primadivineAvatar border
TS
primadivine
Tahukah kamu ? Siapakah Manusia Pertama yang Merasakan Panasnya Api Neraka Jahanam ?
Assalamualaikum agan / sista  


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم


Tahukah kamu ? Siapakah  Manusia Pertama yang Merasakan Panasnya Api Neraka Jahanam ?





 Ada tiga golongan manusia pertama yang merasakan panasnya api neraka jahannamyaitu melakukan ibadah  ( mati syahid tapi ingin disebut pemberani oleh orang lain), orang-orang yang dermawan dan orang yang rajin menuntut ilmu, akan tetapi tidak diniatkan karena Allah SWT semata. Astagfirullah emoticon-Takut


Kita sebagai seorang muslim yang baik sangatlah penting meluruskan niat saat melakukan kebaikan ( ikhlas ). Sedikit saja hati kita condong terhadap yang lain (riya), maka kebaikan itu tidaklah berarti di hari kiamat nanti.



Sekarang saya ulas satu persatu golongan nya ya gan , dimulai dari yang pertama yaitu orang yang mati syahid tapi ingin disebut pemberani :



Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘’Manusia yang pertama diadili pada hari Kiamat nanti adalah orang yang mati di medan jihad ( mati syahid ). Orang itu didatangkan di hadapan Allah SWT,  kemudian ditunjukkan segala kenikmatan yang telah diberikan kepadanya dan ia ( orang yang mati syahid ) mengakuinya.


Allah SWT bertanya kepadanya, ‘’Apa yang telah engkau lakukan di dunia?’’ Ia menjawab, ‘’Aku telah berperang membela agama-Mu.’’ Lalu, Allah berkata bahwa ‘’Engkau berbohong, engkau berperang agar orang-orang menyebutmu seorang pemberani.’’ Kemudian, Allah SWT memerintahkan agar amalnya dihitung di pengadilan-Nya. Akhirnya, orang itu dimasukkan ke neraka. ( Berperang di medan perang dan mati dalam keadaan syahid tetapi ingin di sebut oleh orang lain bahwa dia pemberani ) .



Yang kedua adalah orang yang rajin menuntut ilmu :



Seorang penuntut ilmu sekaligus rajin membaca Al Qur'an, dihadapkan kepada Allah SWT, lalu ditunjukkan segala kenikmatan yang telah diberikan kepadanya dan ia ( sang penuntut ilmu ) mengakuinya. 


Allah bertanya, ‘’Apa yang telah engkau lakukan di dunia?’’ Dia menjawab, ‘’Aku menuntut ilmu, mengamalkannya dan aku membaca Al Qur'an dengan mengharap ridha-Mu.’’ Allah SWT berkata kepadanya, ‘’Engkau berbohong, engkau mencari ilmu supaya orang menyebut kamu sebagai seorang alim dan kamu membaca Al Qur'an agar orang lain menyebutmu rajin membaca Al Qur'an.’’ Kemudian, Allah SWT memerintahkan agar amalnya dihitung di pengadilan-Nya. Akhirnya, orang itu dimasukkan ke neraka. ( Niatnya hanya ingin mendapatkan sebuah pengakuan bahwa dia orang yang alim seharusnya di ikhlaskan hanya untuk Allah SWT semata)



Terakhir adalah seorang yang kaya raya dan terkenal dermawan ( suka ber shadaqah )



Orang dermawan dihadapkan kepada Allah SWT, lalu ditunjukkan segala kenikmatan yang telah diberikan kepadanya dan ia mengakuinya. 


Allah SWT bertanya, ‘’Apa yang telah engkau lakukan di dunia?’’ Ia menjawab, ‘’Semua harta yang aku miliki tidak aku sukai, kecuali aku sedekahkan karena-Mu.’’


Allah SWT berkata, ‘’Engkau berbohong, engkau melakukan itu agar orang-orang menyebut engkau sebagai dermawan dan murah hati.’’ Kemudian Allah SWT memerintahkan agar amalnya dihitung di pengadilan-Nya. Akhirnya, orang itu dimasukkan ke neraka. ( hanya ingin diakui oleh orang lain kalau sang dermawan itu betul betul dermawan padahal dalam hati nya tidak ikhlas untuk bershadaqah )


Abu Hurairah ra berkata, ‘’Kemudian, Rasulullah menepuk pahaku ( Abu Hurairah ra dan berkata, ‘’Wahai Abu Hurairah, mereka adalah manusia pertama yang merasakan panasnya api neraka Jahannamdi hari kiamat nanti.’’ (Hadist Riwayat Muslim) Naudzubillahi min dzalik. emoticon-Takut



Intinya adalah betapa ruginya seorang muslim yang berbuat kebaikan akan tetapi fokusnya bukan untuk Allah SWT akan tetapi hanya ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain ( pamer, riya ) Maka sudah tentu niat dan tujuan kita haruslah ditujukan untuk Allah SWT semata, Wallahu alam bisshawab .






emoticon-Blue Guy Peace Ditunggu komentar dan saran yang membangun ya, Agan dan Sista emoticon-Blue Guy Peace



emoticon-Shakehand2 Wassalamualaikum gan / sist emoticon-Shakehand2



Quote:




Diubah oleh primadivine 07-11-2018 14:10
0
10.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan