fajrifishAvatar border
TS
fajrifish
Mohon bantuan gan, Blue Screen terjadi secara random di laptop asus ane?
Jadi ane baru membeli sebuah laptop merk ASUS Vivobook max x441b. Spesifikasi AMD A9, ram 4 gb, hdd 1 tera, windows 10. Ane baru membeli laptop ini satu bulan yg lalu. Ini laptop baru dari toko yg ternama pula di Lampung. Tapi ane punya masalah yg bener2 ngeselin nih gan.

Laptop dengan spesifikasi seperti itu seharusnya bisa lah dgn lancar menonton video ataupun game2 yg super ringan (game2 yg bisa lancar dijalankan bahkan dengan laptop lama ane yg spesifikasinya jauh dibawah ini). Sayangnya ane mendapatkan bahwa laptop ini suka bekerja berlebihan saat main game dan surfing internet (nonton youtube, dsb), sampe2 suka blue screen gan 😣😣. Blue screen of death (BSOD) ini terjadi secara random saat main game, internetan, atau hal yg bersifat multimedia lainnya. dan yg anehnya, pesan error blue screen ini juga random (yg ane ingat file yg crash ini namanya atikmdag.sys, mungkin ada hubungannya dgn ATI radeon). Error ini msh terjadi gan.... 😥.

Ane udah ikutin tips2 dari mbah gugel dan antek2nya, mulai dari update semua driver, scan memory (chkdsk), uninstall beberapa program, sampe ke reset windows 10. Tapi gak ada yg berhasil, BSOD itu tetap terjadi secara random saat main game dan internetan (bahkan google chrome atau firefox suka crash jg), terkadang bahkan hanya mendengar musik saja suka blue screen. Ane gak tau harus ngapain lagi.

Mungkin ada agan2 yg berpikir, "kenapa gak di instal ulang aja di tempat beli laptopnya?" atau "kenapa gak labrak saja toko laptopnya?". Disini gan masalah terberat ini muncul.

Ane beli laptop ini tepat 2 hari sebelum keberangkatan ane ke Jepang untuk kuliah. Ane gak di Indonesia gan 😣😣. Ane juga gak terlalu sempet kroscek masalah yang ada di laptop ini karena sibuknya ngurus keberangkatan. Ane sempet buka sih, dan menemui beberapa kejanggalan tersebut, tapi ane masih anggap "ah, mungkin hanya masalah ringan", dan kenaifan ane ini akhirnya berakibat cukup fatal 😞. Di jepang mungkin gak ada service komputer yg bisa instal ulang windows dgn mudahnya kayak di Indonesia 😖.

Apa masih ada ya gan solusinya untuk mengatasi ini tanpa harus instal ulang windows? Mohon bantuannya agan2 yg jago di bidang komputer dan kerabat2nya. emoticon-ricebowlemoticon-Nohope
0
5.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan