kasbosAvatar border
TS
kasbos
Temuan KNKT: Lion Air Pecah saat Sentuh Laut dengan Kecepatan Tinggi


© Disediakan oleh KumparanKNKT, Basarnas, puing-puing pesawat Lion air JT-610, JICT 2, (NOT COVER) 



Temuan mesin dan serpihan pesawat Lioin Air dari dalam laut perairan Karawang, Jawa Barat, menjadi fakta bagi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui kondisi pesawat saat jatuh pada Senin (29/10) lalu.
Dari banyaknya serpihan pesawat yang berhasil diangkat, KNKT mendapati pesawat Lion Air yang sedang terbang ke Pangkal Pinang itu jatuh dalam kecepatan tinggi dan pecah saat menabrak permukaan laut.
"Pesawat mengalami pecah ketika bersentuhan dengan air, dan pesawat tidak pecah di udara. Pesawat menyentuh air dalam keadaan utuh," ucap Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono dalam paparan kepada keluarga korban di Hotel Ibis, Jakarta, Senin (5/10).




© Disediakan oleh KumparanPetugas memeriksa serpihan kursi pesawat, Lion Air JT-610 


Soerjanto mengatakan, fakta itu didapati dengan ditemukannya serpihan yang sangat banyak dan kecil-kecil. Serpihan itu juga menunjukkan fakta pesawat menyentuh air dengan kecepatan tinggi.

"Serpihan sedemikian rupa kecil-kecil energi yang dilepas sangat luar biasa. Tadi dikatakan kepala Basarnas serpihan tersebar 250 meter itu menandakan titiknya di situ. Berjarak kurang lebih 1,8 kilometer dari posisi kapal," ujarnya.

Fakta itu diperkuat dengan keterangan saksi berjarak sekitar 500 meter yang melihat pesawat masuk air dan terdengat suara keras. Selain dari sepihan, kondisi mesin juga menunjukkan pesawat dalam keadaan mesin berputar kencang.


"Dari mesin ini kita ambil satu kondisi di mana mesin menyentuh air ini dalam keadaan hidup, ditandai dengan hilangnya semua turbin dan kompresor, menandakan impact ke dalam air mesin hidup dengan cukup tinggi," ucapnya.



sumur

https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/temuan-knkt-lion-air-pecah-saat-sentuh-laut-dengan-kecepatan-tinggi/ar-BBPlyb3?ocid=spartanntp

-1
2.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan