depata.prasetyaAvatar border
TS
depata.prasetya
Fakta/Mitos Seputar Hallowen




Apa kabar Para Pecinta Horrordimana pun kalian berada
Semoga mereka yang tak kasat mata selalu menemani kalian.



Sebelum mulai baca threadnya ts mau mengucapkan:

Happy Hallowen 2018


Sebelum GanSis nanti komen nih, halloween sebenarnya bukanlah ajaran dari agama manapun, pada jaman dulu halloween diperingati untuk mengenang orang yang sudah meninggal.

Namun, sekarang halloween sudah menjadi hari buat untuk seru-seruan aja dan gak terhubung oleh culture atau agama manapun. Jadi, jika GanSis suka ya oke, kalau enggak ya enggak apa-apa.


GanSis pasti udah tau lah apa itu halloween. Diatas tadi juga udah ts bahas sedikit. Jadi, halloween yang sekarang dengan yang dulu udah beda banget. Jika dulu digunakan untuk mengenang seseorang yang udah meninggal, kalau sekarang cuman buat seru-seruan aja sih.

Hal-hal yang sering di jumpai saat halloween, pastinya labu yang dibentuk dengan wajah yang menyeramkan. Labu tersebut digunakan secara universal sebagai simbol halloween. Kalau saat Idhul Fitri simbolnya ketupat, yaaa semacam itulah.

Karakter labu yang dibuat menyeramkan sering disebut oleh orang-orang dengan sebutan “Jack-O-Lantern”. Buat kalian yang belum tau nih, sebenarnya Jack-O-Lantern juga mempunyai kisah tersendiri lho.

Menurut legenda Irlandia, petani pemalas yang bernama Jack berhasil menipu Iblis dan membuatnya berjanji untuk tidak memasukkan jiwanya kedalam neraka, namun pada saat Jack mati, dirinya tidak diperbolehkan masuk surga dikarenakan dosa-dosanya.

Karena jiwanya tidak bisa masuk surga atau neraka, maka Jack membuat lentera dari labu dan berisikan sebuah lilin. Sampai sekarang arwah Jack masih berkeliling untuk mencari tempat peristirahatan terakhir.

Jadi “Jack-O-Lantern” memiliki arti “Jack yang membawa lentera”.

Lalu ada kalimat “Trick or Treat”

Kalau dulu kaliamat itu hanya digunakan sebagai mantra untuk menenangkan roh jahat. Kalau sekarang sering digunakan anak-anak untuk mencari permen pada malam halloween.


Terlepas dari kisah-kisah unik tentang halloween, ternyata ada beberapa fakta/mitos seputar halloween yang dipercaya oleh sebagian orang. Apa saja itu ?


1. Tumbal Binatang

Sebagian orang Barat biasanya akan menutup toko hewan mereka pada saat halloween tiba. Mengapa demikian ? Menurut cerita masyarakat setempat, jika ada orang yang ingin membeli hewan pada saat halloween, maka konon katanya hewan tersebut akan dijadikan tumbal.

Bahkan kucing hitam yang mungkin pertama kali akan dijadikan tumbal. Karena sebagian dimata orang berpendapat bahwa halloween merupakan hari pembersihan kucing hitam.


2. Harinya Setan

Mitos yang satu ini nih yang membuat setiap orang bertanya-tanya. Halloween Harinya Setan ?

Kenapa bisa halloween disebut harinya setan ?

Ts sendiri juga masih bingung GanSis, tapi kalau menurut ts, kenapa bisa begitu, karena halloween kan identik dengan berpakain seperti hantu, apalagi halloween juga disebut sebagai hari untuk mengenang orang yang meninggal. Di tambah lagi dengan simbol Jack-O-Lantern yang masih berhubungan dengan Jack yang berkeliaran untuk mencari tempat peristirahatan terakhirnya. Yaa gitulah


3. The Legend of Sleepy Hollow

Kalau mitos yang satu ini ts juga baru tau. Ts kira The Legend of Sleepy Hollow ini merupakan sebuah film, eh ternyata bukan. Katanya sih kisah tentang The Legend of Sleepy Hollow ini merupakan kisah yang paling terkenal saat Halloween GanSis.

Ada sebuah desa di lembah Hudson, New York yang bernama North Tarrytown yang diubah namanya menjadi Sleepy Hollow pada tahun 1996 hanya untuk menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi wisata horror.

Katanya sih, tempat yang paling bagus buat merayakan Halloween ya di Sleepy Hollow.

Ada yang percaya bahwa kisah The Legend of Sleepy Hollow tersebut tidak berhubungan dengan Halloween. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa kisah tersebut membuat halloween menjadi terkenal di Amerika.


Sekarang, giliran kalian GanSis. Bagaimana pendapat kalian tentang merayakan Halloween ? Lalu hal-hal apa saja yang seharusnya ada pada saat Halloween ? Dan bagaimana menurut kalian tentang fakta/mitos diatas apakah itu hanya mitos atau fakta ?



Jika ada tambahan/koreksi dalam thread ini, Komen Dibawah. Dan jika GanSist punya cerita horror yang unik versi GanSist atau ada saran untuk next thread horror selanjutnya, Komen Dibawah





Sumber : Opini Pribadi





Diubah oleh depata.prasetya 24-02-2021 02:54
3
7.9K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan