albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Anies Siapkan Dua Solusi



JAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan cara dalam mengantisipasi adanya banjir pada musim hujan tahun ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, langkah pertama adalah dengan membuat vertical drainage atau sumur serapan. Adapun langkah kedua adalah meminta warga cepat tanggap dengan datangnya banjir.

"Satu, air yang turun di Jakarta itu sebisa mungkin kita masukkan ke dalam tanah kita sudah siapkan gambaran programnya tidak lama lagi. Kita akan kick off untuk vertikal drainase, sekarang sedang diuji coba di beberapa titik, nanti kalau sudah selesai ceritakan," kata Anies di Kali Ciliwung, Condet, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

Anies mengatakan, pihaknya mendorong pentingnya mengembalikan sungai-sungai menjadi sebuah ekosistem yang natural atau disebut naturalisasi. Ia berharap agar masyarakat bisa ikut andil dalam mewujudkan dengan menjaga lingkugan.

"Kedua, untuk air yang turun dari hulu, semua masyarakat terutama di sepanjang daerah aliran sungai yaitu antisipasi kita akan siapkan untuk respon cepat bila terjadi limpahan air dari hulu, yang di Jakarta sebisa mungkin saluran air semuanya bersih," terangnya.

Pemprov DKI, lanjut Anies, juga telah melakukan uji coba naturalisasi di beberapa tempat. Tetapi ia belum ingin mengungkap titik tempat uji coba dan hasilnya.

https://megapolitan.kompas.com/read/...kan-dua-solusi
0
3.3K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan