socrates666Avatar border
TS
socrates666
Baru Diresmikan Jokowi, Lereng Jalan Tol di Salatiga Runtuh.
27 Desember 2018


Solo - Lereng pinggir Jalan Tol Salatiga-Kaltasura mengalami kerusakan akibat tergerus air. Ini terjadi tepat di timur Balai Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Tanah timbunan penopang jalan tol longsor. Kejadian ini sudah terjadi dua hari lalu, dan telah dalam perbaikan otoritas terkait.

Timbunan tanah setinggi kurang lebih 10 meter itu longsor sepanjang 100 meter. Konstruksi rigid beton jalan tol itu jadi menggantung, seperti sebuah goa yang cukup lebar dan dalam.

Longsoran tanah juga menutup saluran irigasi teknis persawahan warga. Jika tidak segera ditangani, akan berdampak pada saluran irigasi sawah petani. Pengendara tol juga mengaku kaget dengan kejadian tol tersebut.

Menurut manager Administrasi PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN), Fatahillah, mengaku kejadian itu sudah cukup lama. Tapi warga kemungkinan baru mengetahuinya Senin lalu (24/12).

“Yang ambrol bukan di jalan tolnya, tapi tanah di pinggir jalan tol yang tergerus aliran air, dan kami langsung memperbaikinya,” ujarnya seperti dikutip Jawa Pos Radar Solo, Rabu (26/12/2018).

Direktur Utama PT Jasa Marga Solo-Ngawi (JSN), David Wijayatno, jalan tidak rusak, melainkan hanya saluran air yang belum berfungsi optimal. Ia pun memastikan jalan masih bisa dilalui pengendara.

"Terjadi di KM 489+500 arah Salatiga menuju Solo di jalan Tol Salatiga-Kartasura. Lereng tergerus air hujan karena saluran air belum berfungsi optimal. Jadi bukan badan jalannya ambrol atau ambles. Badan jalan masih utuh hanya lerengnya saja yang tergerus sepanjang 20 meter. Saat ini sedang dilakukan perbaikan dan akan selesai paling lambat dalam empat hari ke depan," ujar dia dalam pernyataan yang diterima Liputan6.com, Rabu (26/12/2018).
 


TEMPO.CO, Jakarta - Lereng jalan tol ruas Salatiga - Kartasura di KM 489 runtuh akibat tergerus air hujan. Menurut Juru Bicara Jasa PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, hujan yang mengguyur daerah itu sejak beberapa hari membuat lereng jalan mengalami kerusakan akibat tergerus air hujan.

Baca: Jalan Tol Manado-Bitung Dapat Dilalui Hingga 5 Januari 2019

"Badan jalan masih utuh hanya guard rail turun. Panjangnya (kerusakan) 20 meter dan sudah diperbaiki. Selesai maksimal dalam empat hari ini,"kata Dwimawan melalui grup WhatsApp media di Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.
Heru juga memastikan jalan tol beroperasi normal dengan satu lajur. Sisa satu lajur lainnya untuk pekerjaan perbaikan (alat dan material).



Jalan Tol Salatiga - Kartasura itu sepekan sebelumnya pada 20 Desember 2018 diresmikan Presiden Joko Widodo bersama dua ruas tol lain yang masuk Tol Trans Jawa. Peresmian saat itu bertempat di Jembatan Kali Kuto, ikon jalan Tol Batang-Semarang sekaligus ikon jalan Tol Trans Jawa.

Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Pemalang-Batang sepanjang 34 Km, jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 Km dan jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 33 Km.

Secara keseluruhan Heru menyebutkan dengan beroperasinya jalan Tol Trans Jawa dari Merak-Grati (Pasuruan) sepanjang 933 kilometer, diharapkan mendukung mobilitas masyarakat, barang dan jasa di Pulau Jawa menjadi makin mudah dan cepat mengingat tol yang menghubungkan Merak hingga Grati ini dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat.

Kolam : https://bisnis.tempo.co/read/1159268...h/full&view=ok
https://www.liputan6.com/bisnis/read...h-tergerus-air


Menurut manusia normal : Belum apa-apa sudah rusak lagi. Lain kali jaga kualitas, jangan kejar kuantitas, jangan mentang-mentang lagi kampanye kebut proyek ini itu tapi terkesan asal-asalan emoticon-Sorry

Kalo menurut cebong, salah SBY dan rezim sebelumnya, kenapa tidak menginfokan ke pakdeh kalau lereng disana mudah runtuh. Dasar rezim sebelumnya tidak bisa afa-afaa..
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
5
4.2K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan