stheft.anou
TS
stheft.anou
Mereka yang Jadi Pahlawan di Dunia Olahraga
Besok hari pahlawan gansis emoticon-Angkat Beer

Hari Pahlawan menjadi sebuah kultur di Indonesia yang mempengaruhi keseharian ketika tanggal menunjukkan 10 November. Hari itu seolah kehidupan kita berputar di semangat kepahlawanan, yang selaras dengan jalan hidup masyarakat.

Sosok pahlawan bisa menjelma dalam diri manusia yang tidak disangka-sangka, bahkan mungkin kita kenal. Tapi tak menyadari kalo ternyata mereka adalah sosok dengan jiwa pahlawan.

Seperti di dunia olahraga.

Tahukah kamu kesepuluh atlet dunia ini punya kontribusi yang luar biasa untuk masyarakat dunia?

1. Muhammad Ali



Ikon kebudayaan yang punya pengaruh kuat buat society. Dirinya lebih besar daripada tinju, bahkan juga lebih besar dari olahraga itu sendiri. Apa yang membuat dia jadi pahlawan adalah ketika orang terinspirasi mendengar namanya, dan seperti selalu amazed dengan sosok Muhammad Ali. Seorang agen perubahan, di mana dirinya bisa sukses dengan cara yang dia lakukannya sendiri.


2. Jesse Owens



Kalian pahamlah ya soal supremasi bangsa Arya yang dikampanyekan Hitler. Tahun 1936, ternyata ada seorang kulit hitam yang bisa mengalahkan semua atlet lari kulit putih di olimpiade Berlin. Di ajang yang disebut, "Master Race", sebuah ironi buat menampar Hitler. Dan kesuskesan Jesse bikin Hitler nge-skip pemberian medali ketika itu.


3. Ted Williams



Seorang hitter baseball terbaik yang beralih untuk ikut perang sebagai instruktur terbang prajurit Amerika saat perang dunia 2. Buat kebanyakan, rata-rata lebih milih pulang daripada ikut perang. Gak buat Ted, dirinya tetep mau di pertempuran, meski ditawarin buat jadi pemain baseball buat Angkatan Laut.


4. Jackie Robinson



Jackie Robinson gak hanya mengubah baseball. Dirinya menjadi tokoh penting sebuah gerakan yang mengubah budaya. Menurut David Halberstam, Jackie berdiri di tengah 2 impuls yang sangat kontradiktif yang ada pada masyarakat Amerika. Satu, kegelapan dan prejudis, satunya lagi, idealisme dan optimisme.
Jackie Robinson menjadi kontributor penting dalam kemajuan sosial masyarakat Amerika.


5. Arthur Ashe



Arthur Ashe pernah bilang, "Heroisme sejati itu tidak berlebihan. Bukan dorongan untuk melangkahi semua orang dengan segala cara, tapi dorongan untuk melayani semua orang dengan segala cara."
Menjadi petenis Afrika-Amerika pertama, sekaligus seleb, dan ketenarannya itu digunakan untuk semakin memperkuat gerakan yang diusungnya.

Terutama baginya pemberangusan apartheid.


6. Billie Jean King



Kalo udah nonton "Battle of The Sexes" mungkin gansis udah lebih paham dengan sosok petenis wanita ini. Billie Jean King menjadi termasuk yang lantang mewakili suara perempuan di era minim kesetaraan hak antar gender di Amerika.

Dan kemenangannya atas 'Number One' Bobby Riggs, semakin mengekspresikan bahwa wanita pun bisa jadi juara.


7. Roberto Clemente



Pemain baseball asal Puerto Rico, yang tewas ketika melakukan pekerjaan sosial untuk masyarakat di tanah kelahirannya. Dirinya melakukan hal tersebut, sebelum olahraga dan amal menjadi tren.

Namanya dijadikan sebuah penghargaan, Roberto Clemente Award, untuk para atlet yang mampu menunjukkan sportsmanship terbaik dan partisipasinya pada komunitas.


8. Pat Tillman



Tewas ketikga bertugas di tahun 2004. Sebelumnya, Pat adalah seorang bintang Arizona Cardinals. Tahun 2002 menolak kontrak bernilai 3.6 juta dollar, karena dirinya ingin bergabung dalam kampanye War on Terror setelah peristiwa 9/11.


9. Terry Fox



Mereka yang ngadain charity run, harusnya kenal sama sosok ini. Atau setidaknya, setiap organizer perlu dikasih tahu soal Terry Fox.

Terry Fox adalah pelari jarak jauh dan seorang pebasket. Kaki kanannya perlu diamputasi pada tahun 1977 setelah didiagnosa dengan osteosarcoma, kanker.

Tahun 1980, dengan kaki buatan, Fox mengadakan "Marathon of Hope," cross-country run di Kanada dengan niatan mengumpulkan sumbangan untuk penelitian kanker. Mulai dari Saint John dan sampai sejauhnya di Thunder Bay. Karena kondisinya makin buruk, dan dia terpaksa berhenti.

Terry Fox berencana melanjutkan larinya, tapi kankernya sudah menyebar ke paru-paru dan ahirnya meninggal 9 bulan kemudian.

Dianggap sebagai pahlawan nasional Kanada, dan harusnya juga untuk olahraga, setidaknya running sport.


10. Michael Jordan



Memulai revolusi yang lebih besar dari sekedar olahraga. Hampir seperti dewa, Jordan di masa keemasannya (yang sampe sekarang juga gak pudar sih emasnya) dipuja, disembah, layaknya Idol untuk semua kalangan. Banyak brand menjual nama dan seringainya.

Jordan is basketball, basketball is Jordan. Arguable sih, tapi you know laa, kalo lahir di eranya. Jordan bahkan lebih besar dari olahraganya dia sendiri. Dia mengubah tatanan hidup masyarakat. Jika dia bukan seorang pahlawan, dia tetep berpengaruh terhadap gaya hidup manusia di jamannya.

Jan lupa emoticon-Cendol (S)gansis
6
5.7K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan