c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Komedi Antara Satire Atau Menghina ?


Satire atau Menghina ?? Di dalam masyarakat majemuk saat ini dan banyaknya orang berkomedi tunggal sambil berdiri tentu saja mereka tak seperti komedian dalam lawakan ketoprak atau srimulat, tema yang dibahas memang seputar kehidupan sehari-hari.



Dalam sebuah lawakan cerdas memang terkadang di perlukan sentilan sentilun untuk sebuah tema yang dibahas, tetapi terkadang banyak pemeran stand up terlalu percaya diri hingga kritiknya terkesan menjatuhkan sesuatu yang dibahas, baik itu organisasi, institusi, karakter seseorang, atau juga yang lebih parahnya lagi bercanda tentang agama dimana agama ini sangat sakral bagi pemeluknya.



Di dalam sebuah parodi yang sering kita lihat memang tema-tema yang dibawakan banyak sekali dengan guyonan satire, terutama tokoh selebriti atau juga politisi biasanya sering jadi kritik untuk dibuatkan tema dan membahasnya dengan gaya satir.

Tapi bila agama yang menjadi bahan untuk komedian dan diulas dengan gaya satire nampaknya bisa sangat membahayakan, karena sebagian masyarakat Indonesia beranggapan agama tak boleh menjadi ladang olok-olok. Namun tetap saja ada yang membuat tema agama untuk menjadi ladang komedian, baik itu di televisi maupun di media sosial dengan basis video seperti youtube.



Tentu saja hal itu akan membuat banyak pihak meradang, bahkan tak segan pihak-pihak tertentu baik itu ormas maupun masyarakat ingin mencari mereka yang telah menjadikan agama sebagai candaan. Untuk itu berhati-hatilah walau menurut kita satire tapi menurut pandangan masyarakat mungkin saja itu menghina.



Sebagai contoh lawakan yang mempertanyakan haramnya daging Babi, lalu bagaimana bila daging babi tersebut di rebus dalam waktu yang lama dengan air zam-zam akankah boleh dimakan ? Pastinya sesuatu yang diharamkan hukumnya tetap haram namun kejahilan komedian memang seperti itu, untuk itu perlunya mengontrol pembahasan bila ingin di ulas secara satire karena bisa jadi karena kurangnya ilmu malah menjadi menghina.

Bahkan seorang legenda komedian pun pernah berkata jujur,

Quote:




Mengapa sang legenda berkata seperti itu, maklum saja negara ini belum menjadi sekuler seutuhnya jadi antara keyakinan dan kehidupan bernegara masih tersangkut paut. Bahkan hingga kiamat datang akan susah untuk menjadikan negara ini sekuler, sebab keyakinan masyarakat berbeda dengan keyakinan para pendiri sekuler di negaranya.

Setidaknya pemikiran legenda komedian saat ini perlu di pikirkan bagi juragan yang ingin berkarir sebagai komedian, ada beberapa komedian yang terjatuh saat ini ketika mengangkat tema agama untuk bahan guyonnya, jadi berhati-hatilah dalam melucu, mending nonton dagelan politik saja bikin tersenyum melihat para rahwana berebut kursi menjadi Arjuna emoticon-Big Grin.

Seruupuutt dolo gan...

emoticon-coffee

referensi

Diubah oleh c4punk1950... 22-10-2018 02:47
akubebe
akubebe memberi reputasi
6
15K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan