albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Anies Tunjuk PT Jakpro Kelola 3 Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta


GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan menugaskan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pengelola tiga pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Penugasan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 yang baru disahkan pada 16 November 2018.

"Itu untuk banyak kegiatan, kami menugaskan kepada salah satu BUMD, yaitu Jakpro untuk mengelola laham yang nanti akan digunakan. Dengan begitu nanti kami akan minta Jakpro untuk menyusun rencana presentasi ke pemerintah. Baru dari situ kami bekerja,” kata Anies, ditemui di Jakarta Timur, hari ini.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku, dari sisi relevansi yang mendasari pilihannya untuk menungaskan PT Jakpro dalam mengembangkan tugas tersebut.

“Perusahaan daerah itu yang paling memiliki relevansi dalam pembangunan dan pengelolaan properti. Itu paling relevan,” sebutnya.

Ia menjelaskan, setelah PT Jakpro menyusun rencana kelola, berlanjut Pemprov memiliki panduan rancang kota di Pulau C,D dan G. Kemudian pada 2019 berlanjut RT RW baru.

“Di situ nanti jalannya in line. Jadi mengelola pulaunya itu bukan selera 1 atau 2 orang. Tapi disiapkan 1 sampai 2 institusinya dengan baik,” tutur Anies.

Anies memaparkan, tanggangjawan yang diberikan kepada PT Jakpro, berbeda dengan tugas yang dibebankan kepada TGUPP pesisir. Bahkan, dalam eksekusinya nanti seperti yang telah dikembang di wilayah Jaya Ancol.

"Kalau TGUPP itu menyiapkan konsep, kalau Jakpro mengelola dan menjalankan. Jadi nanti pemanfaatannya, dibangun untuk apa, oleh mereka. Teman-teman lihat pembangun Jaya Ancol? Itu hasil reklamasi bukan? Ya kan?,” pungkasnya.

Berdasarkan Pergub itu, Anies menyerahkan kewenangan kepada Jakpro untuk melakukan pengelolaan lahan kontribusi dam pelaksanaan kerja sama pengelolaan sarana serta pra sarana.

Sedangkan untuk Pulau C dan D dibangun oleh PT Kapuk Naga Indah, anak perusahaan PT Agung Sedayu Grup. Sementara Pulau G dibangun PT Agung Podomoro Land melalui PT Kencana Unggul Sukses, anak perusahaan PT Muara Wisesa Samudra. (OL-4)

http://m.mediaindonesia.com/read/det...-teluk-jakarta

Lanjut ganemoticon-Big Grin

0
3.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan