rahmat1501Avatar border
TS
rahmat1501
Ingat Kembali Yuk, Tujuan Lahirnya “Sumpah Pemuda” Untuk Apa?


sumber gambar : sabdaspace

Di tengah banyaknya gempuran Hoax dan kabar palsu lainnya yg semakin ingin memecah belah bangsa ini, tentunya kita sebagai pemuda Indonesia sudah jengah dan risih dengan keadaan saat ini yg membuat kita makin miris melihatnya. Hanya karena beda dukungan untuk calon presiden saja harus sampai saling mencaci dan menjelek-jelekkan seperti itu? Hanya karena berbeda keyakinan saja apakah sampai harus saling memusuhi? Hanya karena berbeda pandangan politik saja sampai kita harus saling menjatuhkan sesama saudara sebangsa kita? Lantas apakah dengan begitu berarti kita lupa dengan apa yg dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” ?

Coba ingat baik-baik... Padahal jika kita melihat kembali ke belakang, bagaimana ketika pada saat tanggal 28 Oktober 1928 yg lalu tepatnya di di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya No 106 Jakarta. Dari sekian banyaknya peserta kongres, berbagai perkumpulan pemuda antar suku dari sabang sampai merauke dengan kelompok mereka seperti Jong Java, Jong Soematranen Bond, Pemoeda Kaoem Betawi, Jong Celebes hingga Jong Ambon, dimana disitu mereka tidak hanya berbeda suku saja tapi juga berbeda keyakinan. Tapi mereka semua berkumpul dan bersatu mengadakan kongres ini. Karena demi apa???
DEMI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA INI.

Lihatlah bagaimana perjuangan mereka para pemuda pemudi Indonesia dulu, mereka berjuang demi menyatukan bangsa ini. Ingat, proses munculnya Sumpah Pemuda yg merupakan suatu ikrar yg menjadi satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, bukanlah proses yg mudah. Berbagai perjalanan panjang telah mereka tempuh mulai dari Kongres Pemuda I hingga Kongres Pemuda II.
Lalu, apakah kita sekarang ingin mengecewakannya?.....
Yuk, coba kita hayati kembali isi dari Sumpah Pemuda.
Quote:

Lihatlah... Disitu tertulis kata “Satu” yg berarti :
Meskipun kita berbeda suku, kita disini dari lahir hingga tumbuh besar berpijak pada satu tanah yaitu tanah Indonesia....

Walaupun berbeda keyakinan dan pandangan, tetap kita disini adalah satu saudara setanah air yaitu bangsa Indonesia......

Berbagai ragam bahasa daerah yg ada di tanah air kita ini, tetap saja ketika kita bertemu dengan saudara kita yg berbeda suku, pasti kita akan berbicara dengan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia yg merupakan bahasa persatuan....

Oleh karena itu, dengan lahirnya ikrar Sumpah Pemuda. Marilah kita para pemuda pemudi kembali menyadari dan mengingat bahwa tujuan adanya Sumpah Pemuda merupakan sebagai alat pemersatu bangsa kita yg diisi dengan berbagai keragaman budaya, suku, agama, bahasa dan lain-lain.

Berbeda-beda tetapi tetap satu.
Maka dari itu, kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia, perlu menyadari betapa pentingnya kesatuan bangsa ini. Jangan sampai hanya karena kabar palsu yg merupakan sebuah omong kosong belaka malah membuat kita terpecah belah. Jangan sampai hanya karena suatu perbedaan pandangan saja sampai-sampai kita saling memusuhi satu sama lain. Ingatlah kembali seperti apa yg tertuang di dalam tujuan terbentuknya Sumpah Pemuda... Kita semua adalah SATU.


Satu Tanah.... Satu Bangsa... Satu Bahasa...
Dan yg paling penting

SATU SAUDARA.
:ayoindonesia


Sekian & Terima Kasih
Jangan Lupa emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh rahmat1501 26-10-2018 13:40
rajasinga15
anasabila
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
1
1.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan