si.pemikir
TS
si.pemikir
Top 5 Game Mobile Yang Pernah Dilombakan Di eSports Dengan Hadiah Fantastis

Halo Bray emoticon-Hai


eSport atau electronic sports adalah jenis olahraga yang menggunakan game dengan tujuan kompetisi. Sama halnya dengan olahraga yang mempertandingkan dua grup, hanya saja yang dipertandingkan pada eSport adalah game. Pada awalnya, game-game yang dilombakan pada eSport adalah game yang bisa dimainkan oleh dua kubu dan kadang bersifat beregu, seperti Counter Strike, Warcraft dan Dota 2 yang sempat heboh beberapa bulan yang lalu. Dan game-game itu dimainkan menggunakan PC atau leptop.


Semakin berkembangnya zaman, eSport berkembang dari yang awalnya mengkompetisikan game PC kemudian melebarkan sayap keranah mobile. Karena banyaknya game yang diadaptasi untuk dapat dimainkan di mobile. Ataupun adanya game yang hanya ada di mobile namun dimainkan oleh banyak orang. 5 Game mobile tersebut yang pernah dilombakan dalam eSport adalah sebagai berikut:


1.Clash Royale



Sumber: bgr.com


Game produksi Super Cell ini bergenre real time strategy (RTS). Dimana kedua pemain dapat menjalankan pasukkan secara bersamaan. Di game ini, kedua pemain diberi waktu selama 3 menit untuk ngehancurin benteng lawan, kalo dalam waktu 3 menit hasilnya imbang, maka akan ada waktu overtime dengan aturan siapa yang bangunannya hancur duluan dia yang kalah. Karena biasanya yang dipertandingkan satu lawan satu, maka pemain harus berpikir matang untuk mengatur pasukkannya. Dan juga menentukan strategy terbaik agar dapat memenangkan permainan. Di Playstore game ini udah di download oleh 100 juta users.



Sumber: esport.id


Btw game ini diperlombakan di Asian Games 2018 bre. BenZer Ridel atau Yessaya Sumarandak berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Tiongkok. Berikut pertandingannya saat melawan tim dari Cina:




Sumber: youtube.com


Turnamen terbesar game ini memberikan hadiah sebesar $ 73.000 atau sekitar 1,1 Miliar rupiah. (SUMBER HADIAH)


2. Mobile Legend



Sumber: liputan6.com


Game mobile battle arena ini menyerupai game DOTA 2 pada PC. Terdiri atas dua kubu, dengan tiap kubu beranggotakan 5 orang. Gameplaynya sama seperti game DOTA 2, hanya saja equipment yang digunakan bisa lebih cepat untuk dibeli. Selain itu waktu permainan yang lebih relatif singkat. Game ini sangat membutuhkan kerja sama tim untuk dapat mengalahkan tim lawan. 


Mobile Legend gagal menjadi salah satu cabang di Asian Games 2018 dengan alasan Mobile Legend hanya booming di Indonesia saja emoticon-rose.  Ini ada salah satu video turnamen Mobile Legend saat RRQ vs EVOS.




Sumber: youtube.com


Turnamen terbesar game ini diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2018 dengan hadiah sebesar $100.000 atau sekitar 1,4 Miliar rupiah. (SUMBER HADIAH)


3. Arena Of Valor (AOV)



Sumber: aov.garena.co.id


Game ini hampir sama seperti Mobile Legend. Mulai dari pake virtual analog, bisa beli item dimana aja, sampe map nya yang gw rasa mirip. Yang paling ngebedain adalah hero-hero dari kedua game tersebut. 


Walau memiliki gameplay yang mirip dengan Mobile Legend (gw ga tau siapa yang niru), AOV menjadi salah satu cabang di Asian Games 2018 dengan alasan AOV memiliki banyak jumlah pemain yang tersebar di seluruh dunia. Berikut salah satu pertandingan antara Indonesia melawan Eropa.




Sumber: youtube.com


Turnamen terbesar Arena Of Valor berhadiah $550.000 atau berkisar 8 Miliar rupiah. (SUMBER HADIAH)


4. Vainglory



Sumber: forums.vainglorygames.com


Game ini juga memiliki gameplay yang mirip seperti Arena of Valor dan Mobile Legend. Hanya saja pemain cukup menekan layar untuk menggerakan pemainnya. Selain itu pemain vainglory punya toko/shop untuk membeli item, jadi kalo mau beli ya harusnya nyari toko dulu. Awalnya game ini hanya memberikan pilihan 3 vs 3, kemudian Vainglory mengikuti ML dan AOV dengan adanya 5 vs 5.


Berikut adalah video turnamen saat Tribe melawan Nova.




Sumber: youtube.com


Turnamen terbesar Vainglory memberikan hadiah sebesar $120.000 atau berkisar 1,8 Miliar rupiah. (SUMBER HADIAH)


5. Hearthstone



Sumber: playhearthstone.com


Yang ke lima adalah game Heartstone. Mungkin game ini akan terdengan asing di telinga kalian. Game yang menggunakan kartu untuk bermainnya. Gw sendiri udah coba untuk maen game ini, tapi entah kenapa kurang minat sama gameplaynya. Tapi mungkin buat kalian yang suka strategy game ini bisa kalian coba. Menurut gw game ini seperti Clash Royale, cuman Hearthstone bertipe turn based. 


Berikut adalah video turnamen saat Malaysia melawan Canada.




Sumber: youtube.com


Turnamen game ini memberikan total hadiah sebesar $1.000.000 atau sekitar 15,2 Miliar rupiah. (SUMBER HADIAH)


Itulah 5 mobile game yang pernah di pertandingkan di eSport. Semoga info dari thread gw ini bisa menambah wawasan tentang eSport. Mungkin ada yang bertanya kenapa PUBG ga gw masukkin. Alesannya karena turnamen PUBG mobile yang gw tau cuma di Indonesia aja, hadiahnyapun ga seberapa. Tapi gw baca-baca katanya Tencent bakal ngadain turnamen gede buat PUBG mobile berskala Internasional. Buat hadiahnya gw ga tau berapa, tapi prediksi gw lebih gede dari hearthstone.


Terimakasih Sudah Membaca emoticon-Toast

0
7.2K
40
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan