bolazolaAvatar border
TS
bolazola
Biru Padam : 10 Pemain ‘Masa Depan’ Chelsea Yang Gagal Memenuhi Ekspektasi
Setiap kali seorang pemain muda mencuat ke permukaan dan dilabeli bintang masa depan potensial, Chelsea seakan selalu berlomba untuk mendaratkan mereka di Stamford Bridge. Klub asal London itu pun dikenal gemar meminjamkan punggawa muda mereka ke berbagai tim lain untuk ‘menimba ilmu’ namun akhirnya terlupakan di tim utama. Berikut Bolazola coba jabarkan sepuluh pebola belia yang sempat digadang-gadang akan menjadi kunci kesuksesan Chelsea namun kini hanya berstatus sebagai pemain semenjana.

10. Josh McEachran (Gelandang Sentral)
Klub Saat Ini : Brentford City




Di tahun 2009 silam, reputasi buruk akademi Chelsea sepertinya akan segera terhapus kala McEachran berhasil menjadi pemain muda yang bertransisi ke tim utama. Manajer saat itu, Carlo Ancelotti, sangat menyukai gaya permainan sang gelandang sentral dan langsung memasangnya sebanyak 18 kali di sepanjang musim debutnya. Penampilan impresif McEachran membuat Real Madrid sempat berminat meminangnya; namun tawaran tersebut serta merta ditolak sang pemuda. McEachran pun langsung disebut media sebagai penerus Frank Lampard yang akan memimpin The Blues melalui era kesuksesan gemilang.
Sayangnya, Ancelotti dipecat tak lama berselang dan manajer baru, Andre Villas Boas, jelas sekali tidak terkesan dengan McEachran. Pria asal Portugal itu hanya memasang sang pemuda di sebanyak lima laga sebelum meminjamkannya ke Swansea, Middlesbrough serta Vitesse Arnhem. Pada tahun 2015 silam, McEachran akhirnya move on dan mengubur impiannya di Stamford Bridge dengan cara hengkang ke klub lain.

9. Charly Musonda (Winger)
Klub Saat Ini : Vitesse Arnhem



Di usia yang baru menginjak 22 tahun, Charly Musonda sesungguhnya masih memiliki banyak waktu untuk membuktikan kemampuan sahihnya. Kendati saat ini merumput bersama Vitesse sebagai pinjaman, ia masih tercatat sebagai punggawa Chelsea hingga tahun 2022 mendatang. Mengenyam pendidikan sepakbola di akademi Anderlecht yang tersohor, Musonda menarik perhatian banyak klub besar Eropa sebelum Chelsea memenangkan tanda tangan winger yang sempat dijuluki ‘titisan Lionel Messi’ tersebut.

Sayangnya, karir Musonda di Inggris kemudian mandeg total. Ia sempat tampil menjanjikan kala pertama kalin dipinjamkan ke Real Betis, namun penampilannya terus menurun hingga ia tak lagi dilirik pelatih klub La Liga Spanyol tersebut. Begitu pula masa peminjaman yang dipotong secara prematur di Glasgow Celtic. Bersama Vitesse saat ini pun, Musonda masih kesulitan untuk bermain rutin di tim inti. Perlu diingat bahwa ia ‘hanya’ lebih tua tiga tahun dari Kylian Mbappe.

8. Matej Delac (Kiper)

Klub Saat Ini : AC Horsens



Di musim panas silam, Delac resmi mencatatkan diri sebagai pemain terlama Chelsea. Deputi berusia 26 tahun itu sudah berada diskuad The Blues selama delapan musim, tanpa pernah satu kali pun dipasang di tim inti sebelum akhirnya dilepas secara cuma-cuma ke tim Liga Denmark AC Horsens.

Hal ini cukup tragis mengingat Delac sudah diramalkan akan menjadi pemain besar sejak belia. Di usia 15 tahun, banyak yang memprediksi bahwa ia akan menjadi pengganti jangka panjang Petr Cech, sayangnya perkembangannya harus terhambat oleh ijin kerja (work permit) yang tak kunjung turun hingga Delac bergabung ke tak kurang dari sepuluh klub sebagai pinjaman, termasuk Vitesse Arnhem (lagi). Setelah menghabiskan karir di tiga negara berbeda; Serbia, Prancis dan Bosnia (tanpa perkembangan berarti), Delac akhirnya dipersilahkan meninggalkan Stamford Bridge.

7. Michael Woods (Gelandang Sentral)

Klub Saat Ini : Harrogate Town



Saat menjalani debutnya di tim utama Chelsea pada tahun 2006 silam, Michael Woods mencatatkan diri sebagai pemain termuda keempat sepanjang sejarah klub yang mampu melakukan hal tersebut. Chelsea diketahui harus melalui proses hukum untuk mendapatkan Woods serta rekannya, Tom Taiwo dari Leeds United, dengan dana tak kurang dari 5 juta Pounds.
Sayangnya, sederetan cedera parah menghambat karir Woods secara signifikan; diawali dengan cedera lutut yang nyaris menamatkan kiprahnya. Selepas pulih dari cedera tersebut, Woods hanya bermain selama sepuluh menit sebelum terpaksa ditarik keluar karena dislokasi engkel. Pemain berambut merah jahe tersebut akhirnya dilepas The Blues di tahun 2011 setelah dipinjamkan ke Notts County. Mungkin keadaan akan berbeda jika pemain asli Inggris itu memiliki fisik yang lebih siap dan prima..

6. Lucas Piazon (Sayap Kiri / Playmaker)
Klub Saat Ini : Chelsea



Mungkin banyak yang tidak menyadari, namun Lucas Piazon nyatanya masih menjadi bagian dari skuad utama Chelsea meski tak pernah dilibatkan sama sekali. Pada tahun 2011 silam, Piazon mencuat sebagai bakat muda terbesar Brasil kala itu dan (seperti biasa), Chelsea mengalahkan banyak tim raksasa Eropa lain untuk menggaet jasanya.
Digadang-gadang memiliki gaya bermain yang merupakan perpaduan Kaka dan Ronaldinho, Piazon sempat menjadi pilihan utama di depan Florent Malouda untuk beberapa laga, namun pada akhirnya bermain tidak konsisten dan tersingkirkan secara perlahan. Selepas melalui masa pinjaman di Reading, Fulham dan Vitesse (!), Piazon kembali ke Stamford Bridge pada tahun 2017 silam untuk memulihkan cedera engkel akutnya. Musim ini, ia turut didaftarkan sebagai pemain Liga Primer Inggris semata karena status Home Grown nya, namun sepertinya sudah tak mungkin lagi memberi dampak di tim inti asuhan Maurizio Sarri.

5. Patrick Bamford (Striker / Winger)
Klub Saat Ini : Leeds United



Hanya sebulan setelah menjalani debut tim senior bersama Nottingham Forest di tahun 2012, Bamford memutuskan untuk menerima pinangan Chelsea dan dianggap sebagai ‘bibit unggul’ yang bisa berkembang menjadi predator kelas dunia. Pada mulanya, ia menjadi ujung tombak terbaik divisi Championship bersama MK Dons, Derby County serta Middlesbrough dan diberi kesempatan untuk berkembang di Liga Primer.
Sayangnya, Bamford kemudian gagal total di Crystal Palace, Norwich City serta Burnley hingga The Blues memutuskan untuk menjualnya saja ke Middlesbrough pada tahun 2017 silam. Kini, di usia 25 tahun, Bamford masih aktif bermain di Leeds United, namun sudah tak lagi menunjukkan kualitas papan atas yang sempat disandangnya semasa belia.

4. Sam Hutchinson (Bek Tengah)
Klub Saat Ini : Sheffield Wednesday



Perjalanan karir Sam Hutchinson mengalami naik turun yang seru bak wahana roller coaster. Bergabung di akademi Chelsea pada usia 9 tahun, ia kemudian membuat debut tim utama di usia 18. Pelatih Jose Mourinho diketahui amat menggemari permainan sang bek sentral. Namun cedera lutut membandel membuat Hutchinson harus gantung sepatu pada usia 21 tahun.
Namun ceritanya tak berakhir di sana. Hutchinson melanjutkan bekerja sebagai staf akademi Chelsea sembari menjalani masa kuliah. Ia pun terus berlatih dan berupaya keras dalam pemulihan fisiknya sehingga cedera lututnya dinyatakan sembuh total. Pada tahun 2011, The Blues pun memberinya kesempatan kedua dengan menyodorkan kontrak profesional, sayang Hutchinson sudah jauh tertinggal dan tak mampu menembus tim utama. Ia pun kemudian dilepas ke Sheffield Wednesday di tahun 2014 dan masih bermain rutin hingga saat ini.

3. Gael Kakuta (Winger)
Klub Saat Ini : Rayo Vallecano



Seperti yang sudah-sudah, Chelsea memenangkan tanda tangan wonderkid potensial Prancis, Gael Kakuta di tahun 2007. Saking percayanya pada kemampuan sang remaja, Chelsea sampai bela-belain berurusan dengan FIFA karena terbukti melakukan pelanggaran hukum kala membujuk sang winger untuk membatalkan kontraknya dengan Lens dan hijrah ke London.
Alhasil, The Blues dilarang melakukan aktivitas transfer selama dua musim penuh, yang pada akhirnya dikurangi setelah naik banding, namun Chelsea tak kuatir karena merasa telah berhasil mendapat ’emas berlian’ murni pada diri Kakuta. Sayangnya, masa peminjaman yang buruk di Fulham, Bolton Wanderers serta Vitesse (lagi..?) membuat Chelsea akhirnya sadar bahwa mereka terlalu cepat menilai sang sayap belia. Kakuta akhirnya dilepas pada tahun 2015 dan sempat melanglang buana ke China sebelum kembali ke Eropa bersama klub La Liga Rayo Vallecano dengan permainan yang tak terlalu istimewa.

2. Samuelle Dalla Bona (Gelandang Sentral)
Klub Saat Ini : Pensiun



Kepindahan Samuelle Dalla Bona ke Chelsea sempat menghebohkan ranah sepakbola Eropa pada masanya. Di usia 17 tahun, Dalla Bona dipersilahkan meninggalkan Atalanta dan bergabung ke Chelsea secara cuma-cuma, yang langsung membuat Asosiasi Sepakbola negeri Pizza bertindak dan mengganti ketentuan hukum perihal jual beli pemain usia muda untuk menghindari terjadinya hal serupa.
Di akademi Chelsea, Dalla Bona tampil impresif secara rutin. Pada tahun 2000, Dalla Bona akhirnya menembus skuad inti The Blues dan tampil di 32 laga sepanjang musim sebagai kompatriot terpercaya Frank Lampard di sentra lapangan. Namun setelah musim debut nan gemilang tersebut, Dalla Bona rupanya rindu untuk kembali ke Italia hingga ogahbermain dan hengkang ke AC Milan. Sayangnya, saat itu Rossoneri dihuni sejumlah pemain berkelas dunia di posisinya, seperti Clarence Seedorf dan Andrea Pirlo, hingga Dalla Bona memutuskan untuk pindah ke Napoli. Bersama Partenopei pun ia tak mampu menemukan lagi kepiawaiannya dan hanya menjadi pemain pinjaman ke sejumlah klub sebelum memutuskan untuk pensiun dalam senyap di tahun 2012.

1.Slobodan Rajkovic
Klub Saat Ini : Palermo



Ketika berhasil menggaet Rajkovic di tahun 2005 silam, Chelsea merasa telah menemukan tandem sejati John Terry di jantung pertahanan pada diri pemuda berusia 16 tahun itu. Pemikiran tersebut pun bukannya tak beralasan kuat; di klub asalnya, OFK Beograd, Rajkovic memang sudah bermain reguler untuk tim senior selama beberapa musim dan dianggap sebagai calon bintang besar Serbia.

Sayangnya, sistem ijin kerja (work permit) Inggris yang rumit pun akhirnya membuat Rajkovic menjadi korban. Sang palang pintu sarat potensi akhirnya harus rela menjalani masa peminjaman di tiga tim Eredivisie Belanda (termasuk Vitesse lagi dong) dimana ia menerima sangsi larangan bermain 12 bulan karena meludahi wasit. Kini, di usia 29 tahun, Rajkovic adalah pemain inti tim Serie-B Italia, Palermo, namun tentunya sudah tak bisa lagi mendekati level yang diharapkan orang-orang padanya sebelumnya.

Sumber : Bolazola.com
3
13.7K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan