kingdoriftoAvatar border
TS
kingdorifto
Cara Mengatasi 5 Jenis Emosi Negatif


GIF

Halo agan sis. selamat datang di trit ane. kali ini, ane pengen bahas tentang berbagai cara untuk mengatasi Emosi yang berdampak negatif bagi kehidupan. kita tahu bahwa, manusia mempunyai berbagai macam jenis Emosi negatif seperti rasa cemas,takut,malu, dan lain sebagainya. Terkadang, ketika kita menghadapi suatu masalah dan itu terkesan berat bagi hidup kita. maka, Kita sering akan merasa seperti kita akan diliputi oleh emosi negatif kita. lalu, bukankah itu hal yang harus ditangani oleh Psikolog??. Kebanyakan orang sering mencoba bersikap terlalu rasional karena mereka tahu bahwa mereka tidak ingin membiarkan emosi mereka mengambil alih dan dilihat sebagai seseorang yang bereaksi berlebihan atau menangis sepanjang waktu. nah, untuk itulah diperlukan penanganan terutama untuk mental dan keresahan hati. Berikut adalah cara mengatasi 5 Jenis Emosi Negatif yang dipersembahkan oleh Ane emoticon-Big Grin.






1. Kemarahan



Siapa yang gak pernah marah? pastinya semua agan pernah marah. nah, kemarahan biasanya muncul dikarenakan diri kita sendiri yang tidak bisa menahan ego  terutama untuk orang yang masih muda (pastinya mudah marah). Semakin agan berusia tua. agan akan tidak lagi memiliki banyak dorongan untuk marah seperti biasanya. lalu, cara mengatasinya saat kemarahan datang? caranya adalah tanyakan pada diri agan sendiri jika agan marah. apakah agan akan mendapatkan sesuatu yang beharga atau apakah agan hanya menyia-nyiakan waktu dengan marah? atau agan lebih pilih untuk menghabiskan waktu dengan hal yang lebih baik? it's your choice.






2. Kegelisahan



Sering gelisah dalam menjalani hari daripada biasanya? atau memang sudah terlahir waktu dulu untuk gelisah? Manusia dikatakan kecemasan yang meliputi akan selalu berevolusi untuk mengajari kita kapan harus mundur dari situasi di mana kita menghadapi konflik. kegelisahan boleh dimiliki seseorang namun tidak boleh dalam kadar yang terlalu berlebihan. kegelisahan mencerminkan bahwa seseorang yang terjebak dalam permasalahan ataupun sedang menghadapi masalah yang cukup rumit. cara mengatasinya adalah sesekali-kali cobalah untuk mencari apa yang membuat agan gelisah ataupun bisa berkonsultasi langsung dengan Psikolog yang sudah ahli dalam bidang tersebut.






3. Kecemburuan



Lihat pasangan berdekatan dengan orang lain? pasti menimbulkan kecemburuan dalam jati diri. salah satu untuk mengubah kecemburuan itu sendiri adalah melalui kejujuran. perlu diketahui, kecemburuan bukan berarti membuat agan menjadi orang yang buruk dan dibenci melainkan Kecemburuan adalah emosi yang rumit yang perlu dipertanggung jawabkan juga oleh diri sendiri. cara mengatasi kecemburuan adalah yaitu melalui kejujuran dimana tanyakan pada diri agan "bagaimana saya bisa mencapai  ke tempat yang saya inginkan?" atau "apakah saya harus memilih jalan ini?". dan mungkin, agan harus sesekali untuk berdiskusi hal ini dengan orang yang paling terdekatmu.






4. Perasaan Bersalah



Siapa yang gak pernah merasa bersalah? pastinya semua manusia pernah. perasaan bersalah timbul karena adanya kesalahan yang dilakukan oleh dirinya itu sendiri. cara mengatasinya sendiri adalah dengan tanyakan lagi pada diri agan "apakah rasa bersalah ini yang memberi tahu saya tentang apa yang perlu saya ubah dalam hidup saya?" . jika iya, maka agan harus bersiaga untuk memperbaiki rasa bersalah tersebut. jika tidak, agan harus bertanya "apakah ini sudah benar-benar bukan kesalahan saya?"






5. Malu



"Aduh... saya malu nih kalau lihat orang." pernah mengalami hal yang dikatakan ini?  Rasa malu itu sendiri adalah seperti membicarakan tentang identitas Agan dan merasakan ketegangan tentang diri Agan sendiri dan siapakah diri agan. apakah agan pernah segugup ini yaitu muncul rasa malu kalau bertanya dengan orang?. Malu sih boleh tapi jangan terlalu dilebih-lebihkan apalagi kalau soal ketemu orang. cara mengatasi malu itu hanya dengan percaya diri terhadap diri sendiri. tanyakan pada diri agan sendiri "apakah dengan rasa malu ini secara terus-menerus, dapat mengubah hidup saya ke jalan yang lebih baik?"



Nah, mungkin itu adalah beberapa tips dari ane. selalu hidup sehat ya gan emoticon-Big Grin.



7
7.7K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan