arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Pengalaman Menulis di 5 Website Indonesia yang Membayar Artikel Kita
Bagi agan-agan yang hobi menulis, pasti ada keinginan agar tulisan agan dibaca oleh orang banyak. Salah satu caranya adalah menulis diberbagai website yang menerima tulisan dari pengunjung. Hal baiknya, ada sejumlah website yang membayar tulisan dari pengunjung. Jadi selain dapat menyalurkan hobi, kita juga sekaligus bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Ts sendiri sudah pernah menulis dibeberapa website yang membayar tulisan yang kita posting. Melalui thread ini, saya mencoba berbagi tentang pengalaman saya selama menjadi penulis dibeberapa website. Berikut adalah daftar websitenya.

1. UC We-Media



Saya baru bulan lalu mulai menulis di UC We-Media ini. Kalau menurut saya, menjadi penulis di website ini cukup menjanjikan. Hanya saja kita  harus menulis artikel yang bisa meraup banyak pembaca. Kalau tidak tulisan kita hanya sia-sia tanpa menghasilkan apa-apa. 

Penghasilan kita akan di-update setiap harinya. Kalau saya pribadi paling banyak pernah menghasilkan 4.15 Dolar AS dalam sehari. Untuk menjadi menulis di sana, kita harus mendaftar dulu melalui situs wm.ucweb.com. Saldo minimal yang bisa kita tarik melalui rekening bank adalah 125 Dolar AS. Bagi yang belum tahu, tulisan-tulisan kita di UC We-Media akan ditampilkan di UCnews.

2. Kaskus



Kaskus menjadi salah satu situs favorit saya untuk menulis. Bahkan sebelum adanya Kaskus Kreator, saya sudah rutin menulis di sini. Bagi yang tidak percaya, silahkan kunjungi profil saya. Namun sekarang lebih semangat lagi setelah adanya kaskus kreator. Karena dulu memang rutin menulis di Kaskus, saya sudah langsung memenuhi syarat untuk menjadi Kaskus Kreator. Syarat menjadi Kaskus Kreator minimal menulis satu artikel dan sedikitnya pernah 5 kali berkomentar. 

Menurut saya kaskus memiliki beberapa keunggulan dibandingkan website lainnya yang membayar artikel penulis. Pertama, kita sudah bisa mencairkan uang hanya dengan mengumpulkan total view 50.000 atau 5000 poin. Kedua, bukan hal yang sulit untuk mengumpulkan 50.000 view atau lebih kalau thread kita sering jadi Hot Thread. Saya sendiri sudah beberapa kali mencairkan uang dari Kaskus.

3. Brilio



Bayaran di Brilio berbeda dengan dua website yang saya tulis sebelumnya. Brilio akan membayar artikel yang kita tulis kalau artikel tersebut ditampilkan di halaman utama mereka. Jadi walaupun artikel kita tolos review dan ditampilkan di website brilio.net, belum tentu mendapatkan bayaran. 

Artikel yang saya tulis pernah sekali ditampilkan di halaman utama Brilio. Untuk setiap artikel penulis yang ditampilkan di halaman utama, akan dibayar seharga 200.000 rupiah. Sayangnya sampai sekarang bayaran saya belum dikirim. Biasanya setelah artikel kita ditampilkan di halaman utama Brilio, bayaran kita akan dikirimkan pada bulan berikutnya.

4. Vebma



Saya sendiri tidak terlalu aktif menulis di Vebma. Bahkan artikel saya yang di-approve di sana hanya 1 saja. Uang saya yang terkumpul juga hanya 1004 rupiah. Tampaknya setiap artikel yang di-approve di situs ini akan dibayar seharga 1000 rupiah. Setelah itu bayarannya akan bertambah tergantung jumlah view dari artikel tersebut.

5. IDNtimes



Saya mulai menulis di IDNTimes pada waktu yang bersamaan dengan saya mulai menulis di UC We-Media. Namun sampai sekarang tulisannya saya statusnya masih pending. Entah memang ada hal yang belum saya penuhi, atau memang situs ini tidak menerima penulis lepas lagi. 
rienas82
anasabila
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
16.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan