londo.046
TS
londo.046
Bisakah Sang Garuda Juara?


Quote:


Untuk lolos ke fase selanjutnya, Indonesia minimal harus menjadi peringkat dua grup B. Melihat rival yang dihadapi, Indonesia perlu bekerja keras untuk mewujudkannya. Hadangan pertama datang dari Singapura besok. Anak asuh Fandi Ahmad sudah beberapa kali menjadi juara di ajang ini. Sesuatu yang belum bisa diraih skuad merah putih. Selanjutnya berturut-turut Fachrudin Wahyudi Aryanto dkk, akan bertarung melawan Timor Leste, Thailand dan Filipina di laga pamungkas.

Format AFF tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana turnamen digelar setengah kompetisi, masing-masing 2 home dan 2 away. Untuk mengamankan posisi, 2 laga home lawan Filipina dan Timor Leste wajib hukumnya untuk dimenangkan. Sedang 2 laga away melawan Singapura dan Thailand, minimal harus bisa mencuri poin. Minimal seri, atau syukur-syukur bisa menang. Pertanyaan besarnya bisakah? Di tengah carut marut kompetisi Liga Indonesia?



Di saat negara peserta AFF 2018 sudah menyelesaikan Liga masing-masing pada bulan Oktober, Liga 1 sebagai kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia masih berjalan. Bahkan persaingan untuk menjadi juara dan lolos dari zona degradasi sedang seru-serunya. Apa impact-nya untuk Tim Nasional? Tentu persiapan Timnas menjadi tidak fokus. Pemain juga terbelah fokusnya. Di satu sisi, sebagai pemain profesional, ingin membawa klub nya juara. Tapi sebagai anak bangsa juga ingin mengharumkan nama Indonesia.

Bagi staff kepelatihan, makin puyeng lagi. Pelatih tidak bisa memanggil nama-nama terbaik yang diinginkan untuk masuk skuad merah putih. Misalnya, dalam satu klub ada 6 orang pemain yang layak masuk Timnas, kemudian 6 pemain itu dipanggil tim nasional, apa tidak timpang skuad klub itu? Padahal klub sedang berjuang di papan atas klasmen. Makanya muncul kebijakan, tiap klub menyumbangkan maximal dua pemain ke tim Nasional.



Bagas Adi mungkin adalah contoh mumetnya staff pelatih memilih pemain. Di Arema saja susah menjadi pemain inti kok, malah masuk Tim Nasional. Mengapa bukan Hamka Hamzah yang mendapat jam reguler di Arema. Atau Victor Igbonefo yang terbukti kokoh mengawal lini belakang Persib. Contoh lain adalah, tidak dipanggilnya Wawan "Spiderwan" Hendrawan masuk ke tim nasional. Padahal semua tahu kualitas Wawan di bawah mistar Bali United seperti apa. Catatan 63 penyelamatan yang dia buat adalah yang paling tinggi di antara semua kiper yang bermain di Liga 1.

Sayangnya Bali United sudah menyumbang 2 nama, Fano Lilipaly dan Ricky Fajrin, hingga Spiderwan harus menepi. Mau lagi? Ardi Idrus. Bek kiri Persib ini tercatat tampil impresif di sisi kiri Persib Bandung. Mau tahu jumlah tekel bersihnya? 51 kali dan itu jadi yang tertinggi di Liga 1. Dia juga terpental dari Tim Nasional. Nama lain banyak, Samsul Arief Munip, striker lokal paling subur juga tidak masuk skuad. Mirisnya lagi, tidak ada pemain Papua di skuad hari ini. Padahal nama-nama macam Ruben Sanadi, Osvaldo Haay, atau bek tengah Perseru Dony Harold Monim sangat layak masuk skuad.



PSSI apa kabar? Seperti biasa, pura-pura sehat. Apakah Jadwal AFF cup baru dirilis 2 hari lalu hingga mereka tidak mampu menyusun jadwal dengan baik? Agar tidak bertabrakan dengan jadwal kompetisi? Rasanya tidak. Federasi lain, nyatanya bisa tuh, kenapa PSSI tidak bisa? Belum habis kontroversi Luis Milla, sekarang muncul lagi yang seperti ini. Yang kayak gini berani masang cita-cita jadi juara?

Last, apapun bentuknya, siapapun pemainnya, saya tetap ada dan mendukung Garuda. Meski skuad yang tampil, seadanya dan bukan tim nasional terkuat yang Indonesia punya, saya berharap kita bisa jadi juara. Semoga mental pemain yang dipanggil jadi agak gila dan bermain spartan untuk mengamankan poin demi poin. Mari kita dukung Tim Nasional Indonesia. Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Referensi : sini, sini, sini
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
10
9.9K
172
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan