andoryan83Avatar border
TS
andoryan83
Sri Mulyani Jelaskan Manfaat Jalur Sutra Baru China untuk Indonesia
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah membeberkan manfaat belt and road initiative (BRI) atau jalur sutra baru China untuk Indonesia. Konektivitas dan infrastruktur menjadi fokus utama pemerintah yang terus dikejar.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan inisiatif jalur sutra baru dari China tersebut merupakan salah satu opsi pengembangan infrastruktur di Indonesia.
"Karena uang publik kita sendiri menyediakan kurang dari 50% dan sektor swasta juga ada di sana [dalam upaya membangun infrastruktur]. BRI sebenarnya melengkapi program pemerintah sendiri dalam membangun konektivitas, terutama dari pulau-pulau terluar," tuturnya dalam diskusi Belt and Road Initiative, Jumat (2/11/2018).
Menurutnya, sebagian besar pembangunan Indonesia selalu terkonsentrasi di Jakarta, padahal banyak orang yang tinggal di luar Jakarta dan Pulau Jawa kurang terhubung.
BRI bermanfaat bagi Indonesia, karena sejalan dengan upaya percepatan pembangunan infrastruktur. BRI katanya, memiliki 13 proyek di Indonesia, kawasan industri, jalan tol, pelabuhan, dan beberapa termasuk dalam PSN sehingga itu melengkapi pembangunan di Indonesia.
“Dalam, memahami ekonomi Indonesia, Indonesia memiliki ketergantungan pada SDM minyak dan gas. Ini tidak akan sehat sehingga diversifikasi dibutuhkan dan akan membutuhkan konektivitas," ungkapnya.
Konektivitas akan menciptakan daya tarik investasi yang lebih besar di Indonesia, sehingga foreign direct investment (FDI) dapat meningkat. Maka, dalam mengurangi kemiskinan dan ketidaksetaraan konektivitas menjadi sangat penting.
"Ini juga akan membuat Indonesia tidak hanya terletak di satu lokasi," imbuhya.

Sumber

http://finansial.bisnis.com/read/20181102/9/856043/sri-mulyani-beberkan-manfaat-jalur-sutra-baru-china-untuk-indonesia?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan