codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Di Negara Mana Saja Profesi Guru Dihormati?



Sebuah organisasi global non-profit, Varkey Foundation, baru-baru ini merilis data "Global Teacher Status Index 2018," dimana sepanjang tahun 2018 ini mereka melakukan survei terhadap orang-orang dari 35 negara di seluruh dunia untuk mencari tau: "Apakah di negara mereka profesi guru itu dihormati?"
emoticon-cystg

Dan hasil survei tersebut menunjukkan bahwa ternyata 3 besar negara yang paling menghormati guru mereka adalah Tiongkok di peringkat pertama, Malaysia di peringkat kedua, dan Taiwan di peringkat ketiga.





"Lalu apakah profesi guru di Indonesia dianggap terhormat?"

Indonesia sebagai salah satu negara yang di survei ternyata menduduki peringkat ke-5 sebagai negara yang paling menghormati guru, di bawah Rusia (4) dan di atas Korea (6). Survei ini menilai hal-hal diantaranya, seperti status sosial guru di masyarakat, seberapa guru dihormati dibanding dengan profesi pekerjaan lain, berapa gaji seorang guru, dan apakah orang tua akan mendorong anak-anak mereka untuk menjadi seorang guru.

Mereka yang di survei ini termasuk anggota masyarakat umum dan para guru itu sendiri, mereka diminta untuk memberi peringkat berdasarkan tingkat rasa hormat pada 14 profesi, termasuk profesi dokter, perawat, pengacara, pustakawan, pegawai pemerintah daerah, pekerja sosial, akuntan, polisi, insinyur, konsultan manajemen dan website engineer.





Di sebagian besar negara, status sosial guru dipandang mirip dengan pekerja sosial. Bahkan di Amerika Serikat saja, responden menyamakan peran guru dengan pustakawan. Beda dengan di Tiongkok atau Malaysia, para guru disetarakan dengan dokter.

Ada pula perbedaan yang signifikan di antara 35 negara tentang sejauh mana orang tua akan mendorong anaknya untuk menjadi seorang guru. Lebih dari separuh orang tua di Tiongkok, India, dan Malaysia memberikan dorongan positif dan men-support anaknya untuk menjadi seorang guru.

Berikut ini adalah daftar negara-negara yang di survei, serta peringkat mereka pada survei ini, bersama gaji guru, dan peringkat mereka sehubungan dengan skor tes internasional yang dikenal sebagai PISA, atau Program for International Student Assessment.





Seperti yang bisa kalian lihat dari data di atas, 5 besar negara yang menghormati profesi guru adalah Tiongkok (100), Malaysia (93,3), (Taiwan, 70,2), Rusia (65), dan Indonesia (62,1). Sementara 5 negara di peringkat bawah yang artinya mereka kurang 'respect' terhadap profesi guru adalah Argentina (23,6), Ghana (18,9), Italia (13,6), Israel (6,6) dan Brasil (1,0).

Sebanyak 81% siswa di Tiongkok sangat menghormati guru mereka, jumlah ini sangat besar dibandingkan dengan rata-rata negara lain yang hanya 36% dari siswa yang menghormati guru mereka. Kebanyakan negara Asia memang sangat menghormati profesi guru.





Mungkin ini karena budaya menghormati orang tua dan guru yang sangat kuat di Asia, termasuk di negara-negara seperti Indonesia, Korea, dan Singapura. Contohnya di Indonesia jika kita bertemu orang yang lebih tua atau guru pasti akan salam (cium tangan).

Patut disyukuri juga walaupun belakangan ada kita lihat pemberitaan negatif tentang perlakuan murid terhadap guru mereka, ternyata orang-orang Indonesia masih menganggap bahwa profesi guru itu terhomat.
emoticon-Angel


Referensi: The Washington Post
Diubah oleh codename.isal 04-12-2018 12:31
tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
10.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan