rheeyant
TS
rheeyant
Pesanan Via Tokopedia DIbawa Kabur Driver GOJEK, Solusi Penyelesaian Berbelit!
Saya adalah pengguna aktif dan setia dari Tokopedia dan layanan antar Gosend. Saya selalu menggunakan layanan Gosend Instant Courier jika memang toko tempat saya bertansaksi di Tokopedia menyediakannya.
Namun kejadiaan naas harus saya alami ketika menggunakan layanan tersebut. Kira-kira begini kronologisnya :

23 Desember 2018 
Pukul 15.13 WIB
Saya membeli HP Honor 10 melalui seller Langitcell di Tokopedia dengan layanan antar Gosend Instant Courier dengan total invoice Rp 6.561.900 ( Harga Barang Rp 6.450.000 + Ongkir Gosend Instant Courier Rp. 99.000 + Biaya Asuransi Rp. 12.900 ).
Pukul 15.52 WIB 
Mendapatkan driver atas nama TRISNO B MARTO dengan nomor telepon +6287889462156, sebelumnya ada yang menelpon saya di nomor 085974423735 menanyakan lokasi toko, saya jawab saya adalah pembeli.
Pukul 19.03 WIB 
Saya menerima notifikasi Tokopedia bahwa pesanan sudah sampai dan diterima oleh RIAN yaitu saya. Merasa belum terima barang, saya langsung mengajukan komplain dan membuka Pusat Resolusi Tokopedia.

Admin Pusat Resolusi meminta waktu 4x24 jam untuk investigasi oleh  pihak Gojek. Di sini kejengkelan saya dimulai. Selain Admin Pusat Resolusi yang hanya bisa memberikan jawaban-jawaban prosedural, pihak Penjual juga tidak aktif berdiskusi.
Ketika diminta menjelaskan kronologi oleh Admin  Pusat Resolusi, Penjual hanya diam saja, bahkan foto KTP si driver pun saya yang share di Pusat Resolusi ( Sebelumnya seller sudah mengirimkan foto KTP driver yang sesuai dengan nama di aplikasi Tokopedia ). Jadi disini saya yang aktif menanyakan di Pusat Resolusi.
  
27 Desember 2018
Tokopedia meminta driver mengajukan klaim kehilangan barang :
Dear Toppers,

Dengan senang hati kami bantu cek kendala ini.

Per hari ini , pihak Gojek infokan agar segera mengajukan berkas klaim. Dkarenakan pada pengiriman ini menggunakan asuransi Tokopedia maka mohon Penjual dapat mengisi form yang kami lampirkan pada diskusi ini secara menyeluruh tanpa ada bagian yang dikosongkan (seperti contoh) dan melampirkan foto KTP Penjual dan resi fisik secara terpisah untuk kami bantu proses pengajuan klaimnya kepada pihak Asuransi.

Jika nantinya Penjual telah melengkapi berkas klaimnya, kami imbau kepada Penjual agar dapat lampirkan fisik resi pengirimannya sebagai syarat pengajuan klaimnya agar dapat segera kami teruskan kepada pihak Asuransi untuk diproses lebih lanjut.

Kami tunggu kelengkapan berkas klaimnya dari penjual hingga 2 Januari 2019 pukul 14:00 WIB selebihnya mohon maaf kami akan tutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai invoice Rp 6.561.900.


Terima kasih.


28 Desember 2018
Admin Tokopedia memberikan update :

Dear Toppers,

Mohon maaf kami bantu untuk meluruskan kembali atas kekeliruan informasi sebelumnya.

Sesuai informasi sebelumnya, kami harap Penjual bisa melengkapi dan melampirkan kembali berkas klaimnya sebagai berikut:

- Form klaim (Harap diisi keseluruhan poinnya sesuai contoh dan lampirkan kembali secara jelas serta tidak terpotong)
- Foto KTP (Dilampirkan secara terpisah dengan form klaim)

Kami tunggu kelengkapan berkas klaim dari Penjual hingga hari ini tanggal 31 Desember 2018 pukul 14.00 WIB. Lebih dari itu, mohon maaf kami bantu untuk menutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai yang dibayarkan tanpa promo Gratis Ongkirnya dan dikurangi biaya asuransinya Rp 6.519.000.

Terima kasih.


31 Desember 2018
14.11
Saya bertanya update mengenai pengembalian dana saya, FYI, dari tanggal 28 Desember sampai dengan 31 Desember Pukul 14.00 ( tenggat waktu yang di tetapkan Tokopedia kepada Penjual untuk mengisi berkas klaim ) Penjual sama sekali tidak muncul di Pusat Resolusi.
14.24
Muncul jawaban dari Admin
Dear Toppers,

Dengan senang hati kami bantu cek kendala yang terjadi.

Mohon maaf kami luruskan info sebelumnya, kami imbau Penjual untuk aktif menanggapi diskusi ini dan mengikuti arakan kami mengisi dan melengkapi form klaim yang sudah diberikan sebelumnya.

Jika nantinya Penjual telah melengkapi berkas klaimnya, kami imbau kepada Penjual agar dapat lampirkan fisik resi pengirimannya sebagai syarat pengajuan klaimnya agar dapat segera kami teruskan kepada pihak Asuransi untuk diproses lebih lanjut.

Kami tunggu kelengkapan berkas klaimnya dari penjual hingga 2 Januari 2019 pukul 15:00 WIB selebihnya mohon maaf kami akan tutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai yang dibayarakan (karena menggunakan kupon gratis ongkir) dan dikurangi asuransi Rp 6.519.000

Terima kasih. 


Singkat cerita, Penjual baru mengembalikan berkas claim pada tanggal 31 Desember 2018 pukul 18.30. Jauh darai waktu tenggat dari admin sebelumnya.
Pada saat berkas dikembalikan, ada yang kurang/salah. Admin Tokopedie memberi kelonggaran waktu pada Penjual 2x24 jam.
Protes saya sebagai Pembeli tidak ditanggapi.

2 Januari 2019
Pukul 14.30 WIB
Penjual baru mengembalikan berkas claim yang diminta oleh Tokopedia. 
Disini jujur saya sedih sekali karena Penjual tidak aktif dan terkesan mengulu-ulur waktu. Padahal kalau benar barang dibawa kabur driver Gojek, bukankah Penjual juga rugi karena barangnya sudah keluar dan uang belum masuk?

Yang saya sesalkan, mengapa Tokopedia sangat fleksibel kepada Penjual sehingga waktu tenggat pengembalian berkas oleh Penjual bisa berubah-ubah. 

Sekarang saya harus menunggu verifikasi dari Tim Asuransi Tokopedia. Padahal bisa dibilang saya pihak yang paling rugi disini. Habis uang untuk bolak-balik telepon CS Gojek, secara mental juga saya lelah.
Jadi ragu untuk menggunakan Tokopedia dan layanan antar Gosend dan sejenisnya.
Mudah-mudahan Tokopedia adalah perusahaan yang customer oriented sehingga hal ini tidak dialami oleh Pembeli lain di kemudian hari.

UPDATE

4 Januari 2018

Saya masih berusaha aktif untuk bertanya update mengenai kasus ini.
Admin Tokopedia mengatakan bahwa mereka masih menunggu BAP dari pihak Gojek. Padahal sebelumnya pada tanggal 31 Desember 2018, Admin Tokopedia mengatakan bahwa SUDAH ADA BAP DARI PIHAK GOJEK yang kemudian diralat pada hari ini.
Saya jadi bingung koq ini Admin Tokopedia benar-benar tidak konsisten ya informasi nya.
Spoiler for last update:


Spoiler for KTP Driver:


Spoiler for Komplain:
Diubah oleh rheeyant 04-01-2019 17:18
zharki
zharki memberi reputasi
3
16.5K
80
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan