surayrusAvatar border
TS
surayrus
Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!
Agan Sista!

Ada yang udah pernah ke Jepang? Kalau kita berbicara soal Jepang, Jepang itu khas dengan Bunga Sakuranya. Bunga berwarna pink yang menghiasi Jepang setiap Musim Semi. Kalau kalian mau ke Jepang usahain pas Musim Semi dehh. Biar kalian bisa ngeliat langsung si bunga khas dari Negara Matahari Terbit.
 

 
Tapi sekarang Agan Sista jangan khawatir. Gausah pergi jauh-jauh lagi ke Jepang untuk melihat Bunga Sakura. Agan Sista tinggal main aja ke Surabaya. Kok ke Surabaya sih? Soalnya di Surabaya ada Bunga Tabebuya yang sedang mekar. Bunga Tabebuya ini mirip banget dengan Bunga Sakura looh.
 
Bunga cantik asal Brazil tersebut didatangkan dari Malang dan Kediri serta petani Surabaya yang telah membudidayakan bibitnya. Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser mengungkapkan penanaman bunga tabebuya merupakan inisiatif Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ide tersebut bahkan telah muncul jauh sebelum Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.
 

 
Keindahan Bunga Tabebuya ini pun mencuri perhatian banyak kalangan yang lantas membagikan potret keindahannya ke media sosial. Banyak yang menyebut jika keindahan bunga ini mirip dengan suasana daerah di Jepang saat Bunga Sakura bermekaran. Sebenarnya selain Surabaya, fenomena bermekarannya Bunga Tabebuya juga terjadi di beberapa kota lainnya di Indonesia. Sebut saja Batu, Kediri, Magelang, Purwokerto, hingga Karanganyar.
 
Dilansir dari Tribunnews.com inilah sederet fakta bunga tabebuya menurut penjelasan Pudji Widodo, dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.
 
 
Berasal Dari Brasil



Pudji menjelaskan, tabebuya (Tabebuia aurea) merupakan jenis tanaman yang termasuk Suku Bignoniaceae dan berasal dari Brasil Amerika Selatan. Tanaman ini dapat menjadi pohon yang besar bila dibiarkan tumbuh puluhan tahun. Pohon Bunga Tabebuya sering disebut sebagai Tanaman Sakura. Pasalnya, bila berbunga, bentuknya mirip seperti Bunga Sakura dan mekar dalam jumlah besar, lebih dominan daripada daunnya.
 

Kelebihan Bunga Tabebuya



Pohon Bunga Tabebuya memiliki kelebihan. Daunnya tidak mudah rontok dan saat musim bermekaran, bunganya terlihat sangat indah dan lebat. Selain itu, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berdekatan dengan bangunan. Oleh karena itu, Pohon Bunga Tabebuya sangat cocok sebagai tanaman peneduh jalan tanpa merusak perumahan atau pertokoan di sepanjang jalan.


Punya 74 Jenis

          


Genus Tabebuia meliputi 74 species yang diakui kebenarannya. Antara lain T. aurea berwarna kuning, T. rosea berwarna pink, T. pallida berwarna putih atau pink muda, dan lainnya. Bunga Tabebuya berbentuk terompet dengan panjang 3 –11 cm, sehingga dimasukkan ke dalam Bignoniaceae. Wujud Bunga Tabebuya pun berbeda dengan sakura yang mahkota bunganya berlepasan. Bunga Sakura termasuk dalam Suku Rosaceae (mawar-mawaran) dan tidak berbentuk terompet.

Perbedaan Bunga Tabebuya Dengan Sakura

     


Bila dilihat dari batang, Pohon Tabebuya bisa menjadi pohon besar, sedangkan sakura hanya jadi pohon kecil. Pun dengan waktu mekarnya. Bunga Tabebuya bisa mekar hampir sepanjang tahun berbunga dan mencapai puncaknya pada musim kemarau. Sementara Bunga Sakura hanya mekar sekali dalam setahun pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga April. Dilihat dari manfaatnya, Bunga Tabebuya dapat digunakan sebagai tanaman peneduh dan hias. Lain halnya dengan sakura yang bisa dibuat menjadi minuman teh, es krim, hingga makanan. Bunga Tabebuya tersebar di negara tropis dan subtropis di kawasan Amerika, seperti Meksiko, Karibia, hingga Argentina. Namun kini, Tabebuya tersebar terutama di berbagai negara tropis. Sementara Bunga Sakura ada di belahan Bumi utara, seperti Jepang dan China. Sebaliknya, Bunga Sakura tersebar di berbagai negara terutama subtropis.


Sama-sama bagus kan sama Bunga Sakura? Mirip bangeeettt!!! Jadii, gausah jauh-jauh ke Jepang yaa kalo cuma mau lihat Bunga Sakura, di Indonesia juga ada kok!

 

Sumber :
Bunga Tabebuya Surabaya
Diubah oleh surayrus 29-11-2018 10:54
nona212
nona212 memberi reputasi
5
9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan