lpdpAvatar border
TS
lpdp
6 Cara Melindungi Diri dari Penularan HIV-AIDS
VIVA – Data WHO tahun 2017 menemukan, sebanyak 36,9 juta orang mengidap HIV-AIDS di seluruh dunia. Sementara, pengidap HIV di Indonesia sejak 2005 hingga Desember 2017 yaitu 28.623 orang.

Bahkan, pengidap AIDS di Indonesia sejak 1987 hingga akhir tahun 2017 dilaporkan sebanyak 102.667 orang. Jumlah infeksi HIV tertinggi yaitu di DKI Jakarta sebanyak 51 ribu.

Sementara, kasus AIDS tertinggi di Indonesia ada pada kelompok umur 20-29 tahun sebanyak 32,5 persen. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena umur tersebut termasuk ke dalam rentang usia produktif.

Untuk itu, spesialis kandungan, dr. Tirsa Verani Sp.OG dari RS. Brawijaya Antasari ditemui dalam kampanye #UbahHidupLo di Car Free Day Sudirman, Minggu 25 November 2018 mengungkapkan beberapa tahap yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari infeksi HIV-AIDS.

1. Tahan diri dan setia

Menahan untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Selain itu, pastikan tetap setia pada satu pasangan seksual.

2. Main aman

Bercinta dengan aman bisa dilakukan dengan menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual berisiko

3. Get tested

Dokter Tiersa menganjurkan tidak ada salahnya untuk melakukan VCT atau Voluntary Counselling & Testing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui status HIV-AIDS Anda.

4. Ketahui status pasangan Anda

Diskusikan dengan pasangan Anda secara jujur dan terbuka mengenai statusnya. Ini bisa menjadi tindakan pencegahan paling mudah. Jika sudah terdapat tanda dan gejala penyakit ini, Segera obati Infeksi Menular Seksual Anda dengan melakukan check-up ke dokter

5. Jarum suntik steril

Gunakan jarum suntik yang steril, dan hindari menggunakan jarum suntik bekas. Mengingat kasus HIV-AIDS dapat menular melalui cairan yang menempel di ujung jarum suntik yang tidak steril atau bekas.

6. Education

Mendidik diri kita sendiri mengenai informasi yang benar tentang HIV-AIDS akan membantu untuk mengurangi kesempatan kita terkena HIV-AIDS, dan menghindarkan kita dari anggapan yang salah tentang HIV-AIDS.

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/ke...erus-meningkat

Kepala bawah boleh panas, tapi kepala atas harus tetap dingin! emoticon-Smilie
1
2.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan