alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Pajak /
Tanya Jawab Pajak Indonesia
4.71 stars - based on 45 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000904661/tanya-jawab-pajak-indonesia

Tanya Jawab Pajak Indonesia

Tampilkan isi Thread
Halaman 377 dari 404
Balasan post AguzTeam
Quote:


Surat teguran kurang tau gan, bonyok ane ga ada info (lupa), th 2016 pada maen pindah aja.
Kalo pindah domisili npwp hrs wara wiri ke KPP lama dulu ato bisa diurus di KPP baru aja gan?
Semacam bau ribet ini kayaknya yak emoticon-Peace
Tengkyu ya gan udah kasih pencerahan


Quote:


Oooh jd skalian dapet skb nya gtu gan?
Quote:


siap.. makasih yah gan


Quote:


iya gan.. tp sket nya nanti dpt 5 hari kerja..

dengan sket itu ane bs minta kg dipotong pph psl 23
usaha orang tua ane yg penghasilan bersih sebulannya 3 juta dikenai pajak 240 ribu, ga tau gimana cara ngitungnya soalnya cuma dikasih tau sama petugasnya lewat lisan saja. ane ga bisa ngecek
kemarin orang tua ane setor pajak 140 ribu tetap diterima. ini gimana coba?

yg ane tanyain, kalau orang tua ane ga setor pajak apakah bakal ada penagihan ke rumah?
Lihat 1 balasan
Quote:

Harus lapor ke KPP lama dulu gan, kemungkinan akan dicek apakah sudah lapor SPT sampai masa pajak terakhir.
Setelah tidak ada masalah dan disetujui, baru bisa dapat surat pemberitahuan perubahan domisili dan surat keterangan pencabutan NPWP.
Setelah semua itu clear, baru bisa ngurus NPWP baru di KPP yg baru sesuai domisili yg baru.
Diubah oleh AguzTeam


Quote:


Siap. Thanks gan.
Quote:


ane yg makasih gan, pertanyaan ane banyak dijawab sm agan hehe

Quote:


Gan, apakah akan ada pemeriksaan oleh KPP lama ketika akan mengajukan pindah KPP?


Diubah oleh Boma
Lihat 2 balasan
Balasan post arief.wibolang
klo Pajak Penghasilan sesuai PP 23/2018, kenanya 0,5% dari omset/bruto gan, kecuali klo pake tarif pasal 17 gan.
cara ngecek pajak yg udah disetorin, via bukti bayarnya gan, tiap bayar pasti ada buktinya (dari bank atau kantor pos atau atm atau i banking)
coba agan cek ke AR ortu agan di KPP.
Balasan post Boma
setau ane ga sampe pemeriksaan gan klo pindah KPP.. pengalaman ane pindah KPP cuman disuruh lapor SPT Tahunan yang bolong2 aja baru bisa dipindah..
Quote:

Untuk WPOP kalau cuma pindah KPP sih kayaknya gak ada pemeriksaan, selama agan memang sudah melakukan kewajiban (bayar dan lapor) sampai SPT Terakhir.

Hanya saja, untuk WP badan yg memiliki potensi penerimaan pajak yg besar, sangat besar kemungkinan tidak diizinkan pindah KPP.
Contohnya tempat ane kerja.
Pusat ada di Jakarta, cabang ada di Bali.
Terdaftar di KPP PMA 5 Jakarta (pusat) untuk pelaporan PPN, PPh 25, PPh 26 dan di KPP Madya Denpasar (cabang) untuk pelaporan PPh 21, PPh 23, PPh 4(2).
Tetapi pada tahun lalu, kantor pusat di Jakarta merger dengan perusahaan lain sejenis. Jadi sekarang pusatnya yg di Bali.
Tahun lalu pernah mengajukan untuk pencabutan NPWP di Jakarta agar semua urusan pajaknya di KPP Madya Denpasar, tapi oleh KPP PMA 5 Jakarta ditolak.
Jadinya ya sampai sekarang tetap harus lapor di 2 KPP berbeda.
Intinya disini ada kepentingan agar tidak terjadi tax income shifting dari PMA 5 Jakarta ke Madya Denpasar.
Kalau perusahaan kecil sih mungkin lain cerita ya.
Diubah oleh AguzTeam
Quote:


Setau ane kalo sebelumnya udah make pp46, per masa juli 2018 pembayaran auto ke pp23 gan.
gan ..
1. Apa yg dimaksud dengan WPOP non-karyawan ? kalo SPT Tahunan termasuk formulir mana ?
2. Apa yg dimaksud dengan WPOP Karyawan ? kalo SPT Tahunan termasuk formulir mana ?

kriterianya bagaimana ya ? terimakasih
Diubah oleh dh3xter
Quote:


WPOP karyawan : Wajib Pajak Orang Pribadi yang bekerja pada pemberi kerja (artinya WPOP yang bekerja pada orang lain),
WPOP non karyawan : Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak bekerja pada pemberi kerja (artinya bekerja mandiri, baik itu punya usaha atau pekerjaan bebas).

Formulir SPT Tahunan WPOP untuk saat ini ada 3 jenis : 1770, 1770S, & 1770SS.
Diurutkan dari formulir yg paling mudah diisi ya :
1. Form 1770SS digunakan untuk WPOP yg bekerja pada satu pemberi kerja (karyawan pada 1 tempat kerja) saja dan penghasilan brutonya tidak lebih dari 60juta rupiah per tahun, serta tidak memiliki penghasilan lain kecuali dari bunga bank dan/atau bunga koperasi.
2. Form 1770S digunakan untuk WPOP yg bekerja pada satu pemberi kerja atau lebih dan/atau penghasilan lainnya yg bukan dari pekerjaan bebas.
3. Form 1770 digunakan untuk WPOP yg memiliki usaha dan/atau pekerjaan bebas.

Pekerjaan bebas adalah pekerjaan yg dilakukan oleh WPOP yg memiliki keahlian khusus sebagai usaha untuk memperoleh penghasilan yg tidak terikat oleh suatu hubungan kerja (UU KUP Pasal 1).
Contohnya : konsultan, pengacara, akuntan, dokter, seniman, notaris, dll.
Diubah oleh AguzTeam

Soal pajak penjualan (pph 0.5%)

Numpang nanya suhu"
Kalo pajak pph penjualan itu, dari total penjualan yak (bruto)?

Misalkan dalam sebulan, total berjualan barang 50juta, berarti setoran pajaknya 250rbu yak?
Quote:


Maksud agan pajak penghasilan pp23 ya gan? Kalo pp23 tarifnya 0.5% x omzet sebulan. Omzet sebulan ini maksudnya penghasilan bruto atau penghasilan kotornya gan. Kalo 50 juta berati bener 250 ribu.
Lihat 1 balasan
gan tolong bantu jawab pertanyaan saya , soalnya kmren abis bincang" ma kawan soal pajak akhirnya skrg jadi beban pikiran selama seharian

jadi saya ini penjual sparepart pc dadakan baru berjalan sekitar setahun ( online doang tanpa toko dan belum ada NPWP ) , awal nya jika ada penjualan saya ngambil ke A ( perorangan transfer lgsng ke rekening pribadi ) dan dijual ke B ( melalui tokopedia ) nah semakin berkembang nya penjualan ini akhirnya saya tau sumber barang ( distributor nya langsung ) akhirnya tiap ada penjualan saya ambil ke PT. A ke PT. B , C dst

nah disini awal mula nya jadi di pertengahan tahun ini omset saya bisa mencapai 1 miliar dalam 1 bulan , beberapa bulan terakhir ini 2 -3 bulan omset bisa 700 - 800jt , nah dari PT PT ini ada beberapa yg kasih faktur pajak , ada juga yg ga kasih ( karna daftar nya pakai KTP bukan NPWP ) dan karna ga paham soal pajak ya kirain ga kepakai saya buang"in aja

karna masih berdasarkan "cerita" temen , apa transaksi diatas semua nya harus saya laporin ? kalo iya , apa aja yg harus dilaporkan ? dan perhitungan biaya nya apa benar 1% dari omset ?
Lihat 5 balasan
Quote:


agan sudah punya npwp blm?
Lihat 1 balasan
Balasan post muhamanzam
Betul om, pph final 23
Ceritanya, rekening A, spesial uang hasil penjualan
Jadi total semua uang masuk perbulan = penjualan, gitu kan ya?
Balasan post xiphius
Quote:


belum punya gan , tapi di rekening pribadi saya karna buat transaksi , 4 bulan terakhir selalu diatas 500jt transaksi masuk dan keluar nya karna turnover nya lumayan cepet dan nominal nya besar"
takut mendadak kena ciduk gan


Quote:


Selama belum buat sih gak dicek gan. Tp ya baiknya buat aja trus bkin 1 rek untuk usaha (giro) nanti per 2019 baru buka lembaran baru dan di data dgn baik buat laporan spt 2019 nanti.
Halaman 377 dari 404


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di