junleon
TS
junleon
Shani Shingnapur, Desa dengan Rumah Tanpa Pintu di India


Seperti negara Jepang, India juga tidak henti-hentinya membuat kejutan pada semua orang. Seperti yang satu ini, salah satu desa di India memiliki sebuah keunikan tersendiri. Desa unikyang bernama Shani Shingnapur ini tak satupun mempunyai pintu pada tiap bangunannya. Tak hanya rumah saja, tetapi sekolah, kantor, serta bahkan juga bank pun tak mempunyai pintu.

Desa Shani Shingnapur ini letaknya berjarak sekitar 80 kilomoter dari kota Aurangabad di negara bagian Maharashtra, India Barat. Memang para penduduk di desa ini merasa tak memerlukan pintu ataupun tindakan pengamanan lain atas harta milik mereka. Bahkan, barang berharga seperti uang pun disimpan di wadah yang tak terkunci, sama halnya dengan perhiasan emas serta barang berharga lainnya gan.

Ternyata, asal mulanya yakni para penduduk desa tersebut percaya kepada Dewa Shani. Menurut legenda mereka, konon 6 abad lalu, di desa tersebut telah ditemukan sebuah lempengan hitam berukuran besar di antara puing-puing yang dibawa oleh banjir. Lempengan tersebut tersangkut di akar pohon yang sudah terbuka. Saat hujan deras, para penduduk di desa berusaha untuk memindahkannya, namun tidak bisa.

Pada keesokan harinya, kepala desa tersebut bermimpi jika ia didatangi sebuah suara yang menyuruhnya untuk membangun sebuah kuil untuk lempengan hitam tersebut. Kuil tersebutlah yang kelak akan bisa melindungi desa tersebut, namun kuil tersebut tak diperbolehkan mempunyai atap ataupun pintu. Tak hanya itu, kata suara dalam mimpi tersebut, tak ada 1 rumah pun di desa Shani yang harus mempunyai pintu.

Nah, saat kepala desa menceritakan soal mimpinya tersebut kepada para penduduk desa yang memang mempercayai tahayul, mereka pun sepakat untuk menyingkirkan pintu-pintu di rumah mereka dan membiarkan rumah dengan keadaan tak berpintu. Sampai sekarang ini, kepercayaan tersebut tetap mereka anut serta tradisi tak mempunyai pintu tetap berjalan dari dulu hingga sekarang.

Bahkan juga, rumah baru ataupun toko-toko disana pun juga tidak memiliki pintu. Menariknya lagi, tak ada satupun barang dari mereka yang hilang di desa tersebut. Bahkan, sebuah bank yang berdiri sejak tujuh tahun lalu yang ada di desa Shani ini, juga mengikuti tradisi desa tersebut, yakni tidak memesang pintu.



Namun beberapa waktu lalu, bank tersebut pun terpaksa mengikuti permintaan kepolisian setempat agar memasang pintu di bagian depan yang tak terkunci, untuk mencegah para tamu tidak diundang. Masyarakat di desa Shani ini sangat melindungi satu sama lain serta mereka sangat percaya, saat berbuat buruk seperti contoh mencuri ataupun merebut harta orang lain, mereka bakal tertimpa kesialan gan. Ada yang sesudah mencuri, malah kehilangan penglihatan, bahkan juga ada yang menjadi gila.

Desa Shani Shingnapur adalah satu-satunya desa di India yang amat membanggakan, sebab tingkat kejahatan di sana ternyata mendekati nol selama beberapa abad ini. Hanya ada 5 pencurian yang pernah terlapor ke kantor polisi, sejak kantor tersebut didirikan 15 tahun yang lalu. Meskipun ada yang berani-berani mencuri, pelaku tersebut akan mengaku dengan sendirinya serta mengembalikan barang curiannya tanpa tindakan apapun dari masyarakat sekitar.

Tidak heran juga kalau warganya tak tertarik untuk pindah ke desa lain, sebab dapat dibilang desa Shani adalah desa teraman di dunia. Untuk sekarang ini, beberapa penduduk memang ada yang memasang panel pintu yang longgar di depan kusen pintu rumah mereka gan, namun hanya untuk malam hari saja untuk mencegah hewan keluar.

Rumah modern juga memasang pintu geser guna mencegah masuknya kucing serta hewan liar yang ada. Hanya saja, semuanya tak mempunyai kunci. Saat ini, populasi penduduk dari desa Shani Shingnapur sudah mencapai sekitar 5000 jiwa. Dan tak ayal, keunikan dari desa tersebut pun mengundang daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:31
0
10.5K
72
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan