EdnaAvatar border
TS
Edna
Jangan Salahin Smartphone Bikin Malas, Semua Itu Kembali Ke Manusianya
Apa yang Kalian Pikirin Ketika Lihat Gambar Ini gan..???
emoticon-Cool
“Karyawan Bingung..”, atau “Pekerja Kantoran Lagi Disemprot Boss..”


Dua hari yang lalu tepat, temen kerjaan ane berkali-kali handphone-nya bunyi “Krang.. Kring.. ♫..♫.."mulu jadi penanda entah itu telpon atau ada pesan yang masuk. Sesekali ane tengok ke kanan dan terlihat doi sedang pasang tampang serius menjawab telpon, dan mengarahkan si penelpon untuk mengirim pesan saja. Beda cerita dengan samping sebelah kiri ane rekan kerja yang bergumam, “kerja tuh matiin hp dulu, kalo main hp terus nanti kerjaannya ga kelar-kelar emoticon-Hammer2”, ucap temen ane sebelah kiri seraya mengucapkan kalimat terakhir yang berpendapat bahwa smartphone bikin malas!. Sejenak ane berpikir gan, apa benar smartphone itu bikin orang malas? Meskipun banyak survey yang ngasih tau nih gan, kabarnya ponsel pintar itu bikin karyawan malas-malasan. Jujur untuk ane pribadi sih nggak setuju banget tuh dengan pendapat yang kek gituan, nyatanya sejauh ini ane bisa kontrol pake smartphone untuk hal-hal yang ngebantu kerjaan. Pastinya berbantukan dengan berbagai aplikasi yang terinstall di smartphonesesuai dengan kebutuhan dan job desc kita gan.. 
 
Ketika Tuntutan Kerjaan Dengan Smartphone Bisa Kerja dari mana saja

Fakta ini soalnya bukan cuman ane aja nih yang ngelakuin gan, bahkan banyak sekali orang yang terkadang ane lihat saat di dalam kereta sambil kerja dengan balas email, atau termasuk kaya ane yang mau ngajuin budget buat perjalanan ke luar negeri (meskipun banyak sih di atas KRL Jakarta yang maen medsos saat di dalam kereta emoticon-Big Grin). Terkadang yang namanya kerjaan juga ga bisa ditebak kadang datangnya tiba-tiba, sampe-sampe kaya ane ditugasin ke luar negeri pun kudu dadakan ngajuin budget biar bisa disetujui sama Bos. Nah, ketika ane ngerjain bikin pengajuan budget perjalanan ini kan jadi fakta nih gan, kalau yang namanya ponsel pintar alias smartphone bukan bikin malas karyawan, tapi malah menunjang si karyawan jadi makin produktif dengan berbantukan apps yang udah gampang tinggal download. 
 
Istirahat Jam Makan Siang Ga Harus Molor Kali Gan...

Ada banyak cara pekerja buat mengisi jam istirahat makan siang, mulai dari makanan buat isi perut sampe dengan ada juga yang lebih demen tidur agar bangun tidur makin fresh dan di meja ga ngantuk!. Tapi kalau buat ane nih gan istirahat jam makan siang tentu diisi dengan berburu makanan ke luar kantor, setelah itu bisa nyantai sambil mainin smartphone untuk belajar hal baru. Belajar ga harus di depan pc/laptop koq gan, apalagi kalo jam istirahat makan siang baca-baca e-book/artikel sambil ngerokok dan nyender ke tembok parkiran, biar ga stres tak lupa sruput kopinya gan bikin suasana lebih nyantai dan ilmu pun bisa didapat . Secara nih gan jaman sekarang memang layar smartphone yang besar berponi pula jadi bikin tampilan jadi makin luas, jadi baca artikelnya pun jadi lebih nyaman. Agan sendiri kalu jam istirahat makan siang lebih sering ngapain nih gan, boleh dong share tempat kerjanya di man adengan komentar dan siapa tau ternyata kita satu gedung cuma beda kantor emoticon-Ngakak
 
Cek Lapak Jualan di Toko Sebelah

Ini bukan mau pamer yah gan, tapi cuma sharing aja kalo ane selain pake smartphone buat telpon dan lain sebagainya, ane juga gunakan ponsel pintar buat cari tambahan loh gan (jualan ikan di lapak sebelah emoticon-Big Grin). Ane pake OPPO A3S jadi kameranya bisa dimanfaatin buat foto-foto ikan yang nantinya bakal diupload ke lapak. Ketika kerjaan lagi kosong dan memang waktu jam istirahat ane kerap nge-check lapak dengan membalas chat dari calon pembeli, dan memproses orderan dari pembeli. Hasilnya emang ga gede-gede amat gan, tapi setidaknya bisa buat menyambung hidup plus bayar kos emoticon-Big Grin. Penting buat diingat nih gan, smartphone ga cuma buat jajan tiap gajian gan, tapi juga bisa ngebantu kita bisa memperoleh penghasilan di luar gaji kantor emoticon-2 Jempol.

Mati Lampu Aja Masih Bisa Kerja Dari Hp 

Ini bukan karena kamera yang buat foto itu jelek gan, emang kondisinya lagi mati lampu dan saat itu emang ane lagi cek email yang masuk melalui smartphone. Terkadang penting sih untuk perkembangan dunia luar negeri dengan membaca studi kasus dalam bentuk report yang bisa jadi insight saat di tempat kerja ane. Jadinya yah gitu gan, sambil nungguin listrik menyala maka ane pun bisa belajar banyak tentang berbagai insight hanya dengan lewat genggaman tangan. Sayangnya mati lampunya lama banget deh gan, sampe ga berasa kalo baca-baca di hp udah hampir 3 jam, dan mata udah berasa pegel. Padahal awalnya ane udah was-was tuh, kalo mati lampu ga nyala2 dan baterai menipis bakal gelap-gelapan emoticon-Cape d.... Eh ternyata baterai 4230 mAh OPPO A3S bisa tahan lama sampe sampe tepat Jam 23.17 kemarin akhirnya lampu menyala.. Aduhh senangnya udah kayak dapet bonus akhir tahun emoticon-Ngakakemoticon-Selamat.

Kurang lebih begitulah gan beberapa real pengalaman ane yang berpikir kalau smartphone ga bikin malas, tapi kembali lagi pada kepribadian agan masing-masing. Kalau ane sendiri sih dengan pake smartphone malah kebantu karena bisa kerja di mana aja, komunikasi dengan teman dan bos lancar, bahkan weekend pun kadang masih disuruh kerja yang mau nggak mau harus bukanya dari handphone. Semoga para bos-bos di kantor juga denger curhatan ane yah gan, agar semakin produktif dan ditampol pakai bonus akhir tahun yang mantul! Kalau agan sendiri gimana, masih setuju dengan pendapat smartphone bikin malas pekerja? Ayok lahhh.. Komentar di sini, mungkin bos-bos agan sista juga pada ngaskus dan bisa baca komentar kalian..
Komeng yak...

                                                                                                                emoticon-Cool           

Diubah oleh Edna 18-10-2018 16:16
-1
6.2K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan