bear89800Avatar border
TS
bear89800
Banyak Gak Sadar, Ternyata Kata-Kata Ini Akronim Lho!

Dari dulu kita sudah memiliki kebiasaan untuk menyingkat kata-kata sehingga kita terbiasa berbicara menggunakan akronim.

Kadang-kadang ada akronim yang sangat mudah di lupakan dan terlalu alami sehingga kita lupa bahwa kata tersebut adalah akronim.

Laser misalnya, banyak orang mengira bahwa laser adalah sebutan untuk cahaya merah yang berbentuk garis lurus, padahal LASER ini adalah akronim yang menjelaskan cara kerja benda tersebut.


Ini adalah beberapa kata yang ternyata adalah akronim.


LASER.


Laser adalah akronim dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.

Sebutan laser muncul dalam makalah teknologi Fisikawan Gordon Gould, kemudian laser di temukan pada tahun 1960, setahun setelah istilah laser muncul.


TASER.


Alat ini sering di gunakan oleh cewek untuk "nyetrum" pria yang kurang sopan. Alat  ini diciptakan oleh Peneliti NASA Jack Cover di tahun 1974. Nama Taser muncul dari buku Fiksi-Ilmiah dimana ada sebuah senapan yang bisa menembakkan listrik untuk nyetrum gajah.

Di dalam buku itu memang tidak ada sebutan TASER, Cover memunculkan istilah TASER agar lebih mudah di sebutkan.


CAPTCHA


Yang biasa berselancar di internet pasti pernah ketemu dengan CAPTCHA sekali atau dua kali ketika ingin akses ke dalam situs tertentu. CAPTCHA mengharuskan kita melakukan beberapa langkah sebelum akhirnya bisa masuk ke situs tersebut.

Tapi tahukah ente bahwa CAPTCHA adalah akronim dari "Completely Automated Public Test to Tell Computers and Humans Apart"


PAKISTAN.


Nama pakistan muncul di tahun 1933 oleh Choudhary Rahmat Ali, 14 tahun sebelum negara itu merdeka dari penjajahan Inggris.

Rahmat Ali menggagas pembentukan negara baru yang terdiri dari 30 juta penduduk Muslim di lima wilayah utara India, yaitu : Punjab, Afganistan, Kashmir, Sin dan Baluchistan. Awalnya akronim yang muncul adalah PAKSTAN, kemudian di tambah "I" di tengah untuk mempermudah pengucapannya.


Navy SEAL.


Pasukan Elite militer Amerika ini sudah cukup  terkenal. Sebutannya juga sering di angkat di dalam filem.

SEAL adalah akronim wilayah tempur mereka yaitu SEa (Laut), Air (udara) dan Land (Darat).


RADAR.


Istilah radar pasti udah pernah dengar kan ?

Walaupun istilah radar sering di gunakan pada instansi militer, tapi warga sipil juga udah sering mendengar istilah ini.

RADAR adalah akronim dari "Radio Detection and Ranging atau Radio Direction and Ranging".

Teknologi ini digunakan militer dengan memafaatkan gelombang radio untuk mendeteksi kapal dan pesawat terbang dari jauh.


SCUBA.


Yang suka nyelam di laut mungkin udah pernah dengar istilah Scuba diving kali ya ?

Nah, Istilah SCUBA muncul pada tahun 1952 oleh Christian Lambertsen, seorang ilmuwan Amrik yang membuat desain alat yang bisa membuat manusia bernafas di dalam air.

SCUBA adalah akronim dari Self Contained Underwater Breating Apparatus.





1
10K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan