mumu144Avatar border
TS
mumu144
Pemberontakan Andi Azis
PEMBERONTAKAN ANDI AZIS


Oleh Muchlish Choeruddin, dan Didi Sopyan Sutardi.
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Subang.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Hallo guys, wah sudah lama ya dari postingan pertama saya post di kaskus saya nggk post lagi.
Dalam artikel kedua ini saya akan membuat artikel tentang pemberontakan Andi Azis. Sebelum kita masuk kedalam pembahasan yang lebih lanjut perlu diketahui pemberontakan Andi Azis adalah proses disintegrasi bangsa yang dilakukan oleh Andi Azis, seorang mantan perwira KNILyang berusaha untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesia Timur dan enggan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Oke langsung ke cerita terjadinya pemberontakan.
            Andi Azis adalah seorang mantan perwira KNIL yang bergabung dengan APRIS ( ANGKATAN PERANG INDONESIA SERIKAT) dan diterima menjadi perwira APRIS. Pelantikannya disaksikan oleh Letkol Ahmad Yunus Mokoginto.
Karena para mantan serdadu KNIL kecewa karena pasukannya digabung kedalam APRIS Bersama Pasukan TNI berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB), terjadilah pemberontakan yang dipimpin oleh Andi Azis yang pada saat itu adalah perwira APRIS, ia menggerakan pasukannya dari mantan perwira KNIL lainnya untuk menyerang markas APRIS, meyandera sejumlah perwira APRIS, termasuk letkol A.Y. Mokoginto. Setelah ia menguasai makasar yang menjadi tempat dari markas APRIS, dia menyatakan bahwa NIT ( NEGARA INDONESIA TIMUR ) harus dipertahankan. Ia menuntut agar perwira APRIS (dari para mantan KNIL) bertanggung jawab atas gangguan yang terjadi di wilayah NIT Yang menurutnya didalangi oleh pemerintah.
            Pada tanggal 8 April 1950 pemberontakan Andi Azis meletus di kota Makasar. Lalu pemerintah membuat ultimatum agar Andi Azis datang ke Jakarta, dan meminta agar ia mempertanggung jawabkan perbuatannya dalam waktu 4 x 24 jam. Apabila Andi Azis mengacuhkan ultimatum tersebut, dia diancam bahwa kapal laut Hang Tuah akan mem-bom kota Makassar, Namun ultimatum tersebut tetap diacuhkan. Setelah batas waktu terlewati, pemerintah kemudian mengirimkan pasukan dibawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Dan akhirnya pada tanggal 15 April 1950, Andi Azis datang ke Jakarta dengan janji dari Sri Sultan Hamengkubowono IX bahwa ia tidak akan ditangkap. Tetapi ketika ia sampai di Jakarta malah dia langsung ditangkap. Setelah sidang, Andi Azis di hokum 15 tahun penjara.
            Pemberontakan ini menyebabkan semakin kuatnya tuntutan agar Negara Indonesia Timur dibubarkan dan bergabung dengan NKRI.

Oke Guys mungkin itulah sejarah pemberontakan yang saya tau, mohon maaf atas segala kekurangan yang ada dalam konten ini mungkin kalian bisa crosscheck link di bawah ini(referensi artikel)

https://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_Andi_Azis
https://titiknol.co.id/peristiwa/5-april-1950-peristiwa-pemberontakan-andi-azis/

Terimakasih atas segala perhatiannya sampai jumpa di artikel berikutnyaemoticon-Big Grin

------------------------------------------------------------------------------------------
Muchilsh Choeruddin merupakan siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 1, dan Didi Sopyan Sutardi adalah guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Subang.
Diubah oleh mumu144 03-12-2018 10:56
0
7.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan