langkasenengeAvatar border
TS
langkasenenge
[COC] City Car Yang Gue Pake Itu Bukan City Car Sembarangan (Full Pict)
Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam untuk agan semua.

Ane cerita ama berbagi foto kendaraan murni dalam rangka memeriahkan event kuis [COC] kaskus. Bukan karena tujuan buruk apapun.. Semoga ada bagian-bagian yang bisa di ambil sisi baiknya.. Aamiin..

Langsung yaa.. Alhamdulillah, ane di kasih kepercayaan sama Gusti Allah untuk memiliki kendaraan roda 4. Meskipun nggak beli baru, tapi cukuplah kendaraan ini menemani perjalanan kami baik suka maupun duka.

Beginilah perjalanan panjang bersama "Si Dempak" di mulai.



Si dempak (soalnya pantatnya rata gan) adalah nama yang ane berikan untuk mobil ane keluaran pabrik Suzuki dengan jenis city car dengan nama varian SPLASH. Suzuki splash ini berkapasitas 1200cc, bukan LCGC dan completly built up (CBU) dari Suzuki Maruti India memiliki 2 row kursi dengan kapasitas maksimal 5 orang. SI dempak lahir tahun 2012 dengan transmisi manual.

Ane termasuk homosek gan. Alias Hobi Mobil Seken, terpaksa jadi homosek, karena keterbatasan daya dan sadar diri ane orangnya bosenan. Ane dapetin si dempak ahir tahun 2014, ga sengaja dapet dari sudara yang bisnis jual beli mobil. Milih city car emang karena banyak keterbatasan gan, keterbatasan uang, keterbatasan garasi dan keterbatasan laen.. Haha..

Dengan body mungil nya, dempak bisa melaju gesit di jalanan ibukota menemani aktifitas ane.. Konsumsi bahan bakar terbilang irit, meskipun ban udah agak lebar (nggak kecil-kecil banget) sama ukuran ring 15" yang emang udah bawaan pabrik. Untuk dalam kota konsumsi BBM Sekitar 14km/lt (kira-kira, soalnya belum ada penunjuk konsumsi digital kayak mobil kekinian).




Beberapa kali ane bawa pulang kampung ke madiun nembus jalur alternatip "tawang mangu" yang terkenal tanjakan/turunan curam nya. Dengan engine 1200 cc + body mungil membuat kendaraan menjadi terasa ber tenaga. Tiada hambatan dalam melibas tanjakan di jalur solo-tawang mangu-madiun tersebut. Tiada bau sangit akibat gesekan kampas kopeling maupun bau sangit di kampas rem.

Nggak ada modifikasi macem-macem di mobil ane gan, yang penting suara musik, gambar DVD bisa di nikmati. Nggak ada penambahan power amplifier pula untuk sound system. Semua standar. Lampu-lampu juga standar, ngga di ganti pake LED. Cuma lampu senja aja di kasi warna biru biar anak ane seneng. Desain takometer terpisah dari trim speedometer juga membuat tampilan interior semakin sporty.



Untuk perawatan, ane cuma ganti oli rutin aja sesuai kebutuhan. Untuk ketersediaan suku cadang juga sangat melimpah.. Mulai dari grade KW sampe SGP ( Suzuki Genuine Parts) Pernah sekali ane service evaporator AC dengan cara buka semua dashboard & trim di bengkel kenalan. Harga service nya juga standar lah yaa. Service nya 900 ribu + ganti filter AC 100 ribu. Total 1 juta.
Pencucian evap AC (indoor) ini hukumnya wajib gan, karena emang dari pabriknya ni mobil ngga dikasih filter AC, meskipun udah ada dudukan nya. Ini sedikit foto waktu bongkar dashboard nyopot evap. Ngga ada id kaskusnya gan.. soalnya itu ane kerjain bulan maret lalu.




Nah, berhubung ni mobil udah masuk usia pengen jajan, mulai kerasa deh suara berisik di kolong mobil.
Untuk kaki-kaki, ane juga udah ganti beberapa komponen kayak link stabil sama rack end. Harganya ngga mahal. Ama ongkos pasang ngga sampe 1 jutaan. Alhamdulillah suara berisik berubah jadi suara senyap.







BTW. Anak ane seneng banget ama no mobil, ampe orang tua dulu pernah pesen sebelom meninggal nya. Jangan jual mobil kalo belum ada gantinya, supaya anak ane nggak sedih katanya.. emoticon-Frown.




Di awal tahun 2016 mobil ini juga yang ane pake buat nganterin mamah ane berobat ke rumah sakit, berobat alternatip ke daerah sukabumi. Almarhum mama ane dulu kena stroke gan. Hehe.. Jadi sedih kalo inget masa-masa ini.. emoticon-norose

Tugas laen si dempak adalah: Nganter anak, istri kalo lagi sakit, nganter ngejenguk sudara sakit, nganter sudara meninggal, nganter jalan-jalan, nganter belanja, nganter kerja, dipinjem keluarga. Lengkap lah sudah tugas nya.






Nggak kerasa udah 4 taon kami bersama, suka duka lewat bersama. Begitu banyak kesan diantara kita.. Mulai semenjak mamah ada sampai tiada. Begitulah kedekatan ane ama mobil "odong-odong" ane gan. Ane sayang ama dempak, keluarga ane juga sayang ama dempak.
Sampe sekarang ane belum ada rencana jual ni mobil gan ( belon ada duit buat nambahnya.. emoticon-Big Grin ), jadi ya masih ane pake dah buat nemenin jalan ane ama keluarga.

Dalam doa ane, ane meminta kepada Gusti Allah supaya mobil ane jadi kendaraan yang berkah&barokah, ga menimbulkan celaka, masalah buat ane keluarga  juga buat orang laen.. Aamiin..

Foto : Dokumen pribadi


IDVerified.
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan IDVerified. memberi reputasi
6
2.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan