srahayudes
TS
srahayudes
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat


Quote:



Jangan lupa di rate 5 ya.. emoticon-Malu




Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat emoticon-Jempol





Hai gan, sis.. apa kabar kembali lagi bersama ane, kali ini ane mau bahas tentang ikan etong. Pasti beberapa dari agan dan sista banyak yang belum tahu ya apa sih itu ikan etong, atau mungkin ada juga yang sudah tau bahkan mencicipi lezatnya ikan ini. Nah, ane bakal bahas tentang ikan etong nih. So.. jangan lupa rate 5 dulu thread ini trus jangan lupa tinggalin komentar juga yah..emoticon-Angpau







Ikan Etong
Hi GanSis, pernah kan berkunjung ke Kabupaten Subang, Jawa Barat? Pasti tahu dong khas kota Subang itu apa?? yap, betul. Nanas. Tapi kalian tahu gak sih kalo Subang juga punya kuliner khas selain tentang pernanasan?


Ini dia GanSis ane kasih tahu, kalau berkunjung ke Subang jangan lupa mampir ke pantai Pondok Bali di daerah Pamanukan, Subang. Pantai ini relatif dekat dengan kota Bandung juga lho, kurang lebih 2-3jam saja.



Di Pantai tersebut, GanSis bakal menemukan kuliner berupa ikan bakar yang nikmat nan lezat. Ikan ini bernama ikan etong. Sejenis ikan laut yang sebelumnya di pandang sebelah mata oleh masyarakat karena tidak layak di konsumsi. Loh katanya enak tapi kok tidak layak? emoticon-Bingung (S)Iya, itu dulu GanSis, sekarang masyarakat sudah tahu bagaimana cara mengolah ikan ini, ikan etong memiliki kulit luar yang kasar dan keras dan tak bisa di makan. Namun, kini warga sudah tahu bagaimana cara memasak ikan etong ini dengan cara yang benar. Menurut penjual ia beberapa kali bereksperimen memasak ikan etong ini, karena merasa menyayangkan jikalau ikan ini tidak di konsumsi dan hanya di kembalikan ke laut. Ikan dimasak dengan cara di kupas bersih kulitnya kemudian di lumuri bumbu dan di bakar.





Prosesnya sama seperti membakar ikan seperti biasanya, bedanya cara mengolahnya yang harus mengupas kulitnya hingga bersih. Dengan bumbu-bumbu khas ikan bakar yang seperti biasanya, ikan etong ini menjadi lebih nikmat karena jenis tekstur dagingnya yang berbeda dengan ikan jenis lainnya. Ketika di bakar, akan terasa harum dan rasanya pun gurih dan lezat. Dagingnya empuk, mirip daging ayam, rasanya pun tidak amis. Buat GanSis yang gak suka ikan, boleh deh di coba ikan etong ini, karena ikan etong ini berbeda dengan ikan lainnya mulai dari tekstur daging dan juga rasa.



Ikan etong ini banyak ditemukan di perairan laut Subang, jadi buat GanSis yang ingin mencicipi lezatnya ikan etong ini jangan lupa membelinya ketika berlibur atau sedang lewat ke daerah Subang ya. Untuk harga relatif murah mulai dari 25.000-50.000 tergantung besar dan kecilnya ikan tersebut.

Jadi, gimana nih GanSis tertarik buat cicipi ikan etong? emoticon-Big Grin
Buar GanSis yang udah nyobain ikan ini gimana nih rasanya, ditunggu ya komentarnya! emoticon-Toast

Sekian thread dari ane semoga bermanfaat untuk kita semua emoticon-I Love Kaskus

sumber : hasil explore selama di subang
gambar : google & dokumen pribadi



tien212700
tien212700 memberi reputasi
11
26.8K
80
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan