tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?
Masa-masa Kuliah merupakan masa-masa yang tak jarang dirindukan,  cerita dan kenangan manis membuat setiap orang yang menjalani kuliah sesekali akan mengenang masa-masa itu yang tak pernah kembali. Masa kuliah memang banyak cerita, mulai dari mahasiswanya, dosennya dan juga segala hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Maka berbahagialah bagi mereka yang sedang menjalani kuliah, karena di masa-masa itu akan tercipta banyak hal yang menarik dan terkadang menyebalkan namun akan berbekas di hati sebagai kenangan terbaik di hidup.

Credit : azharmz.files.wordpress.com

Menjadi seorang mahasiswa memang berjuta rasanya, tak semua orang bisa bernasib menjadi anak kuliahan, banyak tipe anak-anak kuliahan mulai dari yang cuma sekedar belajar doang, belajar dan aktif organisasi, terlalu sibuk diluar dan lain sebagainya. Begitu juga dengan tempat tinggalnya ada yang berangkat pulang pergi dari rumah atau memilih ngekos karena hidup di perantauan dan jauh dari rumah.

Saat memutuskan ngekos tentu harus siap dengan berbagai resikonya mulai dari jauh dari rumah, siap tinggal bersama mereka yang merantau juga dan juga siap dengan hal-hal lain yang mungkin menghantui mulai dari kurang uang jajan hingga permasalahan dengan ibu kost. Hidup menjadi anak kost tentunya seringkali kita bertemu dengan masyarakat di sekitar kosan, tak jarang sebelum ngekos pun seringkali harus menemui pak rt untuk sekedar laporan.

Hidup kita di mana-mana pasti akan selalu berhubungan dengan masyarakat termasuk saat ngekos selama kuliah. Saat kuliah sudah seharusnya ikut berbaur di masyarakat karena suatu saat nanti setelah lulus kuliah pun akan berbaur di masyarakat. Berbaur dengan masyarakat tentunya bukan hanya saat KKN saja, akan tetapi cobalah berbaur dengan masyarakat di setiap saat terutama saat menjadi anak kos di daerah tertentu.

Ikutilah segala kegiatan masyarakat selama itu baik, cobalah bergaul dengan mereka dan berusaha aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat mulai dari kerja bakti, kumpulan acara warga dan kegiatan hari besar yang seringkali diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Menjadi mahasiswa sudah seharusnya tidak menutup diri dengan keadaan, akan tetapi cobalah lebih terbuka dengan siapa saja termasuk dengan masyarakat. Buanglah segala rasa gengsi karena sudah seharusnya sosok mahasiswa bisa ikut berperan serta dalam kehidupan masyarakat entah itu lewat berbagi ilmu ataupun lewat hal lainnya yang lebih bermanfaat.

Credit : antaranews.com

Jika dibandingkan dengan kegiatan aksi massa atau demo, kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terasa jauh lebih baik di lakukan. Jangan hanya sekedar aktif di organisasi saja, tapi cobalah aktif di setiap kegiatan masyarakat. Saat kita bisa berbaur dengan masyarakat tentunya banyak masyarakat yang respect dan juga masyarakat akan lebih peduli dengan kita. Tak jarang tawaran peluang pun mereka berikan untuk kita saat berbaur dengan mereka.

Menjadi mahasiswa itu anugerah, maka selama masih kuliah sempatkan diri untuk aktif dan berbaur dengan masyarakat dan ikut andil dalam setiap kegiatannya. Sehingga saat lulus kuliah nanti tak pernah sungkan dan ragu bergaul dengan masyarakat. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menanggapi atau menambahkan? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Gambar Via Google Images
2
3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan