alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2ebf967414f56ee13f948b/militer-amerika-serikat-mencengkeram-dunia

Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Kalau China mengalihkan cadangan devisa nya yg berdenominasi USD ke mata uang lain maka otomatis peg nya lepas, maka nilai USD bisa jatuh dipasaran; apalagi kalau tindakan ini diikuti oleh Rusia, dan disusul oleh negara2 lain yg mengalihkan sebagian cadangan devisa nya dari USD ke yuan maka semakin besar kemungkinan USD runtuh sebagai denominasi cadangan devisa negara2 dunia.<<<----bunuh diri ini namanya suka gk suka DOLAR masih jadi mata uang dunia dan safe heaven...
Lihat 2 balasan
mengapa Amerika bisa sedemikian hebat? karena mereka "beruntung", Perang Dunia II tidak terjadi di wilayah mereka; Kepulauan Hawaii tempat Pearl Harbor terpisah dari daratan utama jadi kerugian tidak begitu besar. Maka saat perang berakhir Amerika hanya menanggung kerugian yang jauh lebih sedikit dibanding negara-negara lain, terutama yang kalah perang. Kasarnya di sini Amerika memiliki simpanan uang lebih besar. Jadilah mereka meminjami negara yang perlu bantuan dana dengan persyaratan berat dan njelimet, tapi mau tidak mau, daripada wilayahnya nggak bisa dibangun ulang lalu negara harus bubar.

Itu asal mula kedigdayaan Amerika. CMIIW, no bata kalo ane salah yah.
Balasan post Dante88
Quote:


Bunuh dirinya bagaimana? coba jelaskan.

Kalau mata uang yuan jadi cadangan devisa negara2 dunia yang untung kan China sendiri, bisa cetak uang dng tingkat inflasi yang rendah spt yg sudah Amerika lakukan selama ini untuk membiayai anggaran defisitnya krn pembangunan kekuatan militer.

Waktu mata uang dunia beralih dari Poundsterling ke US Dollar, apakah Amerika bunuh diri?
titip sendal bray...
Quote:


ini ngawur tenan, emangnya f-22 ama j-20 barang yg setara?

kelemahan gdp ppp itu barang yg sama belum tentu sama2 setara, makanya biasanya perumpamaan yg diambil itu produk dr franchise yg sama spt harga big mac

itu pun masih gambaran kasar, krn harga satu produk yg mahal belum tentu diikuti produk lain sama mahalnya
contoh bigmac amerika lbh mahal drpd bigmac cina, tp produk2 pertanian mentah amerika jauh lbh murah sampe bisa diexport kemana2

selain itu nilai tukar dollar yg mahal membuat "cost of living" disana mahal, tp disisi lain bisa dipake buat "membeli" sekutu
Lihat 1 balasan
Quote:


Karena china megang surat utang US terbesar setelah Jepang dengan nilai $1.138 trillion per Oktober 2018. 77% dari hutang US itu dipegang oleh negara asing.

Militer Amerika Serikat Mencengkeram Dunia

Kenapa orang megang dollar daripada yuan.
Quote:


Dan pesaing dollar sekarang ini adalah euro, bukan yuan.
Diubah oleh Mistaravim
Lihat 1 balasan
Balasan post anis.sandi1
negara sehat mana skrg yg mau lepas seluruh cadangan US dolar nya ke yuan?...
Quote:


mist, total utang US sendiri brp ?
Quote:


Quote:


gan, kenapa brazil & irlandia bs jd pemegang surat hutang amrik yg masuk dlm daftar 5 besar teratas ya?? ke2 nya bukankah termasuk negara sekaya spt RRC, jepang, Uk, gan...... ??
Quote:

$20.5 trillion per 31 Desember 2017

Quote:


Kenapa? Supaya menjaga nilai tukar dollar tetap tinggi dari mata uang mereka sendiri. Itu membuat eksport mereka tetap affordable bagi pasar US. Yang mana itu membantu ekonomi mereka bertumbuh. Itu yang dilakukan oleh china & Jepang.
Balasan post gurrenn
Quote:


Ente yg ngawur krn ga ngerti kontex pembicaraan.

Memang PPP bukan gambaran kualitas, namun gambaran purchasing power, artinya kemampuan purchasing China tidak sejauh yg lu bayangkan hanya krn belanja militer Amerika yg 3x lebih besar

Peningkatan kekuatan militer China vs Amerika ga akan sebesar 1:3, makanya expert memproyeksikan kekuatan militer China bisa mengejar Amerika thn 2030 keatas emoticon-Smilie
negara marukk
Balasan post Mistaravim
Quote:


Jika China menjual asset2 dalam bentuk surat2 hutang Amerika, tentu hasil penjualannya akan dibelikan asset2 dalam bentuk lain, misalnya: emas, yen, dan euro.

Nilai USD akan turun akibat penjualan besar2 an surat hutang Amerika oleh China, namun nilai emas, yen, dan euro akan naik akibat pembelian besar2 an oleh China.

Jadi kerugian China akibat penurunan nilai dollar yg menyebabkan penurunan nilai asset China dlm bentuk surat2 hutang Amerika yang masih dipegang China, akan diimbangi dengan keuntungan China akibat naiknya nilai emas, yen, dan euro yg China pegang akibat pembelian emas oleh China secara bertahap.

Jadi kerugian China tidak akan sebesar yg kita bayangkan emoticon-Smilie

Namun akibat dari tindakan itu, negara2 lain akan terdorong untuk membagi cadangan devisa mereka yg tadinya majoritas USD menjadi sebagian ke Yuan, bahkan bisa mayoritas. Kalau hal ini terjadi maka China akan mendapatkan advantage dari penggunaan Yuan sebagai mata uang dunia.

Tentunya Yuan harus dijadikan hard currency terlebih dahulu emoticon-Smilie

Dan keempat point yg anda sebutkan diatas akan valid selama mata uang USD tetap menjadi mata uang dunia; namun tidak lagi valid apabila dominasinya runtuh.
Quote:


Dominasi dollar tidak akan runtuh. Kenapa? Karena itu bakal merugikan banyak pihak termasuk china. Dollar itu pernah dalam kondisi default, you know what? Everybody really pissed I mean really...really pissed about it...including china.

Kalau dominasi dollar runtuh itu bakal merugikan china. US itu pasar paling potensial bagi produk china, belum lagi kita membahas emerging market yang megang dollar. Dan kalau dollar runtuh otomatis membuat penjualan china jeblok.

Kalau dollar tidak valid, lantas siapa yang menggantikan? Kita lihat fakta ajalah, nga usah membahas yang belum ada. Dan apakah bank sentral seluruh dunia bakal setuju dengan pengganti tersebut?

Seperti gua tulis diatas, 64% bank sentral dunia pegang dollar. Itu artinya secara de facto itu merupakan pengakuan akan validitas dollar.

China pernah mengancam bakal menjual/melepas surat hutang mereka. Tapi kenapa itu terjadi? Karena pemerintah US "mengijinkan" nilai tukar dollar drop. Hal tersebut notabene mengakibatkan nilai dari surat utang yang dimiliki oleh china (sebagai salah satu pemilik tentunya) menurun nilainya.

Jawaban gua atas pertanyaan lu sederhana (let us use common sense) :
Quote:


Diubah oleh Mistaravim
ngomongin sekilas ekonomi amerika dari segi mikro nih yah.....

gw ada saudara(bulek/tante)udah jadi warga negara sono karena ikut suami.kehidupan disana biasa aja kalo di jakarta masuk kelas menengah lah,tapi kalo disini udah terpandang banget bisa nyekolahin ponakan2nya...asli pengalaman gw nih...di surabaya dulunya udah bisa beli tanah dimana-mana...dan pernah nawarin gw kerja disana jaga restorannya gaji $8/jam...cukup greget buat standar indonesia...dan katanya gak perlu khawatir razia2 segala,bahkan di era trump yg tertutup sekalipun di us itu masih longgar....

pandangan makronya usa itu bisa dibilang kasarannya :
-gdp per capita diatas $50ribu,bahkan lebih tinggi dibanding eropa &jepang
-pendududuknya nomer 3 di dunia ,kalah sama china sama india doang,beda 150 juta doang kalo uni eropa digabung.
-produksi pertanian terbesar dunia
-cadangan sda-nya combo timteng plus rusia...sekarang eksportir minyak dunia

ditambah lagi dia negara sangat terbuka dengan imigran(pengalaman bulek gw)
secara konsumsi masyarakatnya boros juga,makanya impor barang jor2an,krisis ekonomi 2008 kemarin pun karena masyarakat sana terlalu boros&rakus soal belanja apapun..

kesimpulannya usa itu kaya,terbuka,dan pelurunya banyak...
sekian terima kasihemoticon-Traveller
Quote:


itu gw baru ngejelasin kelemahan perhitungan ppp, jika dihitung dgn metode yg benar
apalagi kalo diitung dgn metode yg salah spt kata lo emoticon-Big Grin

lagian kok bisa lu pede sekali posisi tawar cina lbh tinggi drpd amerika?
emang benar amerika dan cina sdh saling terikat dan membutuhkan
tapi kok kalo ngeliat perkembangan trade war, kayanya ekonomi cina ya yg lbh rapuh dan membutuhkan pasar dan teknologi amerika emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh gurrenn
Quote:


Trade war itu nga ada positifnya sama sekali. Akhir dari trade war ya bisa perang. Baik US maupun china sama-sama dirugikan oleh kasus ini.

Kalau diuntungkan, nga bakal ada yang namanya perundingan. Kemarin Ford sudah mengurangi jumlah pegawainya di Eropa & langkah ini sudah diikuti oleh pabrikan yang lain.

Saham Apple aja sudah anjlok secara drastis, dilain pihak china mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. Gua nulis gini bukan bela china. Cuman agar kedua pihak realistis dalam berpikir.

Oh ya pokok pembahasan thread ini kayaknya semakin jauh (OOT), belum lagi TS yang menghilang (takut di tusbol ama si ruhnama kali)

Let's keep it back to the track gays! emoticon-Betty (S)
Diubah oleh Mistaravim
Quote:


kan selama ini fansboy cina selalu jumawa krn bisa memberi utangan ke amerika, dan mengancam bakal menghancurkan dominasi dollar klo surat utangnya dijual semua

lah kenyataannya selama trade war ini pihak cina tidak pernah memakai surat utang sbg leverage
yg ada demi truce cina membatalkan kenaikan impor mobil, sementara amerika hanya menunda tambahan tarif yg harusnya berlaku tgl 1 Januari

dan walaupun sama2 kesakitan diliat dr data2 ekonomi, cina lah yg lbh menderita
amerika cuma terkoreksi aja stoknya, sementara cina pertumbuhannya udh melandai, penjualan mobil dan hp untuk pertama kalinya turun, stok terkoreksi tajam, nilai yuan melemah, PBoC sdh melonggarkan likuiditas, dll

emang trade war itu scr umum dan jangka panjang buruk
gue liat si trump walaupun di twitter bicaranya agresif, msh mau diajak negosiasi
Quote:


Jawaban gw adalah make sense, asal dimengerti. Mari kita lihat analisis dibawah ini:

Kalau yg dimaksud apakah negara2 didunia pada umumnya ingin USD jatuh, jawabannya adalah tidak, even China pun ingin USD menguat thd yuan agar produknya murah di pasar amerika.

Tetapi apakah kejatuhan USD thd Yuan harus disertai kejatuhan USD terhadap mata uang negara2 lain shg export negara2 selain china tsb jadi mahal?

Jawabannya adalah: tidak (ceterus paribus). Yang dijual kan USD utk mengalihkan ke Yuan, artinya yg terjadi adalah: USD jatuh thd Yuan bukan thd mata uang lain.

Lantas utk apa negara2 tsb konvert sebagian cadangan devisa mereka dr USD ke yuan?

Jawabannya adalah: pada saat suatu negara memiliki perdagangan yg sangat besar dng China, negara tsb mulai bepikir: kenapa mereka harus bayar transaksi expor impor dng China menggunakan USD? Bukankah lebih effisien jika menggunakan Yuan? Pada saat itulah mereka mulai berpikir utk mengalokasikan cadangan devisa mereka ke Yuan, otomatis permintaan Yuan meningkat permintaan USD menurun shg USD drop thd Yuan.

Namun hal ini masih panjang utk terjadi mengingat Yuan masih belum diperdagangkan bebas dlm arti masih dikontrol pemerintah china shg tdk murni mengikuti pasar, ditambah GDP China masih dibawah Amerika.

Apabila Yuan jd hard currency maka:

Negara2 ga usah khawatir dng penurunan nilai cadangan devisa mereka dalam USD, krn penuruna USD tsb adalah thd Yuan, USD turun Yuan naik, artinya: penurunan nilai cadangam devisa mereka thd yuan akan di compensate oleh peninglatan devisa mereka dlm yuan.

Kesimpulannya: negara2 di dunia tdk perlu merasa merugi, toh nilai mata uang mrk ga berubah thd USD (ceterris paribus) yg berubah adalah Yuan thd USD shg export mrk ga akan lebih mahal, dan nilai weighted average cadangan devisa mereka ga harus anjlok.

Pertanyaan selanjutnya: apabila Yuan jd mata uang dunia menggantikan USD apakah harus berarti nilai USD hancur terjadap Yuan krn China menjual cadangan devisa USD nya? Bukankah China jg tdk ingin USD jatuh thd Yuan krn harga barang mereka di Amerika akan melonjak?

Jawabannya adalah: tidak harus.

Karena China tdk harus menjual asset2 dia dlm bentuk surat2 hutang Amerika ataupun cadangan devisa usd mereka. Sebaliknya China bisa mencetak yuan sebanyaknya utk membeli USD dipasaran yg dijual oleh negara2 didunia krn konversi cad dev dr usd ke yuan. Artinya yg terjadi adalah: cadangan devisa china dalam bentuk USD justru akan meningkat.
Diubah oleh anis.sandi1
Quote:



Yang bilang posisi tawar china lebih tinggi dari US siapa?

Jangan jadi pasukan 50 cent, ini gw ga sedang membela China tp sedang menjawab sekaligus meluruskan TS, justru yg terjadi antibot2 pada kepanasan sendiri emoticon-Smilie
Diubah oleh anis.sandi1
Halaman 2 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di