kangmontir78Avatar border
TS
kangmontir78
Tangki Motor Rusak? Ini Solusi dan Harga Servisnya Gan
Penyakit Tangki Motor Sport yang Bikin Pusing

Soal tangki motor yang bocor emang bukan hal yang baru. Kendala itu kayaknya udah banyak yang ngalamin, termasuk Ane.



Waktu Ane servis menurut mekanik yang benerin, kondisi itu sering muncul karena jarang diperhatikan. Merawat tangki (servis) itu kata om mekanik ada masa waktunya yakni per empat bulan sampai enam bulan.

Pria yang telah 28 tahun mengurusi perbaikan tangki motor ini mengungkapkan masalah muncul dari endapan kotoran di dalam tangki. Endapan ini akan menimbulkan kerak yang lama kelamaan akan mengikis bahan tangki.

Salah satu kebiasaan yang membuat tangki bermasalah adalah membiarkan tangki tidak pernah terisi penuh. Ini membuat uap air timbul yang akhirnya menyebabkan karat.



Penyebab lain adalah bahan bakar yang terlalu keras seperti penggunaan bensin dengan RON tinggi. Bahan tangki pada motor sekarang lebih tipis dibanding motor lama sehingga cepat keropos bila tidak merawat berkala.

Penyebab lain adalah masuknya air dari tutup tangki. Terutama setelah digunakan di cuaca hujan deras, atau setelah habis dicuci dengan air bertekanan tinggi.

Jadi, kalau sering cuci steam, ingatkan petugasnya untuk tidak terlalu lama menyemprot bagian atas tangki. Seringnya masuk ke dalam airnya.

Jadi, ada baiknya kita rajin ngecek tangki motor biar awet Gan. Maklum harga tangki baru juga tidak bisa dibilang murah. Tangki Mega Pro dibanderol Rp 1,8 juta-an, untuk model motor lain bisa lebih mahal.



Nah untuk biaya perbaikan sendiri tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi pada tangki. Apabila terkena bagian tulang maka perbaikan cukup sulit dilakukan.

Tangki baru harus diperbaiki dari bagian atas. Ini karena berbeda dengan desain tangki lama yang bisa dibuka bagian atasnya, tangki baru tertutup.

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk perbaikan tangki berkisar Rp 100.000 untuk perbaikan kecil hingga Rp 250.000 untuk kerusakan parah. Harga juga bergantung pada desain tangki, untuk motor baru seperti Vixion dan CB150R dikenakan biaya di atas Rp 200.000.
reski09
nona212
nona212 dan reski09 memberi reputasi
2
6.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan