mrdfss
TS
mrdfss
5 Metode Yang Digunakan Oleh Orang Kuno Untuk Menghukum Orang Bersalah
Kita harus bersyukur karena kini hukuman yang diberikan sudha sangat ringan. Seorang pembunuh saja hanya diberikan hukuman beberapa tahun penjara. Hukuman mati hanya diberikan kepada hukuman yang dilkukan secara terencana dan mengakibatkan korban yang banyak. Namun bila agan sista mengetahui hukuman yang dilakukan pada orang kuno, tentu akan membuat agan sista merinding untuk membayangkannya. Berikut 5 metode hukuman yang diterapkan pada orang kuno:


1. Mengiris Pelan-Pelan (Lingchi)


wikipedia.org


Ini adalah metode yang dilakukan orang China kuno dengan mengiris bagian tubuh orang yang bersalah sedikit demi sedikit. Tawanan atau orang yang bersalah tersebut akan mati karena kehabisan darah. Sedangkan petugas yang berperan sebagai eksekutor akan memotong sebanyak mungkin bagian tubuh orang itu. Hukuman metode ini dikenal juga dengan sebutan "kematian akibat seribu potongan". Hukuman ini mulai diterapkan pada abad ke 10 dan baru dilarang pada tahun 1905. Biasanya orang yang menerima hukuman ini akan mati setelah menderita 3000 bekas potongan. 


2. Memotong Dengan Gergaji


fatinvee.blogspot.com


Pada Eropa zaman dulu, orang yang dituduh melakukan kejahatan seperti sihir, berzinah, membunuh, penistaan agama dan pencurian akan diberikan hukuman di potong sampai mati. Sebelum di potong, korban akan diletakkan dalam posisi terbalik, tujuannya untuk membuat korban lebih menderita karena akan banyak darah yang mengalir ke otaknya dan membuatnya sadar lebih lama saat di eksekusi. Menurut dokumen sejarah, ada dua jenis eksekusi yang dilakukan. Ada yang mulai memotong tangan dan kakinya terlebih dahulu lalu membakar lukanya dengan obor. Adapula yang mengatakan bahwa tawanan langsung dipotong menjadi dua bagian. 


3. Dibunuh Oleh Gajah (Gunga Rao)


wikipedia.org


Hukuman ini sering diterapkan di Asia dan India. Biasanya orang yang mendapat hukuman ini adalah tawanan tentara musuh atau warganya yang melakukan kejahatan seperti pencurian, pemberontakan dan tidak mau membayar pajak. Sebenarnya banyak hewan lain yang bisa digunakan untuk membunuh, namun dipilihlah gajah karena dirasa paling mudah dilatih untuk membunuh orang. Gajah yang terlatih biasanya bisa disuruh untuk membunuh bagian tubuh tertentu terlebih dahulu sebelum membuat orang itu benar-benar terbunuh.


4. Diseret Dengan Kuda Dan Dibunuh Secara Sadis


wikipedia.org


Di Inggris, ada hukuman khusus yang diberikan kepada orang yang melakukan penghianatan tingkat tinggi. Mereka akan diikat pada sebuah kereta dan diseret pada seekor kuda menuju tempat eksekusi. Sesampainya tempat eksekusi, orang tersebut akan digantung tapi tidak sampai menggantung untuk membuat lehernya tidak patah. Sebelum sampai orang itu mati, kelaminnya akan dipotong dan perutnya disobek untuk dikeluarkan isinya. Dan diakhiri dengan memenggal tubuhnya menjadi empat bagian. Tubuh-tubuhnya itu biasanya akan dipajang di gerbang kota untuk mengingatkan orang-orang untuk tidak melakukan hal serupa.


5.  Digantung Dan Tubuhnya Dipajang


bbc.co.uk


Hampir sama seperti hukuman di Inggris. Di Skotlandia, ada hukuman khusus yang diberikan kepada para pembunuh. Para pembunuh itu akan digantung pada sebuah rantai kemudian di eksekusi hingga mati. Tubunya akan dibiarkan menggantung di tempat itu untuk mengingatkan orang-orang untuk tidak melakukan hal serupa. Tapi hukuman ini membuat tingkat pembunuhan di Skotlandia menurun. 


Seandainya hukuman itu masih berlaku hingga sekarang, tentu akan banyak orang yang memprotes hal tersebut dan mengaitkannya dengan HAM. Tapi efeknya cukup membuat jera kepada orang yang ingin melakukan hal serupa.

 


3
15.5K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan