mendoan76Avatar border
TS
mendoan76
Sempat Heboh, Ini 5 Fakta Suara Misterius Bergema di Langit Pekalongan
https://www.kupastuntas.co/2018/12/sempat-heboh-ini-5-fakta-suara-misterius-bergema-di-langit-pekalongan/

*Sempat Heboh, Ini 5 Fakta Suara Misterius Bergema di Langit Pekalongan*

Editor Mita Wijayanti - 15/12/201812
Ilustrasi langit

Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Suara misterius meraung-rauang di langit Pekalongan awalnya diduga warga sekitar sebagai fenomena alam.

Namun, belakangan pihak BMKG Kota Semarang menilai suara dengungan yang sempat bikin heboh warga hanyalah suara mesin pesawat yang tengah melintas. Benarkah?

Sebelumnya, warga Pekalongan yang tengah tertidur lelap dikejutkan dengan suara misterius menggema di angkasa. Berbagai pertanyaan pun timbul darimana suara itu berasal. Bahkan lolongan seperti suara serigala sempat terlintas dari salah satu warga bernama Saidah.

“Saya dengar seperti suara serigala, kan di sini banyak anjing. Kok ada serigala, tapi lama-lama suara itu mirip pesawat,” ujar Saidah, Jumat, 14 Desember kemarin.
Lantas, suara apakah itu?

Viral
Di media sosial, video detik-detik suara tersebut direkam oleh kamera milik salah satu warga menjadi viral.

Beragam komentar pun terlontar saat melihat video tersebut. Satu di antaranya bahkan menyebut, suara misterius di langit Pekalongan, terdengar jelas di Temanggung.

“Di Temanggung terdengar jelas lho,” kata Ari Finnanto.

Ari adalah salah satu dari puluhan ribu warganet yang telah melihat video tersebut.

Dalam video, warga yang penasaran dengan suara menggema di langit Pekalongan, satu per satu mereka mulai keluar rumah dan memandang langit gelap yang tertutup awan tebal. Saat itu waktu menunjukkan pukul 00.30 WIB.

Suaranya keras bak angin menderu, membuat sejumlah warga menduga itu suara pesawat. Gema takbir pun dapat terdengar jelas dalam video berdurasi 40 detik yang diunggah ke media berbagi video.

“Allahu Akbar.. Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu Akbar,” ucap seorang pria yang sedang merekam langit.

2. Suara Raungan Mirip Pesawat

Saidah, salah satu warga yang terusik saat dirinya akan menjalankan salat tahajud. Suara keras yang didengar sekitar pukul 00.30 WIB itu menurutnya seperti suara pesawat.

“Terdengar sangat keras dan berdurasi hampir 1 menit,” ucap warga Pekalongan ini.

Saat fenomena itu terjadi, Saidah mengaku dirinya tak berani keluar rumah. Dia takut lantaran suara tersebut sangat keras dan seperti tepat berada di atas genting rumahnya.

3. Terdengar hingga Krapyak

Keesokan paginya, suara misterius yang di langit Pekalongan menjadi pembicaraan hangat warga sekitar. Banyak yang menduga jika suara keras itu berasal dari pesawat yang tengah melintas.

“Pagi-pagi ramai tetangga, ngomongin suara itu. Mereka menduganya pesawat,” kata Saidah, warga Panjang Wetan, Pekalongan Wetan.

Menurut Saidah, suara tersebut juga terdengar di beberapa daerah di Pekalongan. Salah satunya di Kelurahan Krapyak.

4. Penjelasan BMKG

Sementara itu, hebohnya suara keras yang terjadi di langit Pekalongan membuat bagian Observasi Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Sukarno angkat bicara.

BMKG memang belum bisa mengidentifikasi asal suara. Namun, ada kemungkinan besar berasal dari suara mesin pesawat.

“Ini kan memang jalur pesawat lewat, jadi kemungkinan hanya suara mesin,” kata Sukarno, Jumat (14/12/2018).

5. Suara Mistis?

Sebelumnya, pada 15 September 2015, langit Ibu Kota juga dihebohkan oleh suara bergemuruh yang menggema di langit wilayah Condet, Jakarta Timur.

Salah satu video yang banyak ditonton adalah video dari pemilik akun bernama Elvan Dany Sutrisno. Di video berdurasi 20 detik itu, tampak suasana langit Condet disusul dengan gemuruh suara misterius.

Frekuensi tinggi dan rendah yang didengar warga saat itu diyakini sebagai terompet sangkakala.

Untuk itu Sukarno mengimbau, masyarakat tak perlu meyakini adanya unsur mistis dari suara misterius dari langit ini. Solusinya bisa dengan membaca buku-buku ilmiah, sehingga tahu faktanya.

“Masyarakat tidak perlu percaya dengan mistis. Pasti ada penjelasan logis. Bisa membaca buku ilmiah,” ujar Sukarno. (Lip6)

++++
15 Desember 2018 8:44 WIB
*TNI AU Bantah Suara Misterius di Langit Pantura Berasal dari Pesawat*

TEGAL - Dengungan misterius yang terdengar di langit Pantura Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Jumat dini hari (14/12), hingga kini belum diketahui pasti sumbernya. Banyak warga yang berspekulasi suara itu berasal dari bunyi mesin pesawat Antonov AN-12BP yang sedang terbang melewati Pulau Jawa.
Namun, belakangan TNI Angkatan Udara (AU) membantah dugaan itu. Melalui akun twitter resminya, TNI AU menyebut jika itu adalah pesawat Antonov, maka sudah terpantau.

“Pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft,” tulis akun @_TNIAU sebagaimana dikutip Panturapost, Sabtu 15 Desember 2018.

TNI Angkatan Udara

@_TNIAU
Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft, dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules.

Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral
Yuhdi
@YuhdiSusanto
Replying to @_TNIAU
Ini kayaknya min...

60
10:01 PM - Dec 14, 2018

Cuitan itu menjawab pertanyaan warganet yang meyakini bunyi dengungan itu berasal dari pesawat Antonov. Saat itu, akun @Yuhdisusanto melampirkan gambar yang berasal dari Flightradar24.com yang beredar di dunia maya

“Ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules. Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral,” terang akun @_TNIAU.

Sebelumnya, spekulasi bunyi dengungan misterius adalah suara pesawat yang dilontarkan oleh Airnav Semarang. Dalam keterangan pers kepada sejumlah media, Airnav meyakinkan masyarakat bahwa suara itu bersumber dari pesawat.

Reporter/Editor: Muhammad Irsyam Faiz
https://m.kumparan.com/panturapost/tni-au-bantah-suara-misterius-di-langit-pantura-berasal-dari-pesawat-1544829021680193237
++++

14 Desember 2018 17:42 WIB
*Penjelasan LAPAN soal Suara Misterius di Langit Pantura*

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) angkat bicara terkait suara misterius yang terdengar di langit Pantura, Jawa Tengah. Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menilai suara tersebut jangan terlalu dibesar-besarkan.

“Iya tahu (video suara misterius di langit Pantura). Tapi itu enggak ada penjelasan ilmiahnya. Itu hanya suara setempat. Mungkin angin ya,” ujar Thomas ketika dihubungi kumparan, Jumat (14/12).

Lebih jauh, kata Thomas, suara yang terdengar bisa berbeda di masing-masing daerah. Ia pun menampik jika suara tersebut berasal dari langit. Menurutnya handphone yang digunakan warga untuk merekam suara tersebut pun juga memiliki keterbatasan.
“Itu kalau ada (rekaman) di masing-masing daerah juga bisa berbeda, itu (handphone) kan hanya bisa rekam di sekitarnya, jadi enggak bisa (rekam) suara di langit,” tegasnya.

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Semarang mengaku tengah menyelidiki munculnya fenomena suara misterius itu. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan asal suara tersebut.
"Menurut info dari BMKG Ahmad Yani belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya seperti dengan baling-baling atau propeller," kata Iis saat dikonfirmasi, Jumat (14/12)

Diberitakan sebelumnya, warga di Pekalongan dan Semarang mendengar suara mengaung di langit pada Jumat sekitar pukul 01.00 WIB. Warga mengaku kaget lantaran suara itu tidak lazim. Durasi yang mereka dengan berbeda, di Pekalongan sekitar 20 detik dan di Semarang lebih dari 1 menit.

https://m.kumparan.com/@kumparannews/penjelasan-lapan-soal-suara-misterius-di-langit-pantura-1544783829293787279

+++++
Gimana koment agan2..
Apakah ini penyerangan konspirasi HAARP
Dari antek mamariki en mahyudi..

HAARP merupakan program penelitian ionosfer yang didanai oleh militer amerika serikat, universitas alaska & DARPA.
HAARP bertujuan untuk menganalisis ionosfer dan menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru untuk komunikasi radio dan pengintaian.
namun, beberapa tahun yang lalu beredar kabar bahwa HAARP tidak lagi beroperasi dan hal tersebut justru menimbulkan teori konspirasi dikalangan masyarakat dunia yang menganggap bahwa HAARP sebenarnya merupakan teknologi penghancur yang dirahasiakan oleh pemerintah amerika serikat.
teori ini masih menjadi perdebatan dikalangan masyarakat dunia hingga saat ini.
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
3.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan