infoanaksultan
TS
infoanaksultan
JEJAK PENDAPAT; SOAL 64 JUTA TON SAMPAH PER TAHUN YANG DIHASILKAN INDONESIA
Hay, rich people dan agan sista sekalian. Mumpung masih nuansa tahun baru, mari kita bermuhasabah diri. Mari kita merenungi apa yang telah kita capai 1 tahun kebelakang. Jika ada yang buruk, mari kita perbaiki keburukan itu. Jika ada yang baik, mari kita tingkatkan kebaikan itu. 

Nah, ngomong-ngomong soal muhasabah, kayaknya hal pertama yang harus kita renungi adalah perlakuan kita sama alam gan. Ya, ini, sih pendapat ane aja. Tapi, kayaknya, kita udah terlalu jahat ama alam. Buang sampah sembarangan dan ngonsumsi benda-benda plastik dengan serakah. Padahal, plastik sendiri adalah material yang sulit, bahkan amat sangat sulit untuk terurai. 

Ane sendiri bukan dari golongan pecinta alam. Ane juga bukan pegiat lingkungan. Tapi belakangan ane sadar, kondisi alam udah terlalu buruk, gan, sis. Banyak penumpukan sampah, iklim yang berubah, sampah pencemaran di sana sini. 

Nah, sebelum lanjut soal pendapat ane tentang masalah kelestarian ini, baiknya ane kasih beberapa fakta dulu biar agan sista pada ngeh kalau bumi ini udah terlalu capek kita jahatin. 

1. Indonesia Menghasilkan 
Quote:

2. Indonesia Menempati Peringkat 2 Dunia Sebagai Penyumbang Sampah Plastik di Laut 
Quote:

3. Banyaknya Hewan Laut yang Mati dan Tersiksa Karena Sampah Plastik 
Quote:


Ya, sampah plastik memang menjadi masalah bersama. Bukan hanya Indonesia, tapi juga dunia. 

Kita memang secara nyata dihadapkan satu dilema besar terkait plastik. Sebagai material serba guna, hampir tidak ada material lain yang dapat menggantikan sifat plastik seperti tahan air, ringan, transparan, tahan panas, tidak melibatkan unsur alam dan tumbuhan serta dapat digunakan berulang-ulang. 

Adapun material yang hampir menyamai sifat plastik adalah alumunium dan kaca. Hanya saja kedua benda ini terbilang cukup berat dan mahal. Keduanya memang tahan terhadap panas, dingin, transparan, tidak melibatkan unsur alam serta dapat digunakan berulang-ulang. Tapi jika dibandingkan dengan plastik, ongkos produksi keduanya terbilang sangat mahal. Hal itu akan berdampak pada harga yang pasti tidak terjangkau oleh para pengguna plastik. 

***

Ya, kita memang belum bisa menggantikan plastik secara utuh. Karena bagaimana pun plastik dinilai lebih ekonomis digunakan dibanding produk lain. Kendati demikian, kita juga tidak bisa begitu saja menggunakan plastik. Terlebih plastik yang sekali pakai. Walau tidak bisa menggantikan plastik, setidaknya, kita juga harus melakukan upaya untuk seminimal mungkin menggunakan material ini. 


Nah, terkait dengan upaya yang bisa dilakukan, puji Tuhan, ane sendiri sudah melakukan beberapa upaya kecil untuk meminimalisir penggunaan plastik. Beberapa bakal ane tuangin di thread ini. 


1. Meminimalisir Penggunaan Sedotan 

Quote:


2. Udah Nggak Pernah Mau Dikasih Kantong Plastik Kalo Beli di Warung atau Mini Market 
Quote:


Kurang lebih itu yang bisa ane lakuin buat ngurangin penggunaan sampah, gan, sis. Ya, cukup sepele, sih. Tapi ane yakin, apa yang ane lakuin ini berdampak baik buat bumi ke depan. Seenggaknya, ane udah mencoba buat nggak nambah-nambahin sampah di bumi untuk urusan yang nggak penting-penting amat.

Intinya, sih, apa yang ane sampein di atas bukan tanpa alasan. Ane sadar perkembangan sampah sekarang sudah masuk ke tahap kronis. Karena itu, mumpung masih nuansa awal tahun, kita sama-sama instrospeksi diri buat sama-sama ngejaga lingkungan biar tetap bersih, terawat dan terhindar dari sampah.

============================================================================

SUMBER GAMBAR


============================================================================

rampratamadhan
rampratamadhan memberi reputasi
15
9.8K
141
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan