, lihatlah bagaimana grafik dan geliat pergerakan ekonomi di negeri tirai bambu tempat Angela Tse dilahirkan. Bahkan, menurut gosip tetangga, China menjadi salah satu poros kekuatan dunia setelah Mamarika. Dan, negeri petro dollar seperti Arab Saudi pun tanpa malu-malu mendapatkan pinjaman dari negeri pemilik tembok raksasa ini. Sangar rek!

3. Jepang

Negeri sakura ini adalah salah satu imperium otomotif di dunia. Silakan tatap jalanan dan perhatikan kendaraan yang saban hari lalu lalang di permukaan aspal. Memang ada beberapa otomotif kelahiran negeri non Jepun. Namun, prosentasinya tidaklah sebanding dengan negeri tempat Rika Nagawasa berasal. Baik itu kendaraan roda dua, empat, enam, dan seterusnya.

Dalam mengendalikan tindakan keji koruptor, pemerintah setempat mendoktrin rakyatnya dengan budaya malu. Korupsi, adalah aib besar yang lantas dipengaruhi oleh pendidikan karakter sedari dini. Ditanamkan secara terus menerus, sehingga menimbulkan perasaan tidak menyenangkan bagi pelakunya.

Sebagai contoh, pada tahun 2007, mantan Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang, Toshikatsu Matsuoka, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di usia 62 tahun karena besarnya tekanan dari berbagai pihak atas perkara korupsi yang dilakukannya. Ia ditemukan tidak sadarkan diri di kediamannya, Tokyo.

4. Korea Selatan

Setali tiga dengan Jepang, Korea Selatan juga menganggap korupsi adalah aib besar nan memalukan. Jika masih ingat tentang skandal mantan Presiden Korea Selatan, Roh Moo Hyun, maka hal ini adalah bentuk nyata doktrinasi yang telah tertanam di negara ginseng tersebut. Sebagai informasi, Roh Moo Hyun memutuskan melompat dari tebing tinggi di belakang rumahnya. Ia mengakhiri jalan hidupnya akibat malu dan tertekan oleh skandal korupsi yang menjeratnya. Sedangkan pihak keluarganya, alih-alih memberikan dukungannya, justru mereka menjauhi lelaki malang tersebut. Hmmm, agak gimana gitu ya? Inilah bukti bagaimana korupsi senyata-nyatanya aib yang, keluarga sekalipun ikut menanggung malu.

5. Amerika Serikat

Negara adi kuasa Amerika Serikat juga tidak main-main dalam memberantas tindakan korupsi yang terjadi di wilayahnya. Selain hukuman penjara, mereka juga memberikan sanksi denda yang nilainya fantastis. Bahkan nilai dendanya bombastis hingga menyentuh angka 2 juta dollar. Nggak usah dikonversi ke rupiah ya? Kurang kerjaan aja.

***
Korupsi adalah salah satu biang kehancuran sebuah negara. Fondasi ekonomi bisa tergerus perlahan bila tindakan korupsi dibiarkan merajalela. Ia akan menghempaskan berbagai program yang diperuntukkan demi kemaslahatan umat, dan hanya dinikmati oleh segelintir manusia rakus yang nirmoral.

Selain menanamkan nilai-nilai moral sejak dini, pemberlakuan hukuman yang "sepadan" terkait kejahatan korupsi, ditengarahi mampu memberikan efek jera bagi pelakunya. Meski apa yg dianggap nilai moral oleh masyarakat terlalu sederhana untuk dijadikan pedoman, namun khusus bagi perampokan uang milik rakyat dengan sebutan korupsi, adalah hal yang berlaku secara universal. Kejahatan ini diakui sebagai kejahatan biadab yang dilakukan tanpa nurani. Dampaknya sangat luarbiasa.

Nah, setelah melihat bagaimana hukuman dan budaya korupsi terjadi di negara tetangga, lantas bagaimana keadaannya di negara kita? Saya kira cukup jelas. Ndak usah saya bahas secara detail. Cukup doakan aparat penegak hukum, atau siapapun yang menjadi bagian dari irisan dalam pemberantasan tindakan korupsi, mampu bekerja secara maksimal. Supaya uang rakyat dapat dimanfaatkan untuk sebenar-benarnya kemakmuran umat.



©Skydavee 2019
Sumber gambar: google
Referensi: klik
Diubah oleh skydavee 17-01-2019 10:27
14
13.5K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan