olardaun
TS
olardaun
Indonesia Ladang Produksi Road Movie, Riri Riza: Sayang tak Banyak yang Suka


PILIHANRAKYAT.ID, JAKARTA - Sineas sekaligus Sutrada film Riri Riza berpandangan Indonesia sebagai ladang yang subur untuk pembuatan film bergenre perjalanan atau road movie. Karena bagi dia negeri ini memiliki kekayaan budaya dan lanskap alam yang menarik.

Riri mencontohkan jika seseorang mengadakan perjalanan di Pulau Jawa ia akan menemui keragaman bahasa dalam rentang waktu yang dekat.

“Dalam satu jam perjalanan saja kita akan menemukan cara berbicara yang  berbeda-beda di setiap tempat,” kata Sutradara Kulari Ke Pantai (2018) ini dalam Diskusi Film bertema Mengemas Travel Dalam Film yang digelar terkait Festival Film Tempo, di Ruang & Tempo, Gedung Tempo, kawasan Palmerah, Jakarta, Jumat, (23/11/2018).

Melimpahnya panorama alam, ragam tradisi dan budaya Indonesia, baginya ganre road movie ini justru tak begitu banyak dibuat di sini.

“Sayang pembuat film kita tak banyak yang suka perjalanan,” kata Riri.

Sementara itu, seorang programer, Lisabona Rahman yang turut berbicara dalam diskusi tersebut menyatakan bahwa, film Genre road movie berawal dari sebuah film dokumenter yang diproduksi pada 1927.

Lalu setelah perang dunia kedua, kata Lisabona, film-film fiksi perjalanan juga berbicara tentang kepahitan perang dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, film perjalanan menjadi reflektif karena tidak sekedar menunjukan perpindahan fisik karakter, tapi juga transformasi mental dan psikologis. Lisabona menunjuk film berjudul Journey to Italy (1953) (dibintangi  Ingrid Bergman dan Roberto Rossellini) sebagai salah satu tonggak jenis ini.

Editor: Didik Hariyanto
0
1.3K
14
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan