londo.046
TS
londo.046
Hari Ini Hidup Lebih Susah? Bohong!


Terinspirasi dari tulisan yang wara wiri di dunia maya. Saya jadi tertarik untuk menulis juga. Pernyataannya singkat sih, "hari ini hidup lebih susah dari tahun-tahun sebelumnya." Benar tidak sih? Jujur saya kok tidak setuju dengan pendapat ini ya. Dengan parameter hidup orang-orang dan lingkungan sekitar saya, hari ini mereka justru semakin maju dan tidak susah.



Yang namanya cafe, saya lihat tidak pernah sepi. Saya masuk, gadget yang dipegang pun, tidak ada yang berharga di bawah satu juta. Mungkin semua di atas dua jutaan deh. Mengingat mereka nampak asik dengan game di gadget masing-masing. Memangnya game online macam MOBA, PUBG, AOV atau apalah itu bisa dimainkan di gadget dengan spek yang biasa saja? RAM 1 GB kayaknya tidak bisa deh, atau kalaupun bisa pasti lemotnya luar biasa.

Berapa gedget dengan RAM 2 GB paling murah? Saya kira masih di atas satu jutaan ya. itupun dapat varian entry level. Lanjut, masuk cafe tentu harus memesan menu, entah makanan, atau minuman. Taruhlah hanya pesan kopi vietnam (tanpa sianida tentu saja). Harganya tidak mungkin Rp 3000 dong? Minimal Rp 15.000 lah ya. Lalu dimana susahnya sih? Ini dari sisi anak muda ya. Saya jarang melihat anak muda yang hari ini ngenes seperti jaman saya dulu, nyari kodok di sawah untuk kemudian dimasak dan dimakan bersama.



Parameter selanjutnya yang saya gunakan, soal kepemilikan kendaraan. Dulu, saya masih menjumpai dalam satu rumah tidak memiliki sepeda motor. Untuk transportasi dan mobilitas, biasanya menggunakan sepeda atau angkutan umum. Hari ini? Jumlah motor, berbanding lurus dengan jumlah anggota keluarga. Jika keluarganya berjumlah 5 orang, bisa jadi motornya 3. Yang 2 masih di bawah umur, nanti kalau sudah cukup umur pasti punya motor. Hehe.

Kepemilikan motor bukan parameter sejahtera bos. Lanjut ya? Tentang susahnya menemukan pekerja yang mau bekerja untuk menggarap sawah. Dulu mencari buruh tanam, sampai panen itu mudah. Tapi hari ini? Pengalaman pribadi saja, menemukan pekerja di bidang ini agak susah sekarang. Mungkin lulusan IPB bisa ya kerja di sawah, dari pada di bank yang tidak perlu pengetahuan pertanian. Hehe. Ini nyata dan saya alami sendiri lho.



Artinya apa? Orang-orang sudah punya pekerjaan dan usaha yang lebih baik. Buruh tani, diakui atau tidak adalah pekerjaan minim skill, karena minim skill tentu gajinya juga tidak sebesar pekerja lainnya. Kalau mencari buruh tani saja susah, nalar tentu akan sampai pada simpulan, orang-orang sudah punya pekerjaan yang lebih baik hari ini. Bisa jadi dia sudah punya sawah sendiri, atau punya usaha sendiri yang lebih menjanjikan.

Modal bisa menggoreng saja sudah bisa berbisnis gorengan. Yang punya kreatifitas menciptakan sesuatu yang aneh. Sosis, gabung dengan telor, jadi sosis telur alias sostel. Ayam dihantam dengan ulekan dan cobek penuh sambal, jadinya ayam geprek. Kopi, karena dikasih arang, jadinya juosss! Modalnya bagaimana boss? Yang sering saya jumpai hari ini, justru penghutang yang mencari orang yang berhutang. Kalau tidak percaya, anda buka warung kecil-kecilan saja yang jual kopi plus gorengan. Silih berganti pemberi hutang akan datang.



Mulai dari kelas bank plecit yang bayarnya harian, mingguan. Sampai kredit bunga ringan dari bank BUMN ternama. Serius, tanpa agunan, asal mampu membuktikan jika anda warga situ, kredit akan cair. Kredit cair, modal ada, usaha jalan kan? Yang tidak suka hutang berbunga, bisa ikut program utang yang diselenggarakan desa. Di tempat saya ada model yang seperti ini. Mekanismenya tentu harus warga setempat, punya usaha dan masuk dalam PKH alias Program Keluarga Harapan.

Dari paparan di atas, saya kok tidak menemukan bahwa hidup sekarang itu lebih susah ya. Rakyat makin maju iya. Kalau sejahtera nanti dulu. Parameter tiap orang untuk sejahtera itu beda-beda. Jangan-jangan yang bertanya ini adalah orang yang suka main belakang ya? Hehe. Yang suka mainin pajak misalnya, mana ada sekarang yang namanya bayar berdasarkan asumsi. Bayar, ya hitung semua yang kena pajak. Atau yang suka bayar pungli agar barangnya lolos? Kalau mereka yang bilang hidup sekarang susah, saya paham. Karena hari ini, peluang mafia bergerak sangat terbatas. Tapi.. Ada tapinya, untuk mafia sepakbola, hal itu tidak berlalu. Haha. Salam Damai.


Merdeka!

Ide Tulisan : Pemikiran Sendiri
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
Diubah oleh londo.046 04-12-2018 07:58
19
15.6K
227
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan