suciberaniAvatar border
TS
suciberani
Enggartiasto Lukita Pantas Dapat Doktor Honoris Causa dari UPI Bandung


 

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 18 Oktober 2018. Dalam momen pemberian penghargaan tersebut, Enggartiasto menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0”. Orasi ilmiah itu berkaitan dengan kategori yang diberikan UPI Bandung untuk gelar kehormatan tersebut, yaitu Bidang Kewirausahaan. Dalam orasi tersebut Enggartiasto menyampaikan pengalamannya dalam membangun wirausaha dan penerapan konsep kewirausahaan yang telah dilakukan di Kemendag selama ini.

Penghargaan tersebut sangat tepat. Enggartiasto memang dikenal sangat konsisten mengembangkan berbagai bentuk wirausaha di Indonesia. Sasarannya menyentuh segala kalangan. Tak hanya mahasiswa yang katakanlah punya akses lebih besar dalam lapangan pekerjaan, tetapi juga kelompok masyarakat yang selama ini terpinggirkan dalam wacana wirausaha, seperti narapidana.

Dengan membawa misi kewirausahaan ke berbagai kelompok masyarakat, Enggartiasto sebenarnya ingin membangun generasi yang mandiri secara ekonomi. Di tengah persaingan global di dalam kondisi perdagangan bebas seperti saat ini, masyarakat Indonesia jangan hanya jadi konsumen saja. Cara terbaik untuk menghadapi perdagangan bebas adalah dengan menjadi produsen. Kewirausahaaan merupakan langkah paling tepat untuk memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi produsen.





Dengan meningkatkan wirausahaan muda, Indonesia tak akan gamang menghadapi persaingan global. Anak muda Indonesia tidak akan jadi konsumen di negeri sendiri, namun menjadi produsen yang berani bersaing dengan negara lain. Dalam dunia wirausaha, kompetisi yang terjadi tak hanya soal ekonomi semata, tetapi juga kompetisi kreativitas, gagasan, serta keahlian. Oleh sebab itu, semangat wirausaha adalah semangat untuk menggali segala potensi SDM dan SDA di saat yang bersamaan. Mari kita bersaing secara kreatif. Kompetitor kita sekarang ini adalah warga dunia, oleh sebab itu kualitas anak bangsa akan terus diuji. Mari tunjukkan Indonesia bisa.

Semangat itulah yang diusung oleh Enggartiasto Lukita dalam setiap langkah yang diambilnya sebagai Menteri Perdagangan. Bila setingkat Menteri ikut mendukung pembangunan dan pengembangan produksi Indonesia, maka tak ada lagi hambatan bagi masyarakat untuk bergerak dengan segala kreativitas. Kekonsistenan Enggartiasto tersebutlah yang membuatnya pantas mendapat gelar Doktor Honoris Causa di Bidang Kewirausahaan.
0
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan