malingcewekAvatar border
TS
malingcewek
Visa kerja H2B ke Amerika + Lowongan nya
Quote:

Thread ini gabungan ama thread Omelette, Fasscall, Lambert dll buat info visa H2B dan agen2 nya.

Kerja di Amerika yang legal
Syarat utama kita harus punya ijin kerja untuk kerja di Amerika. Ijin kerja itu bisa di dapatkan karena berdasarkan punya salah satu di bawah ini:
Work on Campus (student), OPT (student),Visa kerja (H1B, H2B, L1B/L2B), Work Permit (atau EAD), Greencard (GC atau I-551), US Citizen dan lain2 (crew, nurse etc.)

Thread yang ini khusus untuk bahas visa H2B. Nah kalo di koran Indo ada iklan kerja di Amerika legal nah kebanyakan itu pake visa jenis ini. Apakah bener legal? Iya.

Apa itu visa H2B?
Visa jenis H2B - (temporary for non agriculture work) ini by design untuk skilled and unskilled worker category (kerja jadi maid di hotel, driver, etc.) tapi mostly unskilled, visa ini status nya seasonal (gak kerjaan tetep tergantung permintaan) bisa kerja untuk 6 sampe 10 bulan untuk pertama kali lalu bisa di perpanjang sampe 2 taon maks. Info ini di kasih credit ke omelette, fuse, dan lambert ya. Biasa nya sih kerja di hospitality tapi gak terbatas di hospitality industries aja sih.

Untuk yang pernah tau tentang jenis visa H1B, visa H2B process beda sedikit - perusahaan butuh pekerja temporary, di kasih approval jumlah nya pekerja yang akan diperlukan ama imigrasi, lalu mereka cari pekerja nya. Warning, visa jenis H2B itu untuk mostly unskilled yang biasa nya 99.9% itu low paying job dan lama nya tergantung dari kontrak nya. Belakangan ini banyak sekali agent yang nawarin visa kerja semacam ini tapi minta fee nya sampe usd 5 rebu, yang jelas2 kalo di hitung malah tekor. Gaji nya terbatas karena emang kalo hospitality itu gak gede, standard aja sih untuk hospitality di Amerika. Kalo itung2 jangan lupa... kalo eloe kurs balik ke Indo sih keliatan nya lumayan gede.. tapi jangan lupa eloe disini mesti bayar pajak juga dan yang tanggung kita alias gaji yg eloe terima itu kotor. Jadi kepikir dulu ya sebelum eloe pikir gede banget.

Cara dapetin nya visa untuk pertama kali nya, bisa dapet dari :
a. yang punya kerjaan yaitu perusahaan langsung yang sudah dapet ijin nya dari pemerintah untuk cari pekerja jenis H2B visa (OR)
b. agent tenaga kerja yang udah pegang kontrak tenaga kerja dari perusahaan yang dah pegang ijin di atas (a).
Ini lah yang di bilang sponsor eloe untuk dapetin visa H2B. Cuma masalah nya biasa nya eloe di training dulu ama agen ini, jadi nya eloe bisa aja kena charge atau biaya nya gede banget. Eloe siap aja deh taon pertama miskin banget karena mesti bayar balik mereka. Setelah itu eloe bisa perpanjang ijin kerja eloe baru deh bisa punya tabungan. Perpanjan ijin bisa pake agen yang di amerika. Visa H2B itu sangat terbatas jumlah nya (kuota) untuk pertama kali dapetin nya dan juga mulai kerja nya kadang cuma pas mo winter, atau summer.

Kalo eloe dah pegang visa H2B ini, untuk perpanjang visa bisa langsung ke (a) perusahaan nya atau (b) ke agen jasa lain. Hanya untuk perpanjangan H2B, si pemengang H2B itu gak kena quota limitation seperti waktu ambil pertama kali nya.

Link yang berguna:
Click di H temporary: http://www.unitedstatesvisas.gov/bus...ness_temp.html
http://faq.visapro.com/H2B-Visa-FAQ.asp
0
77K
943
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan