autom942
TS
autom942
JARVISH, Smart Helmet Dengan Siri dan Layar AR

 
Jakarta- Helm merupakan alat pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor, fungsinya sendiri untuk melindungi kepala kita saat terjadi kecelakaan atau ketika kita terjatuh. Helm akan menghindarkan kepala kita dari benturan aspal, pohon, pembatas jalan dan bahkan kendaraan lain.

Helm juga berfungsi untuk melindungi wajah (khususnya mata) dari angin, debu, kotoran, serta benda lainnya. Seiring bergantinya zaman, helm terus bertransformasi untuk lebih mendukung keselamatan berkendara. Smart Helmet tampaknya seperti salah satu ide yang menakjubkan namun belum ada progress menjadi kenyataan. 

Jika Anda pernah menonton Iron Man pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Jarvis, ya Jarvis adalah asisten digital dari Tony Stark. Jarvis sendiri merupakan sebuah software komputer yang melakukan perintah dengan input berupa suara dan display hologram. Sayangnya teknologi ini hanya sebatas rekaya film saja.

Namun teknologi jarvis perlahan mulai ada dengan bermunculannya software-software yang dijalankan dengan voice command, seperti Google Asistant, Siri dan lainnya.

Jarvish yang merupakan salah satu perusahaan asal Taiwan, berhasil mewujudkan helm canggih yang syarat dengan teknologi terkini. Helm ini sudah diluncurkan di Kickstarter, dengan dua tipe yaitu Helm Seri X dan X-AR. Teknologi Jarvis ini diklaim sudah ada pada Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR, keduanya merupakan Smart Helmet, namun keduanya punya perbedaan fitur.



Helm model Jarvish X, yang merupakan model basic memiliki spesifikasi mikrofon dan speaker yang terintegrasi dengan Siri, Google Asistant serta dukungan Alexa. Pengguna memiliki akses untuk arah perjalanan, mengetahui cuaca hari ini, dan mengatur volume suara musik. Tersedia juga kamera dengan kualitas 2K HD sehingga pengguna tidak perlu lagi menambahkan kamera tambahan untuk menangkap gambar saat perjalanan.

Beda lagi dengan model Jarvish X-AR dengan kemampuan lebih advance dari Jarvish X yakni menambahkan kemampuan seperti teknologi AR (Augmented Reality) gaya Google-glass untuk kecepatan, arah belokan demi belokan, cuaca, panggilan masuk dan kamera video yang diletakkan dibelakang helm.

Layaknya asisten, helm ini juga mengeluarkan suara seperti Google Asisten, Siri dan Alexa, sehingga pengguna dapat menanyakan kondisi cuaca dan menghubungkan apa yana ada di smartphone. Helm ini juga disematkan peringatan apabila pengendara melebihi batas kecepatan aman. Kelebihan lainnya adalah helm ini dilengkapi dengan kamera belakang, sehinggaa pengendara bisa melihat situasi tanpa menoleh ke belakang.

"X dan X-AR tidak menggantikan kebutuhan untuk berkendara yang cerdas dan aman. Visi kami adalah untuk meningkatkan pengalaman berkendara dengan fitur pintar yang berarti pengendara bisa fokus pada jalan di depan tanpa gangguan," ungkap CEO Jarvish, Jeremy Lu.

Dari penggunaan bahan, Helm Jarvish sudah mengandung full carbon composite untuk mengimbangi penambahan baterai yang bisa tahan sampai 4 jam.

Berikut adalah spesifikasi serta fitur dari Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR :


HEAD-UP DISPLAY

Model Jarvish X-AR memanfaatkan teknologi waveguide optik pada HUD untuk pengendara yang lebih menyukai instruski visual. Teknologi HUD ini dipastikan dalam cahaya terang, proyeksi ini akan tetap terlihat jelas. HUD dapat dikontrol dan ditarik kembali dengan mudah melalui perintah suara.


Model X-AR memiliki kemampuan untuk menampilkan arah, untuk memberitahu pemakai lalu lintas dan kondisi cuaca, indikator, kecepatan, rambu-rambu jalan bahaya dan ID penelepon yang masuk pada HUD.


Model Jarvish X-AR terhubung ke smartphone melalui bluetooth, memungkinkan Anda untuk melihat, mendapatkan notifikasi panggilan masuk, peringatan slip jalan, pemberitahuan cuaca, ikon SPBU, peringatan bagian bahaya, peringatan kecepatan, pemberitahuan lalu lintas, navigasi GPS dan gambar tampilan belakang sesuai permintaan.




360° FRONT & REAR CAMERAS

Baik Model Jarvish X maupun Model Jarvish X-AR dilengkapi dengan kamera depan 2K built-in sebagai standar. Model Jarvish X-AR juga memiliki kamera belakang 2K yang dapat diaktifkan sesuai permintaan dengan syara sehingga pengendara memiliki visibilitas 360° saat berada dijalan. Perjalanan dapat direkam dalam video FHD melalui kamera depan 2K dan disimpan pada kartu memori hingga 256GB yang dapat dilepas didalam helm. Video juga dapat disiarkan secara real-time ke akun media sosial pengendara melalui perintah suara.




GPS NAVIGATION

Navigasi terintegrasi yang disetel melalui aplikasi JARVISH. Pengguna tinggal memasukkan alamat tujuan dengan suara untuk menerima arah dalam bentuk audio di-helm dan dengan JARVISH X-AR akan ditampilkan melalui head-up.

 

VOICE CONTROLS

JARVISH X-Series baru terhubung dengan layanan suara seperti Amazon Alexa, Apple Siri atau Google Asistant. Helm X-AR dan X adalah aktivasi suara saja (tidak ada ketuk-untuk-bicara), memungkinkan pengendara untuk mengontrol kamera, melakukan panggilan, menyesuaikan volume, memutar musik dan banyak lagi, sambil tetap fokus di jalan.


SMART SENSORS

Sensor otomatis hidup ketika helm dipakai dan otomatis mati ketika helm dilepas. Teknologi Gyro, E-Compass, Akselerometer dan sensor cahaya ambient menganalisa kondisi cuaca & jalan untuk memberikan peringatan secara real-time.


ACTIVE NOISE CANCELLATION

JARVISH X Series dilengkapi dengan prosesor audio yang bisa aktif untuk menghilangkan suara bising angin lalu meningkatkan pendengaran pada suara manusia sehingga anda akan mendapatkan kualitas panggilan yang jelas bahkan hingga 100kph/ 60mph.


LIGHTWEIGHT & PROTECTIVE

Dengan hanya 3.08lbs / 1.4kgs (X) dan 3.75lbs / 1.7kgs (X_AR), helm serat karbon murni memberikan perlindungan tertinggi dengan kenyamanan ekstrim.


TECHNICAL SPECIFICATIONS



SERTIFIKAT

Baik X_AR dan standar X model sepenuhnya bersertifikat, termasuk ECE R22.05 (Eropa, Australia), DOT (AS dan Kanada), CNS 2396, CNS 13438, CNS 13439 (Asia), FCC (sertifikasi keselamatan radiasi elektronik).


SIZING/UKURAN


HARGA

Harga helm Jarvish X adalah 399 dollar atau setara dengan 5 juta - 6 juta rupiah, sedangkan untuk Jarvish X-AR harganya 899 dollar atau sekitar 13 juta rupiah. Untuk pembelian Anda bisa langsung kunjungi situsnya di  https://www.jarvish.com


[url=[youtube]www.youtube[/youtube].com/watch?v=6FfmX4P2NM8][youtube]59c6prvgjGs[/youtube]
[/url]






Diubah oleh Kaskus Support 03 10-12-2018 07:11
2
13.3K
105
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan