becakmini.v7Avatar border
TS
becakmini.v7
Tudingan Kampanye di Reuni 212, BPN Minta Bawaslu Adil
Tudingan Kampanye di Reuni 212, BPN Minta Bawaslu Adil

Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa bersikap lebih adil. Ini kabar yang menyebut pihak Bawaslu melihat kemungkinan pelanggaran kampanye dalam gelaran aksi reuni akbar 212 yang digelar di Monas pada Minggu (2/12).

"Ya cobalah Bawaslu urus lah yang benar, jangan berat sebelah," kata Andre saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (3/12).

Menurut Andre, alih-alih meributkan seruan Rizieq Shihab soal larangan memilih calon presiden dari partai penista agama, akan lebih baik jika Bawaslu mengurusi kepala daerah yang secara terang-terangan mendeklarasikan diri mendukung paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


Lihat juga: Dilema Prabowo: Dirangkul 212, Ditinggal Moderat


Apalagi kata dia, jelas sekali dari rekaman yang beredar, sejumlah kepala daerah itu melakukan deklarasi dengan masih mengenakan seragam dinas lengkap.

"Ya Bawaslu urus dulu lah itu kepala dinas yang (dukung) Jokowi, deklarasi pakaian mereka dinas, bajunya yang lengkap itu, malah yang itu yang jelas pelanggaran gak dihukum, engga diproses. Bagaimana toh," kata Andre.

Tak hanya itu, Andre juga menjelaskan seruan yang disampaikan Rizieq Shihab dari rekaman telepon yang disiarkan di acara reuni 212 itu posisinya jelas bukan kampanye. Seruan itu kata Andre murni disampaikan oleh warga negara yang memiliki hak berdemokrasi.

Lihat juga: Reuni 212 Untungkan Prabowo, Fahri Minta Jokowi Waspada


"Loh, memang Habib timses? Bukan kok, dia posisinya warga negara biasa yang punya pandangan politik. Sah, sah saja," katanya.

"Yang pasti itu kan salah satu seruan orang, masyarakat. Habib bukan anggta BPN paslon, plus dia itu punya hak berdemokrasi," katanya.

Lihat juga: Mahfud MD: Hadir di Reuni 212 Bukan Ukuran Keimanan


Lebih lanjut dikatakan Andre, sikap Bawaslu yang seolah membesar-besarkan pernyataan Rizieq ini justru menunjukan bahwa Bawaslu menunjukan kecenderungan sikap berat sebelah terhadap kedua pasangan yang tengah bertarung merebutkan kursi presiden hingga 2019 mendatang.

"(Berat sebelah) ya, iyalah. Tapi biarlah masyarakat yang menilai," kata dia.

Sebelumnya, Bawaslu menduga ada pelanggaran kampanye pilpres dan pileg dalam Reuni Aksi 212. Hal ini terkait seruan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di acara tersebut.

Di tengah penyelenggaraan Reuni Aksi 212, rekaman yang memuat ceramah Rizieq diputar di tengah massa. Rizieq menyatakan haram memilih capres dan caleg yang diusung oleh partai pendukung penista agama.

"Ada dugaan melanggar, karena (peraturannya) tidak boleh menghina atau melakukan fitnah terhadap peserta pemilu yang lain," kata anggota Bawaslu Rahmat Bagja kepada CNNIndonesia.com, Minggu (2/12). (tst/ain)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...a-bawaslu-adil

Btw bawaslu sering berat kemana ya emoticon-Leh Uga
0
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan