alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Rekomendasi Peneliti Buat Cardio Hemat Waktu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcb48261a99754e518b456a/rekomendasi-peneliti-buat-cardio-hemat-waktu

Rekomendasi Peneliti Buat Cardio Hemat Waktu

Sportsmen emoticon-Angkat Beer

Kabari baik gan buat ente yang punya jadwal ketat! Ada penelitian yang mengatakan workout High-intensity yang singkat sebenernya bisa punya hasil kebugaran yang sama dengan periode yang lebih lama.

Gak punya waktu udah jadi alasan yang common buat banyak orang. Tapi sebenernya, yang dipikir lama itu gak selamanya sesuai dengan yang kepikiran.

Jadi di penelitian ini dicoba, 27 cowok yang dianggap gak aktif berolahraga dibagi menjadi 3 kelompok. Satu kelompok melakukan latihan moderat selama 50 menit 3 kali seminggu, satunya lagi latihan HIIT selama 10 menit dengan menggunakan Sprint Interval Training, dan yang terakhir dibiarin untuk tetap tidak aktif. Workout SIT-nya termasuk 2 menit pemanasan dan 3 menit istirahat.

Rekomendasi Peneliti Buat Cardio Hemat Waktu


Bayangan latihannya gini gan:

Pakai mesin sepeda:
  • Pemanasan: 2 menit
  • Sprint: 20 detik
  • Rendah-moderat: 2 menit
  • Sprint: 20 detik
  • Rendah-moderat: 2 menit
  • Sprint: 20 detik
  • Rendah-moderat: 2 menit
  • Cool-down: 2-3 menit

Cuma 10 menit yang dibutuhkan gan, dan 1 menit doang sprint-nya, dilakukan 3 kali seminggu. Masih gak ada waktu?

Setelah 12 minggu, para peniliti menemukan sejumlah ukuran kebugaran bahwa hasilnya sama aja buat mereka yang olahraganya butuh waktu lama dengan MICT (moderate-intensity continuous training) pun yang cuma SIT. Para penelitinya ngukur sensitivitas insulin, kebugaran kardiorespirasi, dan kekuatan otot rangka.

Menurut CDC (Center for Disease Control), orang dewasa sebaiknya melakukan latihan moderat 150 menit seminggu atau latihan hebat selama 75 menit, dan latihan hebatnya sebaiknya dilakukan setidaknya 10 menit di satu waktu. Lalu, ketika mereka dikontes dengan kelompok yang melakukan SIT, yang SIT cuma cukup 30 menit seminggu untuk mendapatkan hasil yang sama dengan MICT.

Kajiannya juga mengutip penelitian yang menyebut bahwa orang-orang yang biasa ngelakuin HIIT itu lebih bisa enjoy ketimbang yang intensitasnya moderat, dan mereka lebih pengen untuk terus bergerak. Artinya gak cepet bosen.

Memilih untuk berolahraga secara moderat atau intens bergantung pada beberapa faktor sih, termasuk apa yang ingin dicapai. Kalo mau lebih hemat waktu lagi, coba tentukan periodenya jadi lebih singkat, atau emang kalo gak perlu cardio, langsung fokus ke HIIT.

Gitu kira-kira gan.

Gak ada lagi lah alasan gak cukup waktu yak..

Sumbernya di sini gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di