kaka10ciaoAvatar border
TS
kaka10ciao
Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp600.000
Tol trans-Jawa selangkah lagi terkoneksi seluruhnya. Kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan salah satu segmen, yakni Sragen- Ngawi. 

Dengan demikian, tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 km sudah resmi beroperasi seutuhnya. Pemerintah menarget keseluruhan ruas tol Trans Jawa kelar pada Desember 2018. Saat ini segmen tol yang pembangunannya belum selesai pengerjaannya adalah jalur Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono. 

Beroperasi penuhnya jalan tol Solo-Ngawi menambah panjang jaringan megaproyek jalan tol trans-Jawa yang tergabung dalam proyek strategis nasional (PSN). Jika semua sudah terkoneksi, masyarakat bisa menikmati jalur darat dari Jakarta ke Surabaya dengan waktu tempuh 10-12 jam dan dengan biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp600.000. 

Besaran ini diperoleh berdasar tarif yang ditetapkan. Untuk tarif tol Solo-Mantingan-Ngawi, misalnya, tarif di patok Rp1.000 per km untuk kendaraan golongan I, Rp1.500 per km golongan II dan III, dan Rp2.000 per km kendaraan golongan IV dan V. 

Tarif tersebut ditentukan berdasar Keputusan Menteri PUPR Nomor: 897/ KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo- Mantingan-Ngawi. 

“Selama seminggu ini masyarakat bisa dapat menikmati jalan tol segmen tersebut dengan tarif Rp0 (gratis), pada hari yang sama pukul 21.00 WIB (malam nanti) sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan. Nantinya, dari Jakarta ke Surabaya perkiraan tarifnya sekitar Rp600.000,” ujar Di rektur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno, di Sragen kemarin. 

Peresmian tol Solo-Mantingan-Ngawi segmen Sragen-Ngawi sepanjang 50,9 km dilakukan di Rest Area Km 538 dengan ditandai penekanan sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. 

Turut menyaksikan Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugi yartanto, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani. 

Tol sepanjang 51 km diresmikan setelah melalui berbagai tahapan uji laik fungsi dan operasi. Jalan tol Sragen-Ngawi telah dinyatakan layak dan siap di operasikan sebagai jalan tol melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor: 896/ KPTS/M/2018 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi pada 12 November 2018. 

“Hari ini (kemarin) kita resmikan jalan tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya, sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini insya allah sudah sambung semuanya,” ujar Jokowi dalam sambutan. Jokowi berharap beberapa segmen yang belum kelar bisa segera dituntaskan. 

Segmen dimaksud adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono. “Tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN dan Dirjen, beliau-beliau menyampaikan, ‘Selesai, Pak, pertengahan Desem ber atau akhir Desember, selesai semua. Bapak tinggal cari waktu meresmikannya kapan.’ Artinya sudah rampung kalau berani ngomong seperti itu,” ungkapnya. 


Mantan Wali Kota Solo itu lantas meminta para kepala daerah bisa memanfaatkan jalan tol secara maksimal. Pemanfaatan di antaranya untuk mengintegrasikan kawasan-kawasan industri yang ada di daerah masing-masing. 

“Jangan sampai tol ini hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol, semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betulbetul maksimal. Mobilitas orang dan barang semua bisa melalui jalan tol ini dan bisa berjalan dengan cepat,” ujarnya. 

Dia juga mendorong para ke pala daerah untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Sebab, terintegrasinya ruas jalan tol akan memangkas waktu yang dibutuhkan wisatawan menuju daerah atau lokasi wisata. 

“Sekarang misalnya yang dari Semarang, nantinya ingin ke Solo yang biasanya bisa 3 atau 3,5 jam sekarang mungkin hanya maksimal 1 jam. Ini yang harus mulai dibenahi jalan-jalan yang masuk kekabupaten, ke kawasan-kawasan wisata. Tugasnya daerah itu,” katany

https://ekbis.sindonews.com/read/135...000-1543453403




Knp ga digratisken kayak suramadu.. emoticon-Mad
600 rb Mending naik pesawat... emoticon-Cool
Diubah oleh kaka10ciao 29-11-2018 02:33
5
7.7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan