bear89800Avatar border
TS
bear89800
Kesehatanmu Terlihat dari Tanganmu

Tangan, anggota tubuh ini memiliki banyak fungsi. Tanpa tangan, kita akan kesusahan melakukan banyak hal, seperti makan dan main hape.

Tak sekedar menjadi anggota tubuh saja, tangan juga menjadi bagian yang mengalami perubahan ketika usia kita menua. Selain itu, tangan juga bisa menjadi indikator perubahan medis yang terjadi pada tubuh, lho.


Jika kita memperhatikannya, kondisi tangan bisa mengungkap kondisi medis yang sedang kita jalani. Misalnya, telapak tangan memerah, tangan keringatan dan kondisi lainnya memiliki makna medis sendiri.


Telapak tangan merah.


Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan palmar erythena dan bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada organ hati, biasanya terjadi pada usia paruh baya.

Telapak tangan menjadi merah karena terjadinya perubahan keseimbangan hormon yang menyebabkan pelebarah pembuluh darah. Bisa juga penyebab lainnya seperti Rheumatoid Arthritis.

Jika hal ini terjadi pastinya harus konsultasi ke mbah dokter.


Tangan keringatan.


Tangan keringatan berlebihan bisa menjadi tanda bahwa ente terlalu stress, maka dari itu dibutuhkan tindakan untuk mengurangi stress. Meditasi dan teknik nafas adalah salah satu cara mengurangi stress yang kita hadapi.


Hilangnya perasa di telapak tangan dan kesemutan.


Hal ini bisa saja terjadi pada kita tanpa alasan serius. Sebagian besar orang pernah mengalami hal ini, dimana beberapa bagian tubuh kehilangan kepekaan lalu terasa kesemutan ketika di gerakkan.

Biasanya hal ini terjadi karena saraf sensorik di tekan dalam waktu yang lama, biasanya akan kembali normal setelah beberapa saat.

Walaupun demikian, kesemutan dan kehilangan kepekaan juga bisa menjadi pertanda medis seperti sindrom terowongan karpal, gangguan trombosis vena, anemia dan diabetes.


Tangan kering.


Penyebab umum untuk tangan kering adalah dehidrasi dan defisiensi estrogen dalam masa manopause.

Untuk menanganinya adalah dengan menggunakan krim pelembab tangan dan banyak minum air.

Minyak ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan yang cocok untuk memulihkan kondisi ini. Terapi hormon juga bisa sangat membantu.


Tangan gemetar.


Penyebab umum tangan gemetar adalah stress dan cemas yang berlebihan. Jika mengalami tangan gemetar, hentikan sementara asupan kopi dan alkohol.

Tangan gemetar juga bisa menjadi pertanda penyakit parkinson.


Kuku lemah.


Kuku yang lemah bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kita kekurangan Zinc.

Zinc memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti mempercepat penyembuhan luka, membantu pembelahan sel, dan memperkuat kekebalan tubuh. Biasanya Zinc (seng) di peroleh dari makanan seperti gandum, kacang dan daging.









3
10K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan