abbimanyu.Avatar border
TS
abbimanyu.
Guru Honorer Apakah Sama Dengan Guru Donorer? Selamat Hari Guru Nasional

:nyantai ASSALAMUALAIKUM WR WB :nyantai






"SELAMAT HARI GURU NASIONAL"
JAYALAH PGRI emoticon-Cool








Di hari yg sangat spesial bagi para pendidik di seluruh negeri ini, ijinkan lah saya menyampaikan sepatah dua patah kata yg sering di ucapkan oleh mereka para pendidik yang masih memiliki status sebagai "GURU HONORER"

Quote:


Kami yg berprofesi sebagai guru honorer sering kali mendengar kata-kata pedas dari orang lain seperti "kerja yang ikhlas. Kalau gak ikhlas mendingan cari usaha lain. Jangan ngarep materi kalau jadi guru, lagian siapa sih yang nyuruh kalian jadi guru honorer? Gak ada kan??"
Begitulah. Banyak sekali orang yg nyinyir dengan bahasa nyindir ketika kami berusaha untuk menyampaikan aspirasi dari kami. Nyinyir yang getir.

Sebagai insan yang berkecimpung di dunia pendidikan, nasib kami memang selalu berhubungan dengan peraturan atau kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan saya yakin kebijakan ini juga tidak lepas dari campur tangan Allah SWT. Maka kau saya boleh berpendapat, ini bukan tentang sebuah keikhlasan. Ini tentang keberpihakan negara terhadap mereka yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk mencerdaskan anak bangsa. Dan dalam hal ini, guru berada diposisi garis terdepan




Kalian yang selalu mengatakan dengan entengnya "suruh siapa jadi guru honorer? Keluar saja !" Atau "kalau udah diniatin ngapain ngeluh"
Karena kalian tidak pernah berada diposisi tersebut. Dalam jangka waktu yang panjang, bahkan puluhan tahun mereka mengajar, terdapat proses panjang yang mereka alami.
dicaci, dimaki, dihina, dikurang ajarin oleh siswa, diberi harapan palsu akan mendapatkan tunjangan, dsbsudah mereka rasakan.



Siapa yg menyuruh jadi guru honorer?
Jawaban mereka adalah tidak ada emoticon-Smilie
Tapi mereka juga manusia biasa. Mereka butuh pekerjaan, dan modal mereka adalah ilmu yg mereka dapatkan ketika kuliah di jurusan pendidikan. ketika ada kesempatan mengajar karena ada sekolah yg membutuhkan guru, kemudian mereka masuk kesana apakah salah??
Adakah yg salah ketika bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka??

Lantas apakah ada yg salah ketika para honorer menuntut untuk mendapatkan honor yang sepantasnya? Kemudian mereka² yg gak tau tiba² nyinyir lagi jaman sekarang guru udah gak layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Guru sekarang money oriented"HAHAHAHA hei kalian yang nyinyir, sadarkah kalian bahwa guru honorer juga manusia biasa yang punya kebutuhan untuk hidup? Dan ketahuilah bahwa untuk memenuhi kebutuhan mereka harus memiliki uang yang tidak sedikit !
Saya jadi teringat bahwa sesuai dengan Pancasila, negara berjanji akan menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Bahwa mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yg layak adalah hak bagi mereka yg sudah berjuang. Adalah hak bagi mereka-mereka yang sudah bekerja.

Tapi dimana letak keadilannya? Disaat UMR setiap tahun naik tapi gaji para guru honorer STAG diangka ratusan ribu rupiah?

Mereka hanya bisa pasrah menunggu keadilan dari para penguasa. Melalui demonstrasi mereka berusaha untuk menyampaikan aspirasinya. mengatakan apa yg sebenernya mereka rasakan. Tentu saja, melalui demonstrasi mereka berharap semakin banyak orang yg mendengar maka semakin banyak orang yg mendukung dan menguatkan mereka. Dan yaaa, meskipun berulang kali tidak direspon ketika melalukan demonstrasi tapi mereka percaya bahwa mereka masih memiliki kekuatan ketika mereka tidak sendirian


Semoga pemerintah makin sadar bahwa ada yg harus dilirik untuk ditingkatkan kesejahteraan nya. dan semoga ketika ada demonstrasi lagi, pemerintah bersedia menemui, tidak hanya mendiamkan mereka tanpa sebuah kepastian


SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Quote:
tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
9.3K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan