kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Ragu Pakai Uang Elektronik? Cari Tahu Untung Ruginya Di Sini

Halo halo Gan Sist..

Wahh sudah mendekati tanggal gajian nih, diskon sudah banyak bermunculan di tempat-tempat perbelanjaan termasuk eS E N S O Rmerce.

Selain diskon langsung, yang pastinya muncul menjelang tanggal gajian adalah promo kartu kredit dan debit.

Wah, potongan harga yang ditawarkan apabila menggunakan kartu biasanya bisa mencapai 50%.

Belum lagi sekarang sudah mulai banyak bermunculan e-money, yang juga menawarkan banyak promo serta kemudahan.

Yes, salah satu teknologi dalam bidang keuangan yang kini banyak dimanfaatkan adalah metode pembayaran cashless atau transaksi tanpa menggunakan uang fisik, tapi menggunakan electronic money. Contohnya nih ada Go Pay, OVO, T-Cash, Sakuku dan masih banyak lagi. Dengan munculnya electronic money ini, kita para customer, jadi lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan di mana saja dan kapan saja.


Lalu, apa saja sih yang menjadi kelebihan serta kekurangan metode pembayaran cashless ini?

Yuk, simak ulasanya, Gan Sist!

Kelebihan penggunaan metode pembayaran cashless, dengan menggunakan uang elektronik:

1. Praktis 

Dengan menggunakan uang elektronik atau e-money, kita ngga perlu repot lagi membawa uang tunai yang bikin dompet tebal. Apalagi kalau Gan Sist ingin melakukan transaksi dalam jumlah nominal yang besar, pastinya merepotkan membawa yang tunai dalam jumlah yang banyak.

Spoiler for berkantong tebaaal:

2. Ngga perlu antri lagi

Kelebihan lainnya adalah uang elektronil itu efisien sehingga kita ngga perlu mengantre lama ketika melakukan transaksi apa pun. Tinggal tap dan pembayaran langsung beres, hemat waktu kan? 

3. Banyak promo

Para penyedia uang elektronik ini melakukan kerja sama dengan berbagai vendor atau merchant pembelanjaan. Misalnya supermarket, mini market, coffeeshop, restoran dan lainnya. So, nggak heran kan kalau banyak sekali promo menarik yang ditawarkan. Gan Sist bisa dapetin banyak keuntungan secara gratis dengan menggunakan uang elektronik.

Spoiler for banyak promo:


4. Meminimalisir tindakan kriminal

Buat Gan Sist yang mobile dan punya aktivitas padat, penggunaan uang elektronik menjadi solusi yang tepat. Dengan uang elektronik, Gan Sist bisa meminimalisir tindakan kriminal di jalanan.

5. Mudah dilacak keberadaannya

Yang namanya uang elektronik pastinya bersifat digital, dan tentunya berbasis data pribadi Gan Sist kan. Nah karena punya rekam digital yang rapih, ini akan memudahkan kita untuk mencari tahu keberadaan uang elektonik yang hilang, atau yang digunakan tanpa sepengetahuan kita sebagai pemilik.

Spoiler for serba digital:

Namun, di balik banyaknya kelebihan dari uang elektronik, ternyata metode pembayaran cashless juga memiliki kekurangan, Gan Sist.

Nah, berikut ini kekurangan dari penggunaan uang elektronik :

1. Boros

Biasanya, karena banyaknya promo, bikin pemiliknya jadi mudah tergiur untuk belanja alias jadi makin konsumtif. Sehingga kita tidak bisa mengontrol pengeluaran. Karena itu, gunakanlah uang elektroni sebijak mungkin, ya Gan Sist.

Spoiler for jadi pengennya belanja teruss:

2. Rentan menjadi korban cyber crime

Berhati-hatilah untuk menyimpan uang elektronik Gan Sist yah. Jangan lupa untuk selalu mengganti passwordnya secara berkala, minimal setiap bulan, sehingga tidak mudah disalahgunakan.

Itu dia Gan Sist beberapa kelebihan serta kekurangan dari uang elektronik. Sebagai penggunanya, yang terpenting adaah untuk memanfaatkannya dengan bijak. 

Mending mana menurut Gan Sist?



sumber : ts pribadi

gambar : google


2
6.5K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan