deendangsAvatar border
TS
deendangs
Berbagai Profesi Dibidang Web Development Yang Harus Agan Tahu
Wilujeng Sumping Di Thread Dede Endang


Follow ig Jagat Teknologi yuk.
Biar bisa dapet info-info seputar teknologi.

Jagat Teknologi

Atau cari dengan username @jagat_teknologi

Alhamdulillah bisa kembali lagi dengan Dede Endang yang akan menulis trit-trit receh yang dibarengi sebuah harapan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.





Quote:



Web Designer




Yang pertama adalah web designer. dari namanya saja sudah ketahuan apa tugas nya. Web designer ialah orang yang bertanggung jawab akan tampilan sebuah web.


Mencakup men-desain tampilan, tata letak, warna maupun pengolahan gambar. Fokus nya adalah bagaimana sebuah webstite tampil dalam sebuah web browser. Dan apakah berjalan sesuai apa yang telah direncanakan setelah diberikan bahasa pemrogramman.


Setidak seorang web designer harus menguasai:

HTML, CSS

Pengolah gambar

Animasi dll.


HTML ialah sebuah bahasa mark-up untuk membuat kerangka tampilan web yang bisa dipercantik dengan kode CSS. Karena dalam pendesaian sebuah website kadang seorang web designer memerlukan beberapa gambar. Jadi setidak nya dia menguasai software editing seperti Photoshop dll. Untuk animasi mungkin kadang juga diperlukan.



Quote:



Web Programmer




Ini salah satu profesi yang ane suka, ya walaupun ane bukan seorang web programming.

Seorang web programming adalah orang yang bertugas melakukan pengkodean atau coding terhadap situs yang sudah di desain oleh seorang web designer.


Sebenanya seorang web designer bisa saja membuat web hanya dengan kemampuan HTML dan CSS. Namun web yang dihasilkan hanya akan berupa web statis. Nah di sinilah tugas seorang web program. Menjadikan web menjadi dinamis. Web yang bisa berinteraksi dengan pengunjung situs dan bisa menyimpan data.

Seseorang yang kerjaan nya tak terlihat namun berpengaruh besar terhadap suatu web.


Kemampuan yang harus dimiliki seorang web programming

PHP

MySQL

JavaScript


Sebenarnya bukan hanya PHP saja yang bisa digunakan untuk memprogram web. PERL,Ruby juga bisa melakukan nya. MySQL sendiri adalah bahasa untuk database. Ada banyak bahasa yang bisa digunakan untuk menangangi database.


Javascript digunakan untuk membuat website lebih interaktif. Banyak hal yang bisa dilakukan JavaScript.



Quote:


Web Administrator




Tugas dari seorang Web Administrator untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting).


Kemampuan yang harus dimiliki antara lain:

OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)

OS NT

Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

Keamanan Server


Karena kebanyakan server menggunakan OS Linux maka seorang Web Administrator harus mengusainya. Begitu pun jaringan. Karena kebanyakan website diakses oleh orang melalui jaringan internet maupun jaringan lain nya. Maka pengetahuan akan jaringan pun sangat dibutuhkan oleh seorang Web Administrator.


Dan tentu seorang Web Administrator harus mengetahui tentang keamanan server yang ia kelola agar bisa menghindari peretasan atau memperbaiki server jika suatu waktu terkena peretasan.



Quote:



Web Master




Nah ini dia seseorang yang memiliki semua pengetahuan yang dimiliki oleh ketiga profesi di atas. Seorang Web Master harus mengerti pendesainan sebuah wbsite,pemrogramman maupun mengurus server. Namun kebanyakan seorang Web Master tidak terlalu mencampuri urusan tersebut. Dia hanya menjadi penanggung jawab akan jalan nya sebuah situs.


Tentu kemampuan yang dimiliki nya harus mencakup pengetahuan yang dimiliki web designer, web programming dan juga web administrator.


Nah kumpulan dari semua profesi diatas dinamakan dengan Web Developer. Sebenarnya kita bisa saja membuat website seorang diri. Namun bekerja dalam sebuah tim yang berbagi tugas jauh lebih efisien. Menghemat waktu dan juga tenaga.

 

Jika ada profesi dalam pengembangan web yang agan ketahui dan tidak tercantum di atas silahkan komen ya.

semoga bermanfaat.

sekian


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sumber gambar: mbah google
Diubah oleh deendangs 05-02-2020 09:13
5
11.1K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan