kasbosAvatar border
TS
kasbos
Rabithah Alawiyah: 'Habib' Bukan untuk Kebanggaan, tapi Tanggung Jawab

Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Umar Sumaith


Habib merupakan gelar kehormatan yang hanya dimiliki oleh segelintir orang yang memiliki kaitan erat dengan dunia keislaman. Bagi mereka yang menyandang gelar habib, tentu memiliki tugas dan amanah yang tidak ringan. 

Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah, Habib Zen bin Umar Sumaith, menceritakan bagaimana gelar habib yang berkaitan dengan proses penyebaran Islam masuk ke Indonesia.

"Habib berasal dari asalnya, dari keturunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallamlewat cucunya Sayyidina Husein yang masuk ke Indonesia. Karena Sayyidina Hasan masuknya kebanyakan ke arah Afrika Utara," ucap Habib Zen saat milad ke-90 Rabithah Alawiyah di Hotel Aston TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (16/12).

"Itu dikatakan panggilannya Syarief, kalau yang Husein dikatakan Sayyid, tapi dengan waktu akhir-akhir ini lebih populer khususnya di Indonesia dikatakan habib," lanjut dia. 
Habib Zen kemudian mengomentari mengenai segelintir orang di Indonesia yang memiliki gelar habib. Ia mengakui orang-orang yang dipercayakan untuk menyandang gelar habib karena memang mereka keturunan rasul. 



Menteri Agama Lukman Hakim saat hadiri Milad Rabithah Alawiyah 


Akan tetapi, ia menyayangkan jika ada orang yang mengaku dirinya habib, padahal sama sekali tidak memiliki keturunan rasul.



"Yang ngaku-ngaku habib kami prihatin, karena biar bagaimana kalau di Rabithah dia akan ketahuan apakah dia itu habib benar. Karena ada silsilahnya yang dicek, diteliti segala macam akan terlihat apakah dia itu hanya mengaku-ngaku atau benar," ungkap Habib Zen. 

Menurut Habib Zen, memiliki gelar habib bukanlah perkara mudah. Sebab, ada tanggung jawab yang harus dijalankannya sebagai keturunan dari Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam. 
"Bagi kita ini menjaga nasab (keturunan), ini bukan untuk kebanggaan tidak. Hanya untuk mengatakan Anda mempunyai tanggung jawab yang besar, karena Anda ini keturunan dari rasul jadi tanggung jawabnya besar. Bukan untuk bangga-banggaan, bukan untuk privilage yang lebih," tutup dia. 





https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/rabithah-alawiyah-habib-bukan-untuk-kebanggaan-tapi-tanggung-jawab/ar-BBR20ID?ocid=spartanntp

-1
4K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan