claymiteAvatar border
TS
claymite
Yakin Masih Nganggep Film Batman v Superman Jelek Setelah Baca Trit Ini ?





His superhero films, full of complex characters, deep symbolism, and faithfulness to the comics, are unlike anything ever seen before — and possibly ever again

Jika ada yang menanyakan kepada saya salah satu film superhero yang mempunyai makna yang mendalam ? Saya akan dengan lugas menjawab 'Batman v Superman. Jika ada yang bertanya kepada saya film bagus tapi dicerca kritikus dan mendapatkan rating jelek ? Saya akan menjawab 'Batman v Superman'. Yup, 'Batman v Superman' adalah salah satu film superhero paling monumental yang pernah saya tonton (setelah 'Watchmen', dan 'TDK' tentunya). Ahh, mungkin kalian akan kaget dan gak percaya, atau mungkin kalian akan bikin statement : "ah, gan claymite delusi nih, mana ada film jelek seperti itu dibilang bagus, yang ada sakit mata dan ngantuk nonton film begituan". Ya ya, itulah kira-kira bayangan saya mengenai respon para viewers yang akan datang ketika saya membuat thread ini.

Well, tujuan saya membuat thread ini hanya untuk membuat para saudara-saudara sekalian agar open minded. Jujur, saya melihat banyak kesalahpahaman yang terjadi dengan penonton perihal film ini, sampai-sampai ada salah satu fanbase yang berjuluk Snydercultyang nge-defense film ini habis-habisan dan menginterpretasikan makna dari film tsb. Berikut salah satu Snydercult yang saya kenal, Zendies :

Spoiler for :


Nah, sudah saya kasih statement agan Zendies di intro thread buat pemanasan. Well, here we go. Marilah kita bahas semuanya tentang film 'Batman v Superman' ini. Bagi yang ingin mengetahui visi dan sisi "emas" dari film ini, sok monggo baca dengan baik-baik, jangan fast reading yup emoticon-Smilie





Allegori dan Konsep Messiah

Di statement agan Zendies diatas, doi menyebutkan "konsep ketuhanan", nah apa maksud dari statement agan Zendies tersebut ? Untuk mengetahuinya, mari kita flashback, apakah ada yang masih inget scene dimana Superman menyelamatkan nyawa seseorang pada saat terjadi kebakaran di event 'Day of the Dead', banyak orang-orang yang memujanya, lalu apakah maksud dari scene tersebut ?



Saya mengambilnya langsung dari akun media sosial sang sutradara, Zack Snyder. Dan sebagian besar viewers mungkin bingung, kenapa sih Batman yang notabene mempunyai semua peralatan dan teknologi canggih, lebih memilih membuat tombak Krypton untuk membunuh Superman ? Kenapa gak membuat peluru saja yang terbuat dari Krypton sehingga lebih mudah ? This is the reason :



Sudah mulai merasakan sebuah kiasan yang coba disampaikan Zack Snyder di film 'Batman v Superman' ini ? Jika kurang, mari lihat konsep art dari kematian Kal-El (Superman) di film 'Batman v Superman' ini :



Masih kurang ? Marilah lihat beberapa scene Superman ini :



See the big pictures ? Yup, allegori dari Messiah-lah yang ingin disampaikan Zack di film ini. Ada juga dialog yang menyebutkan secara gamblang konsep Messiah, which is merupakan sebuah clue.

Saya rasa ini adalah cara Zack Snyder untuk melibatkan penonton lebih dalam, bahwa ini lebih dari sekedar "karakter". Superman sebenarnya sama manusiawi-nya dan kacau seperti kita, tetapi, simbolisme itulah yang membuat kesan yang mendalam. Salah satu karakter yang melihat Superman sebagai sosok Kristus adalah Lex Luthor (banyak yang mengkritisi persona Lex yang seperti ini, dude, Lex versi ini merupakan Lex yang diambil dari komik 'Superman : Birtright'). Lex Luthor yang di film ini merupakan versi Lex yang diambil dari komik 'Superman : Birtright' benar-benar mempunyai kepribadian yang kompleks dan sedikit cerita kelam mengenai daddy issue, dan inilah yang menyebabkannya membenci simbol berupa "Ketuhanan" (yang di film ini merupakan Superman). Salah satu dialog Lex :









Story Arc

Story arc ? Apa itu yang dimaksud story arc ?



Nah, diatas sudah saya kasih salah satu tweet dari Jay Olivia. Adanya story arc yang berkesinambungan dengan character developement. Saya melihat banyak yang mengkritisi di situs Rotten Tomatoes bahwa "Superman terlalu depresi", atau "Batman terlalu jahat dan kejam", dan parahnya, yang mengkritisi adalah seorang kritikus. Jujur, ketika membaca kritikan yang berdatangan saya geleng-geleng kepala sambil tersenyum, seolah ingin ngomong langsung "lu kritikus asli bukan !? Tau yang namanya character development kaga !?". Superman digambarkan sebagai sosok yang innocent, dan Batman digambarkan sebagai sosok yang desperate (ditambah tragedi yang merengut nyawa Robin). Dan di akhir film, diperlihatkan bahwa Batman mulai percaya pada harapan lagi. Begitu juga dengan Superman, Lex Luthor, Lady Diana (Wonder Woman), mereka mempunyai story arc-nya masing-masing yang membuat mereka "tumbuh", inilah yang dinamakan character development.



Pertama, saya benar-benar kagum dengan arc-nya Bruce Wayne. Telah kehilangan kedua orangtua-nya saat masih kecil, menghadapi kerusakan di Gotham selama lebih dari 20 tahun, kehilangan Robin. Sosok Bruce digambarkan sebagai orang yang kehilangan harapan, dia tidak percaya dengan harapan (seperti kata-katanya di intro : "Beautiful Lie"), jiwanya telah hancur dan dirasuki iblis. Sampai akhirnya, Superman memberikannya sebuah "harapan" kepadanya, Supes memperlihatkan sisi kemanusiaan darinya. Bruce arc in the movie is very beautiful. Seolah teringat dengan kutipan di film 'Batman Begins' :

"why do we fall sir ? So that we can learn to pickourselves up"



Bruce telah terjatuh, kehilangan jiwanya, kehilangan harapan, sampai akhirnya, Supes memberikannya sebuah harapan yang nyata, Bruce bangkit. Act-nya persis seperti kutipan di film 'Batman Begins' tsb. Sampai ada salah satu akun yang mengatakan bahwa : "film ini dimulai dengan kelahiran Batman, dan diakhiri dengan rebirt Batman". (Ingat, bukan Bruce Wayne yaa, tapi Batman. Kepedihan dan rasa putus asa lah yang melahirkan seorang "Batman". IYKWIM).



Begitu juga dengan arc-nya Supes. Arc Supes begitu bekerja jika kalian melihat sejak film 'Man of Steel'. Seorang "alien" yang sangat polos, sampai akhirnya dia mengetahui kekuatannya, diberikan sebuah pilihan tapi dia lebih memilih Bumi karena dia mencintainya, dan menyelamatkan kota Metropolis dari Zod. Sampai kemudian, banyak pihak yang kontra dengannya, banyak yang tidak menginginkan keberadaannya, dia kecewa karena dia gagal untuk memberikan sebuah harapan kepada manusia (ingat kata-kata bapaknya Supes, Jor-El). Kemudian saat bertemu dengan Batman, dia berhasil memberikan sebuah harapan kepada Batman, dia berhasil menunjukan rasa kemanusiaan kepadanya, dan akhirnya, untuk yang kedua kalinya, dia telah menyelamatkan Bumi dari Doomsday. Masih banyak character arc yang memukau dari film ini, saking banyaknya, saya sampai kehabisan kata-kata.





Fantastic Batman Ever

Jika ada yang menanyakan, Batman terbaik sejauh ini siapa ? Maka saya akan menjawab dengan tegas, Batfleck ! Yup, Ben Affleck benar-benar sukses memerankan karakter Batman dari segi apapun. Baik secara script, maupun bawaan akting dan persona, Batman versi Ben Affleck merupakan salah satu Batman paling badass sejauh ini. Story arc-nya dapet, lebih sophisticated, diperlihatkan kemampuan deduksinya, mampu mengintimidasi musuh, lebih true to the comics, depresinya kelihatan banget, dst. Persona sebagai Bruce Wayne ? Doi mampu memperlihatkan sosok playboy yang berkelas, aura dan charming-nya dapet, contoh salah satu scene dibawah ini :



Bruce menatap Diana (Wonder Woman) didepan Clark Kent, lalu dia berkata : "Wow, pretty girl, bad habits, don't quote me, allright ?". Perpaduan antara nada bicaranya yang berat ditambah aura charmingdari mukanya yang "songong" benar-benar merepresentasikan sosok Bruce yang merupakan playboy berkelas. Ben Affleck juga merupakan salah satu Bruce Wayne yang paling necis dan fashionable sejauh ini (mungkin karena fashion item yang ngepas dengan badannya sehingga terlihat cocok).

Oh ya, jangan lupakan scene di Warehouse saat Batman mencoba menyelamatkan Martha (Ibu Supes), scene paling badass yang belum pernah kita temui di film-film Batman sebelumnya :





Kapan lagi melihat koreografi seperti itu ? Perawakan Ben Affleck memang benar-benar merepresentasikan sosok Batman yang sesungguhnya, yang mengintimidasi lawannya saat bertarung. Big thanks to Mr. Snyder untuk pemilihan cast Ben Affleck ini, saya sebagai salah satu fans Batman sangat bahagia melihat fight-style yang biasanya saya lihat di game Arkham Knight yang akhirnya bisa dibawa ke layar lebar.







True to the comics

Comic accurate ! Banyak referensi film ini yang bersumber langsung dari komik DC, gak heran, banyak fans geek comic yang benar-benar puas banget melihat film ini dan menganggapnya salah satu masterpieceuntuk genre comicbook movies. Mulai dari perawakan Ben Affleck yang benar-benar mirip seperti Batman, sampai persona dan struktur wajahnya persis seperti Bruce Wayne. Beberapa easter-egg seperti simbol Omega yang merupakan lambang dari Darkseid (musuh terkuat DC, sama seperti Thanos. Simbol ini terlihat saat Bruce sedang bermimpi), simbol tsb juga memperlihatkan Supes menjadi seorang diktator (which is merupakan storyline dari 'Injustice'). The Flash yang terlihat melakukan Time Travel. Juga kematian Robin Jason Todd ditangan Joker yang diperlihatkan melalui kostumnya, merupakan referensi dari komik 'A Death in the Family'. Belum lagi scene-scene dibawah ini :




Selain itu, masih banyak lagi referensi lainnya yang diambil dari komik, seperti persona Supes yang memang mengambil dari komik 'Superman : Peace on Earth' ; gak hanya itu, berbagai scene seperti Supes menyelamatkan seseorangan saat kebakaran dan Supes yang datang ke pengadilan, itu termasuk referensi yang diambil langsung dari komik 'Superman : Peace on Earth.

Well, Zack Snyder memang terkenal sebagai pecinta dan penggila komik. Ia juga sebelumnya telah sukses menggarap the most monumental superhero movie ; 'Watchmen', yang diadaptasi dari komik berjudul sama karangan Alan Moore. Jadi, film ini meskipun bukan merupakan adaptasi komik, tapi beberapa easter-egg dan referensi yang diambil langsung dari komik membuat beberapa fans terpukau melihatnya.



LANJUT DIBAWAH YAA
red23rd
red23rd memberi reputasi
55
60.5K
619
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan