alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Groundbreaking Pembangunan ITF Sunter
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c1b33adc820846bee5ff451/anies-groundbreaking-pembangunan-itf-sunter

Anies Groundbreaking Pembangunan ITF Sunter

http://www.beritajakarta.id/read/647...r#.XBs1P2lS_cc

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 20 Desember 2018 11:29 WIB | Dibaca 179 kali
[hr]

(Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan groundbreaking pembangunan fasilitas pengolahan sampah di dalam kota Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Jakarta Utara.
" Ini menjadi peristiwa yang sangat bersejarah"

Pembangunan ITF Sunter dengan biaya mencapai 250 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 3,6 triliun dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bekerja sama dengan perusahaan asal Finlandia, Fortum.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, ITF Sunter akan menjadi fasilitas besar. ITF Sunter akan memastikan sampah di Jakarta dapat terkelola dengan baik.
"Ini menjadi peristiwa yang sangat bersejarah. Ini bukan sekadar perubahan teknologi, tapi juga mindset," ujarnya, di lokasi Groundbreaking ITF Sunter, Jakarta Utara, Kamis (20/12).
Anies menjelaskan, dalam satu hari sampah yang dihasilkan di Jakarta berkisar antara 7.000-8.000 ton per hari dan hampir seluruhnya dibawa menuju ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.
"Sudah saatnya kita menyelesaikan persoalan sampah secara sistemik dan strategis. Pembangunan ITF ini adalah langkah yang paling tepat untuk memastikan sampah Jakarta dikelola secara tuntas," terangnya.
Menurutnya, beroperasinya ITF Sunter akan mampu mengolah sampah sebanyak 2.200 ton per hari dengan menggunakan teknologi yang betul-betul ramah lingkungan. ITF Sunter ini dilengkapi dengan turbin yang dapat mengonversi energi panas menjadi energi listrik mencapai 35 megawatt.
"Kita bersyukur, bisa mengaplikasikan teknologi dengan standar tertinggi. Saya ingin, selain menjadi lokasi pengelolaan sampah, tempat ini juga bisa menjadi sarana pendidikan warga," ungkapnya.
Sesuai dengan rencana, sambung Anies, pembangunan ITF Sunter ditargetkan rampung dalam tiga tahun. Namun demikian, dirinya berharap PT Jakpro bersama Fortum bisa lebih cepat menyelesaikan pembangunannya.
Sementara, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto menuturkan, pembangunan ITF Sunter merupakan penugasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2018.
"Seluruh perizinan berkaitan dengan pembagunan ITF Sunter sudah ada. Hal itu memungkinkan proyek pembangunan ITF Sunter sebagai tempat pengelolaan sampah yang sangat dibutuhkan Jakarta bisa dimulai," ungkapnya.
Ia menambahkan, ITF Sunter akan menerapkan teknologi ramah lingkungan yang sudah banyak digunakan di negara-negara Eropa maupun Asia.
"Teknologi yang dipakai kami pastikan sesuai dengan standar tertinggi Eropa yakni, Eurupean Union Directive," tandasnya.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Berkat Pak Joko emoticon-Ngakak
palingan ntr mangkrak.
Setelah anis dapat banyak mendapat penghargaan dari bpk cebong indonesia maka cebong pun berhenti bully anis emoticon-Recommended Seller
Nah, udah ada mesin sedemikian rupa. Warga DKI jangan terlena dan tetap adat buang sampah sembarangannya diminimalisir.
Lumayan itu 3,6 T. Bisa dapet 1 gedung 50 lantai dan masih nyisa mungkin.
Percuam ada ITF, kalo kelakuan masih pada kayak cebong dan kampret dimari emoticon-Leh Uga
nah karena sudah ada fasilitas ini, buang sampah dimana saja pun tak jadi masalah..
mahal juga, mungkin teknologinya canngih.
semoga mampu dikawal dengan baik oleh Oom Anies
Semoga bermanfaat untuk masyarakat dan kalau bisa ditambah satu lagi emoticon-Big Grin
Banyak juga ya biayanya
pekerja harus lokal dari sabang sampai merauke seperti himbauan presiden
jangan pake tanaga kerja asing aseng

jangan lupa sisa pembakarannya ada yang berupa abu yaitu 'fly ash' dan 'bottom ash'..dikemanakan? landfill? lumayan banyak itu, bisa 10% dari berat sampah yang diolah
gronbriking
emoticon-Matabelo

besok ngecor
emoticon-Christmas
yg mikir d kerja ahok jkw yg dapet nama anis. ntar kalo ada masalah lempar kebelakang salah ahok jkw...
Lokasi di Sunter dimananya? Gak ada poto poto gan? emoticon-Traveller
Balasan post suralia
Quote:


maksudnya ini kan baru grounbreaking....masak yg bikin Ahok
Balasan post goahraesa
Quote:


Quote:
Quote:


maap nih gan kalo artikelnya agak panjang. pdhal anggaan ahok 1.2 t loh....pantes molor sebab anggaran anis 3x lipatnya. udah niat apa bijimana nih?


Ahok: Proyek Pengolahan Sampah di Sunter Dimulai Tahun Depan

Abi Sarwanto, CNN Indonesia
Jumat, 06/11/2015 10:30

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku pembangunan Intermediate Treatment Facilities (ITF) atau tempat pengolahan sampah di kawasan Sunter, Jakarta Utara, akan dimulai tahun depan.
Ahok menuturkan pembangunan proyek tersebut merupakan solusi permasalahan sampah untuk jangka panjang. Sementara, cara tercepatnya adalah membereskan persoalan truk sampah terlebih dahulu.
"Iya (tahun depan) kita akan mulai bangun ini. Cara tercepat gimana? Ya mau enggak mau mesti truk dulu," kata Ahok, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (6/11).
Ahok juga menjelaskan, langkah konkrit saat ini untuk membuang sampah Jakarta, tidak ada cara lain kecuali mengangkutnya ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.
Pasalnya, tempat pembuangan sampah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Sunter terbatas kapasitasnya. Untuk itulah, dibangun ITF yang anggarannya dibutuhkan sekitar Rp 1,2 triliun.
"Kamu tahu nggak sih bangun satu ITF berapa duit? Hanya Rp 1,2 triliun, bangunnya tiga tahun. Kalau tiap tahun kita kasih Rp 1,2 triliun, dapat berapa ITF? Dapat tiga," ujar Ahok.
Ahok mengaku telah menugaskan PT Jakpro selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta untuk pembangunan tersebut. Namun, pembangunan baru bisa terlaksana setelah Penyertaan Modal Provinsi (PMP) cair tahun depan.
Ahok sebelumnya mengaku heran terhadap pembatalan rencana pembangunan ITF. Ahok mengatakan, batalnya rencana pembangunan tempat pembakaran sampah telah molor sejak tiga tahun lalu.
"Saya tidak tahu ada motif apa. Saya tidak tahu itu gagal kenapa," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (3/11). (obs/obs)
Diubah oleh suralia
Udah biasa si ya, gb jaman ahok laksanakan jaman anis, hal biasa. Cuma masalahnya beres a gak
Balasan post mendadakranger
ya ga pa2.....berarti tetap dilanjutkan anies programnya....dieksekusi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di